4574587568Avatar border
TS
4574587568
Hamas Sinyal Damai ke Israel di Gaza


Jakarta, CNBC Indonesia - Hamas memberi sinyal damai ke Israel di Gaza, wilayah Palestina. Kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, mengatakan kelompok milisi tersebut terbuka terhadap perundingan untuk mengakhiri perang.

Dalam pidatonya yang disiarkan televisi, ia mengungkapkan Hamas siap untuk berdialog dengan Israel. Ia berharap bahwa pembicaraan di masa depan dapat membuat "rumah Palestina", baik di Tepi Barat maupun Jalur Gaza.


"Kami terbuka untuk mendiskusikan pengaturan atau inisiatif apa pun yang dapat mengakhiri agresi dan mengarah pada jalur politik yang menjamin hak rakyat Palestina atas negara merdeka mereka dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya," paparnya dikutip RT, Kamis (14/12/2023).

Namun, petinggi tersebut kemudian memperingatkan bahwa segala upaya untuk mengecualikan Hamas dan kelompok bersenjata lainnya dari penyelesaian pasca perang akan menjadi sebuah ilusi. Menurutnya, faksi perlawanan harus dilibatkan dalam proses tersebut.

Israel melancarkan kampanye militernya di Gaza untuk membalas Hamas yang menembus tembok perbatasan pada 7 Oktober dan menyerbu pemukiman dan pangkalan militer di Israel selatan. Para pejabat Israel mengatakan lebih dari 1.200 orang tewas akibat serangan tersebut.
Meski beralasan untuk mengeliminasi Hamas, serangan Israel telah memicu 18 ribu korban jiwa dari warga sipil Gaza. Selain itu, serangan ini juga memaksa ratusan ribu warga di wilayah kantong Palestina itu mengungsi.
Komentar Haniyeh muncul hanya satu hari setelah Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa negara Palestina tidak mungkin terwujud. Ia bahkan bersumpah untuk tidak pernah mengulangi kesalahan Perjanjian Oslo, perjanjian perdamaian tahun 1993 yang menciptakan peta jalan bagi negara Palestina yang berdaulat.

Meskipun Israel sebelumnya menerima gagasan tersebut secara prinsip, proses yang ditetapkan oleh Perjanjian Oslo telah lama gagal. Sehingga hanya membekukan konflik yang telah berlangsung selama beberapa dekade.
Lebih dari 30 tahun kemudian, pasukan Israel terus menduduki Tepi Barat, yang diisi wilayah pemukiman Yahudi berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Di sisi lain, Pemerintah Israel mempertahankan blokade ketat di Jalur Gaza.
Amerika Serikat (AS), yang masih menjadi donor militer utama Israel, telah menyuarakan dukungannya untuk "jeda" singkat dalam pertempuran tersebut. Namun, ia terus menentang gencatan senjata yang lebih panjang, dengan alasan bahwa hal itu hanya akan membantu Hamas.

sumber
antiketek
gauntletchan
glass69
glass69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan