ahlimiliterahliAvatar border
TS
ahlimiliterahli
Perang Gaza Memanas, 14 Tentara Israel Tewas Dibantai dalam Sehari
 

Timur Tengah

Perang Gaza Memanas, 14 Tentara Israel Tewas Dibantai dalam Sehari

Muhaimin

Senin, 25 Desember 2023 - 07:11 WIB





Sebanyak 14 tentara Israel tewas dibantai dalam sehari selama pertempuran akhir pekan melawan Hamas di Gaza, Palestina. Foto/Sky News

GAZA - Sebanyak 14 tentara Israel tewas dibantai dalam sehari selama pertempuran yang memanas melawan Hamas di Gaza, Palestina. Kerugian besar dalam sehari ini diderita militer Zionis pada akhir pekan lalu.

Menurut militer Israel pada Senin (25/12/2023), kematian 14 tentara itu menambah jumlah personel Pasukan Pertahanan Israel (IDF) yang terbunuh menjadi 152 orang sejak operasi darat dimulai pada 20 Oktober.

Sekitar 480 personel IDF tewas sejak Hamas melancarkan serangannya pada 7 Oktober.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pada hari Minggu setidaknya 60 warga Palestina tewas menyusul serangan udara Israel yang menghantam kamp pengungsi Maghazi di Gaza tengah.






Mengutip Sky News, kematian yang terjadi pada akhir pekan ini merupakan hari-hari paling berdarah dalam konflik sejauh ini—dan menunjukkan bahwa Hamas masih berkomitmen terhadap perjuangannya seperti ketika konflik tersebut dimulai.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dalam sebuah pernyataan video pada hari Minggu bahwa perang tersebut menimbulkan kerugian besar."Tapi kami melakukan segalanya untuk melindungi kehidupan para pejuang kami.”

Dia mengatakan pasukan negaranya masuk lebih jauh ke Jalur Gaza dan mereka akan terus berjuang sampai kemenangan total atas Hamas.

IDF merilis rincian lebih lanjut dari operasi untuk membongkar jaringan terowongan Hamas, di mana mayat lima sandera—Warrant Officer Ziv Dado, Sersan Ron Sherman, Kopral Nik Beizer, Eden Zacharia, dan Elia Toledano—ditemukan.

Menurut IDF, banyak anggota Hamas tewas dan ratusan senjata ditemukan di tempat yang dikatakan sebagai markas besar kelompok itu di Gaza utara.

IDF mengatakan jaringan terowongan, yang mencakup dua tingkat, melewati bawah sekolah dan rumah sakit dan terhubung ke sebuah terowongan yang mengarah ke kediaman Komandan Brigade Utara Hamas, Ahmad Andur.

Hamas mengatakan pada hari Sabtu bahwa pihaknya telah kehilangan kontak dengan kelompok yang bertanggung jawab atas lima sandera Israel yang ditawan di Jalur Gaza karena pengeboman Israel.

Hal ini terjadi setelah PBB tidak menyerukan gencatan senjata kemanusiaan pada hari Jumat, dan malah mengeluarkan resolusi untuk meningkatkan bantuan yang akan diangkut ke Gaza.

Amerika Serikat (AS) abstain dalam pemungutan suara tersebut, sebagai sekutu paling kuat Israel. Resolusi tersebut memicu kritik dari Israel dan Hamas.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, 20.424 orang telah terbunuh di Gaza sejak 7 Oktober, termasuk 166 orang pada akhir pekan ini.

Angka-angka dari World Programme baru-baru ini mengungkapkan bahwa seperempat penduduk Gaza menderita kelaparan, dan sebagian besar juga menjadi pengungsi.

Di Israel, 1.200 orang tewas dan 240 orang disandera oleh Hamas dan kelompok militan lainnya. Militer Israel masih berjuang untuk membebaskan 129 tawanan yang tersisa.

Di Betlehem, kehancuran akibat konflik tercermin dalam adegan Natal tradisional di Manger Square, dengan karakter dikelilingi kawat berduri dan puing-puing.

Seorang pejabat PBB mengkritik Israel pada hari Sabtu setelah negara tersebut mengeluarkan perintah evakuasi lainnya, memberitahu orang-orang di Gaza untuk bergerak menuju Deir al Balah, meskipun kota tersebut dilanda serangan minggu ini.

Pasukan Israel mengatakan mereka memperluas serangan mereka di utara dan selatan Gaza, dan pasukannya bertempur di “daerah kompleks” di Khan Younis, kota terbesar kedua di wilayah tersebut, tempat Israel yakin para pemimpin Hamas bersembunyi.

Pengeboman besar-besaran dan tembakan Israel dilaporkan pada Minggu pagi di kota Jabaliya, sebuah wilayah di utara Kota Gaza yang sebelumnya diklaim Israel kendalikan.

Sementara itu, IDF mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka menanggapi banyak serangan ke arah Keren Naftali, Israel utara.

(mas)


https://www.google.com/url?sa=t&sour...lPjVs2tpQe4O_v

















Tentara yang aneh, malah bersumpah klo idf pasti akan kalah melawan hamas karena kekuatan mereka diatas rata-rata

Sebaiknya kita ambil mereka sebagai sekutu bukan musuh?emoticon-Bingung













Israel diapet force:







Diubah oleh ahlimiliterahli 25-12-2023 04:29
Nikita41
LordFaries4.0
superman313
superman313 dan 8 lainnya memberi reputasi
7
1.1K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan