masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Helm Hilang di Tempat Parkir, Siapa yang Wajib Tanggung Jawab? [Kompetisi KGPT]
Sering terjadi helm hilang di tempat parkir tapi petugas tidak mau tanggung jawab!
Lalu salah siapa?


Wah, Agan dan Sista pernah gak sih ngalamin helm hilang pas parkir motor? Gimana rasanya tuh? Biasanya kita jadi bingung ya, karena kita nggak tau harus minta tanggung jawab siapa. Padahal, sebenarnya kita bisa kok menuntut pengelola parkir untuk mengganti rugi atas kehilangan helm kita. Ternyata, berdasarkan Putusan MA No. 3416/Pdt/1985, tempat parkir itu dianggap sebagai perjanjian penitipan barang, termasuk helm juga.

Kadang kita bisa ketemu pengumuman di tempat parkir yang bilang kalau kehilangan barang itu nggak tanggung jawab pengelola parkir. Nah, sebenarnya ini melanggar hukum lho! Dalam hukum, helm itu termasuk benda yang "menempel" pada motor kita. Jadi, kalau hilang, pengelola parkir punya tanggung jawab buat nggantiin.

Adapun jika tukang parkir atau petugas tidak mau untuk tanggung jawab, maka mereka pun bisa dituntut karena menggunakan klausa baku yang mana itu dilarang di dalam undang-undang, dan petugas parkir dapat dihukum 5 tahun penjara atau denda maksimal dua milyar GanSis.




Tapi, sebenernya sih Agan dan Sista nggak usah panik dan khawatir. Sebelum Agan dan Sista tinggalin motor dan helm di tempat parkir, sebaiknya kita selalu inget buat mengamankan helm kita sendiri. Kita bisa pasang gembok helm atau bawa helm kita masuk ke tempat tujuan, supaya nggak ada kesempatan buat helm kita ilang.

Selain itu, Agan dan Sista juga bisa usulin ke pihak pengelola parkir untuk bikin penyewaan rak khusus penyimpanan helm. Ini bisa jadi solusi yang oke banget. Nggak cuma bisa mencegah kehilangan helm, tapi juga bisa nambah pendapatan buat para petugas keamanan di tempat parkir tersebut.

Intinya, Agan dan Sista bisa minta ganti rugi pada pengelola parkir kalo helm Agan dan Sista hilang. Tapi, sebaiknya kita juga inget buat ngamankan helm kita sendiri sebelum parkir motor. Biar nggak ada masalah di kemudian hari.


Quote:


Gimana, udah pada tau kan? Jadi, nggak usah bingung lagi kalau helm kita hilang pas parkir motor.

Ingat, mencegah lebih baik sebelum kejahatan terjadi, termasuk dengan adanya kejahatan maling helm yang sering banget terjadi ya GanSis.
Semoga info ini bisa membantu Agan dan Sista ya!




Penulis:@masnukho©2023
Narasi
KGPT dan ulasan pribadi
Sumber gambar
1,2,3,4
Referensi
disinidan disini
Avnerhero
syaifudinseno
lutfigilang01
lutfigilang01 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
727
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan