Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Anies Baswedan Sebut Pemerintah Selama Ini Tak Serius Urusi Pupuk
Anies Baswedan Sebut Pemerintah Selama Ini Tak Serius Urusi Pupuk

TEMPO.COJakarta - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan, pemerintah selama ini tak serius menangani urusan pupuk. Hal tersebut disampaikan Anies di depan para tokoh Tuban dan Bojonegoro di Pondok Pesantren Bahrul Huda, Tuban, Jawa Timur, Jumat, 29 Desember 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan akan memprioritaskan ketersediaan pupuk bagi petani jika terpilih menjadi presiden.

"Sesungguhnya itu bukan hal yang sulit, cuma tidak ditangani dengan serius, cuma sambil lalu," ucapnya, seperti dipantau dari kanal YouTube Anies Baswedan.

Padahal, dia mengatakan setiap kali bertemu dengan petani, mereka selalu mengeluhkan pupuk sebagai permasalahan utama. Dia berkelakar masalah petani ada tiga, yaitu pupuk, pupuk, dan pupuk. "Saya saban ketemu Petani, pripun rabuk, Pak? (bagaimana pupuk, Pak?)," ujarnya.

Menurut Anies, akar masalah ketersediaan pupuk adalah mafia pupuk dan mafia beras. Dia mengatakan pihaknya akan memberantas para mafia itu, jika terpilih menjadi presiden. "Mereka-mereka ini yang tidak mau ada perubahan, dibuatlah fitnah-fitnah supaya jangan sampai ada perubahan," tuturnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan menyebutkan pupuk sebagai masalah utama dalam sektor pertanian saat ini. Oleh sebab itu, bila ia terpilih dalam Pilpres 2024, salah satu programnya adalah menyederhanakan tata kelola pupuk yang selama ini menjadi akar persoalan di sektor pertanian.

"Saya bilang ada tiga masalah di pertanian. Satu pupuk, dua pupuk, tiga pupuk," kata capres nomor urut satu ini saat berkampanye di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin, 4 Desember 2023.

Ia lalu membeberkan permasalahan pupuk yang sering dikeluhkan di berbagai daerah. Bahkan, menurut dia, daerah Karawang yang menjadi lumbung pangan kesulitan dalam mendapatkan pupuk.

Oleh karenanya, Anies berjanji akan menyederhanakan masalah tata kelola pupuk agar tidak merepotkan para petani. "Jadi kami ingin pasokan pupuk ke petani aman. Kemudian harga jual gabahnya lebih baik," tuturnya.

Lebih jauh, Anies juga menawarkan program berupa Contract Farming dengan memanfaatkan para petani yang sudah ada. Dengan program ini, ia berharap para petani itu akan menjalin kontrak hingga pembeli sehingga hasil produksinya akan terjamin.


sumber

Luar biasa gan kebijakan pak Anies akan menjadi solusi untuk kesejahteraan para petani dalam skala nasional emoticon-thumbsup
bengukrawe
gabener.edan
gabener.edan dan bengukrawe memberi reputasi
2
371
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan