dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Massa Geruduk Kantor DPD RI Bali, Desak Bertemu Wedakarna terkait Ucapan SARA
Massa Geruduk Kantor DPD RI Bali, Desak Bertemu Wedakarna terkait Ucapan SARA

Kamis, 04 Jan 2024 12:02 WIB

Puluhan elemen masyarakat menggeruduk kantor DPD RI Bali di Jalan Cok Agung Tresna, Denpasar, Bali, Kamis (4/1/2024). (Aryo Mahendro/detikBali)

Denpasar - Puluhan elemen masyarakat menggeruduk kantor DPD RI Provinsi Bali di Jalan Cok Agung Tresna, Sumerta Kelod, Denpasar, Kamis (4/1/2024). Massa perwakilan umat Islam itu mendesak untuk bertemu dengan anggota DPD RI asal Bali Arya Wedakarna alias AWK atas ucapannya yang dinilai bernada SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan).

Pantauan detikBali, mereka berkumpul dan berorasi di Jalan Ir Juanda sejak pukul 10.30 Wita. Setengah jam kemudian, sebanyak 20 orang dari mereka masuk ke gedung DPD Bali dan menyampaikan aspirasi kepada sekretariat DPD Bali.

"Kami ingin mendengar secara langsung dan lisan dari Pak AWK untuk mempertanggungjawabkan omongannya," kata Haskoro selaku koordinator lapangan aksi di kantor DPD Bali.

Selain meminta bertemu langsung dengan AWK, Haskoro juga menyampaikan sejumlah tuntutan. Antara lain, meminta Badan Kehormatan DPD RI untuk memproses AWK atas pernyataannya yang dinilai menyinggung SARA. Dia juga meminta polisi memproses hukum AWK atas pernyataannya tersebut.

"Kami ingin apa yang disampaikan (AWK) itu berujung sebuah pertanggungjawaban dari sisi hukum tentunya. Tapi, kalau (AWK) harus dicopot atau dipecat, barangkali itu lebih bagus," kata Haskoro.

Kepala kantor DPD Provinsi Bali Putu Rio Rahdiana menyatakan sudah menerima semua aspirasi dari para pendemo. Dia berjanji akan menyampaikan aspirasi warga tersebut kepada Wedakarna secara pribadi maupun melalui kesekretariatan DPD RI.

"Pastinya, (aspirasi) hari ini akan sampai ke (DPD) pusat," kata Rio.

Rio belum bisa memastikan apakah Badan Kehormatan (BK) DPD RI akan meneruskan aspirasi warga tersebut. Menurutnya, BK DPD RI bekerja berdasarkan laporan masyarakat dan temuan di lapangan.

"Kalau memang terindikasi pelanggaran, ya bisa saja diproses. Apalagi kalau ada laporan dari masyarakat, ya memang harus diproses. Jadi, apapun yang terjadi di kantor kami, wajib melapor ke (DPD) pusat," kata Rio.

Sebelumnya, sejumlah pihak ramai-ramai melaporkan Wedakarna ke polisi terkait ucapannya yang diduga menyinggung SARA. Tak hanya di Bali, senator bernama lengkap Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa itu juga dilaporkan oleh warga di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Para pelapor memperkarakan ucapan Wedakarna yang menolak staf penyambut tamu atau frontliner Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, menggunakan penutup kepala. Ucapan bekas personel boyband FBI itu dianggap menyinggung umat Muslim. Wedakarna belum memberikan keterangan terkait pelaporan tersebut.

https://www.detik.com/bali/berita/d-...it-ucapan-sara
Diubah oleh dragonroar 04-01-2024 05:18
casper69
xxxbaikkuda
danusetyo
danusetyo dan 4 lainnya memberi reputasi
5
925
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan