Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Ledakan Smelter di Morowali, Timnas AMIN: Dampak Hilirisasi yang Tak Inklusif

Ledakan Smelter di Morowali, Timnas AMIN: Dampak Hilirisasi yang Tak Inklusif
25 Desember 2023 18:57 WIB
·
Kebakaran tungku smelter No. 41 di Morowali, Minggu (24/12/2023). Foto: Dok. Istimewa

Ledakan smelter di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah yang menyebabkan puluhan korban jiwa mendapat perhatian dari Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN).

“Turut berduka sedalam-dalamnya atas 59 korban dari kebakaran di kawasan IMIP,"kata Juru bicara (Jubir) Muda Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Hari Akbar di Jakarta (25/12/2023).
Berdasarkan data PT IMIP, jumlah korban saat ini mencapai 51 orang. Perinciannya, sebanyak 12 orang menjadi korban jiwa pada peristiwa, terdiri atas 7 tenaga kerja Indonesia dan 5 tenaga kerja asing. Korban luka ringan dan berat sebanyak 39 korban luka-luka yang saat ini sedang mendapatkan penanganan medis
Ledakan Smelter di Morowali, Timnas AMIN: Dampak Hilirisasi yang Tak Inklusif

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memperkenalkan Timnas Pemenangan AMIN, Selasa (14/11/2023). Foto: Dok. Istimewa
Menurut Akbar, kasus kebakaran di kawasan PT.IMIP adalah salah satu dampak dari hilirisasi. Hilirisasi yang tidak inklusif menyebabkan banyak kerugian di masyarakat.

Mulai dari kerusakan lingkungan, tidak hadirnya kesejahteraan sampai standard keselamatan kerja yang tidak dipikirkan.

Ia mengungkapkan berdasarkan kronologis sejumlah sumber di lapangan.

"Kronologi kawan-kawan yang ada di lapangan, tungku smelter sebenernya sudah bocor dan harus diperbaiki dengan menghentikan proses produksi,"ungkapnya.
Hanya saja kata Hari, masih dipaksakan terus berproduksi dan akhirnya banyak memakan korban.

Hari mendorong Pemerintah harus mengevaluasi ulang standar keselamatan kerja pada smelter-smelter ini.

Jangan hanya mementingkan investor dengan narasi hilirisasi dan akhirnya masyarakat jadi korbannya.
"Kalau mas Gibran beberapa waktu lalu bicara hilirisasi terus, ini bisa dilihat kerja pak Jokowi terkait hilirisasi yang jelas banyak merugikan.”imbuhnya.
Sekadar diketahui, pada hari Minggu (24/12/2023) pukul 05.30 WITA, pabrik pengolahan nikel yang berlokasi di Kawasan Industri IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah itu terbakar hingga menyebabkan puluhan korban.
https://kumparan.com/kumparannews/le...q4R16RPhM/full







Program Hilirisasi Nikel Gibran Rakabuming Ditentang Aktivis Lingkungan: "Menghancurkan Masa Depan Sulawesi"
Hilirisasi nikel akan merusak bentang alam dan bentang kehidupan masyarakat Sulawesi
Ledakan Smelter di Morowali, Timnas AMIN: Dampak Hilirisasi yang Tak Inklusif
Lokasi pertambangan ore nikel di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara [ANTARA/Jojon]
SuaraSulsel.id - Aliansi Sulawesi yang merupakan koalisi organisasi lingkungan hidup WALHI Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara menyoroti program salah satu calon wakil presiden terkait rencana melanjutkan bahkan meningkatkan hilirisasi nikel di Indonesia.

Koordinator Aliansi Sulawesi yang juga Direktur WALHI Sulawesi Selatan, Muhammad Al Amin menolak keras hilirisasi nikel yang digagas oleh calon wakil presiden nomor urut dua.

Menurutnya, hilirisasi nikel yang akan dijalankan oleh Paslon nomor urut dua akan merusak bentang alam dan bentang kehidupan masyarakat Sulawesi yang merupakan episentrum mineral nikel di dunia.

"Ide Gibran 100 persen mirip ide bapaknya yakni Presiden Jokowi. Keduanya ingin mengeksploitasi nikel di Indonesia yang lebih massif di masa depan, tanpa melihat kerusakan dan dampak yang sangat buruk bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya," katanya kepada SuaraSulsel.id, Minggu 24 Desember 2023.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa hilirisasi yang tengah massif terjadi di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara telah menimbilkan dampak negatif yang korbannya lebih besar dari manfaat yang dihasilkan.

Mulai dari deforestasi yang semakin meluas, pencemaran lingkungan, pencemaran udara, penggusuran lahan-lahan perkebunan masyarakat. akibatnya, masyarakat yang dulunya hidup sejahtera menjadi semakin miskin.

Sementara, kehidupan para pekerja yang bekerja di industri-industri pengolahan nikel tidak mengalami perubahan yang signifikan, bahkan tidak sedikit pekerja yang mengalami kecelakaan kerja karena bekerja tanpa perlindungan dan yang lebih parah adalah para pekerja di industri pengolahan nikel diberi upah yang tidak sebanding dengan beban kerja mereka.

"Dari fakta-fakta tersebut, ide Gibran terkait peningkatan hilirisasi nikel adalah ide yang sangat buruk. Kami dan masyarakat terdampak hilirisasi nikel menolak keras dengan ide Gibran tersebut," kata Al Amin.

Tidak hanya sampai disitu. menurut pria kelahiran Makassar tersebut mengatakan bahwa perusahaan Brazil, Jepang, Australia terutama perusahaan China adalah pihak yang paling mendapatkan keuntungan yang paling besar dari hilirisasi tersebut.

"Artinya, ide Gibran yang sangat mirip dengan ide bapaknya, terkait hilirisasi nikel hanya menguntungkan perusahaan China dan lain-lain. Sementara kami dan masyarakat Sulawesi, khususnya yang hidup di lingkar tambang dan industri nikel hanya mendapat beban kerusakan lingkungan. tentu saja ini harus ditolak," tegasnya.

Pihaknya pun menantang Gibran untuk berdebat untuk menunjukan data-data dan bukti-bukti kerusakan lingkungan dan pemiskinan masyarakat akibat proyek hilirisasi nikel yang digagas oleh Presiden Jokowi.

Debat Calon Wakil Presiden yang dilaksanakan oleh KPU RI pada Jumat, 22 Desember 2023 lalu terus diperbincangkan oleh publik. Tidak sedikit masyarakat ataupun pengamat yang memberi penilaian terhadap penampilan maupun konteks yang diutarakan oleh ketiga cawapres tersebut.

https://sulsel.suara.com/read/2023/1...depan-sulawesi

Masalah hilirisasi nikel
bukan.bomat
sweet arsenic
lindungibali
lindungibali dan 3 lainnya memberi reputasi
2
965
47
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan