Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Survei Indikator Nobatkan Gibran Pemenang Debat Cawapres






AKURAT.CO Gibran Rakabuming Raka dinobatkan sebagai pemenang debat cawapres yang digelar KPU pada Jumat (22/12/2023).

Berdasarkan temuan terbaru lembaga survei Indikator Politik Indonesia (Indikator) yang dilakukan pada 23-24 Desember 2023, Gibran dicap sebagai sosok yang penampilannya paling unggul dibanding dua kompetitornya yakni Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar.

"Kalau kita tanya siapa yang dianggap oleh penonton debat cawapres ini, yang unggul yang tampil baik dalam debat tersebut? mayoritas menganggap Gibran sebagai pemenangnya," kata Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi, saat merilis hasil survei secara daring, Selasa (26/12/2023).

Dalam survei tersebut, keunggulan Gibran terlihat sangat dominan yaitu sebesar 56,2 persen, diikuti Mahfud MD 24,2 persen dan Muhaimin Iskandar 12,3 persen. Sementara responden yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 7,3 persen.

"Dalama konteks cawapres, Gibran secara mayoritas dinobatkan sebagai pemenang debat. Peringkat kedua profesor Mahfud MD, peringkat terakhir Muhaimin Iskandar," ujar Burhanuddin.

Baca Juga: Fahri Hamzah Gaungkan Aklamasi Prabowo-Gibran, Singgung Paslon 1 dan 3 Salah Posisi


Dia menduga besarnya angka tersebut karena sebelumnya ekspektasi terhadap Gibran sebelum debat terlalu rendah. Sebab, Gibran kerap dianggap sebagai underdog, bahkan hanya seorang anak ingusan.

"Jadi ini the beauty of being underdog, itu adalah kalau orang diposisikan sebagai underdog, itu enak. Karena kalau jelek orang akan bilang ah wajar, underdog, anak ingusan. Tapi kalau bagus dikit, wah langsung dianggap bagus," tutur Burhanuddin.

"Apalagi kemarin, bukan hanya dianggap bagus dikit, dianggap dominan 56 persen responden menganggap Gibran sebagai penampil terbaik dalam debat cawapres," sambungnya.

Adapun, survei Indikator dilakukan melalui proses wawancara via telepon terhadap 1.217 responden dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

https://www.akuratetepolitik/1303657...debat-cawapres

Konten Sensitif
Diubah oleh joko.win 26-12-2023 10:24
0
440
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan