dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Mengenal Kapal Blue Marlin, Kapal Besar ini Digunakan Untuk Mengangkut Kapal



Di dunia ini ternyata terdapat sebuah kapal besar yang ukurannya terlihat ekuivalen dengan kapal pesiar. Kapal ini bahkan sering digunakan sebagai transportasi pengangkut kapal besar lainnya. Jadi sudah terbayang bagaimana besarnya kapal ini. Kapal tersebut juga dilengkapi semacam fitur half-submerged yang mana menyebabkan sebagian sisi kapal dapat diturunkan di bawah permukaan air laut agar mudah melakukan pengangkutan. Ternyata kapal besar secanggih ini sudah lama eksis dan banyak digunakan untuk mengangkut struktur besar dari Oil Rig.

Jadi apa nama kapal tersebut? Kapal ini dikenal dengan nama Blue Marlin. Kapal ini sudah beroperasi sejak lama dalam membantu mengangkut objek-objek superbesar yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Dengan keberadaan kapal ini, seluruh struktur besar dapat diletakan di laut lepas dan pengangkutan barang-barang berukuran besar dapat dilakukan dengan mudahnya antar benua. Penasaran seperti apa wujud kapal tersebut mari kita amati pada thread kali ini!





Dengan ukurannya yang sangat masif, kapal Blue Marlin bisa mengangkat segala macam objek. Kapal ini hadir sejak tahun 2000 dan keberadaannya ditujukan untuk spesifik membawa beban bawaan yang sangat berat seperti kerangka oil rig di laut lepas misalnya. Blue marlin akan dengan mudahnya mengangkan kerangka instrumen tambang minyak di laut lepas. Kapal ini juga dapat tenggelam setengah bagian agar memudahkan proses pengangkutan barang bawaan yang super besar.

Kapal ini memiliki kemampuan mengangkat beban mencapai 51.821 GT meski terlihat lebih kecil dibandingkan suatu kapal pesiar tapi kapasitas ini tidak menunjukkan kemampuan aslinya akibat kemampuan Blue Marlin yang dapat melakukan manuver semi submersible atau setengah tenggelam. Akibatnya akan lebih banyak bobot yang mampu ditahan melampai Gross tonnagenya. Hingga saat ini kapal Blue Marlin masih dioperasikan karena ketahanannya terhadap terpaan ombak dan cuaca ekstrem.



Bila terlihat dari dekat, ukuran Blue Marlin akan terlihat sungguh gigantis dimana kapal ini dapat mengangkut belasan kapal-kapal transportasi di atasnya. Jadi ukuran Blue Marlin sebenarnya sangat besar jika kita melihatnya secara langsung. Kapal ini memiliki panjang sebesar 224,8 m yang lebih panjang dibandingkan ukuran pesawat manapun. Jika rentang sayap pesawat terbesar hanya mencapai 117 m, kapal ini artinya memiliki ukuran kurang lebih 2x lipatnya.

Meski ukurannya yang terlampau sangat besar, kapal ini memiliki space yang sangat luas hanya untuk mengangkat kargo. Adapun kargo-kargo yang biasa diangkat kapal ini mulai dari kerangka tambang minyak, kapal transportasi, kapal induk, baling-baling turbin PLTA laut lepas, kantor gedung laut lepas, dll. Jadi kapal ini menyelesaikan sebagian besar tantangan dalam mengangkut objek-objek besar dan berat antar benua, antar negara, atau ke arah lautan lepas yang lebih ganas.



Karena reliabilitasnya dalam mengangkut objek-objek besar, hingga saat ini kapal ini masih banyak digunakan. Jarak yang bisa ditempuh oleh kapal blue marlin dalam kondisi bahan bakar penuh adalah mencapai 46.000 km atau 1 keliling bumi lebih. Selain itu kapal ini memiliki kecepatan maksimal 26.9 km/h. Kecepatannya yang lebih lambat dibandingkan rata-rata kapal ferry menunjukkan bahwa bobot kapal ini sangat berat dan beban bawaannya juga sangat berat sehingga kecepatan yang dihasilkannya hanya mampu mencapai kecepatan rata-rata atlit pelari.

Hingga saat ini kapal Blue Marlin yang original sudah berpindah tangan beberapa kali. Pertama kali dibuat di Taiwan, Kemudian dibeli oleh Norwegia, kemudian dijual dan dibeli oleh Belanda, kemudian berpindah tangan lagi ke Malta. Jadi kecanggihan dari kapal ini memancing pihak-pihak pembeli baru untuk dapat merasakan kemampuannya. Amerika Serika sebagai contoh merupakan salah satu negara yang paling banyak menyewakan kapal ini untuk keperluan militer dan migas.

—oOo—

Itu dia kapal Blue Marlin yang berukuran besar dan dapat tenggelam sebagian. Kapal ini mengandalkan space yang sangat luas agar dapat mengangkat objek-objek di atasnya. Selain itu kapal ini memiliki mode half-submersible yang membuatnya dapat tenggelam sebagian sehingga memudahkan dalam pengangkatan objek-objek besar ke dalam space kargo tersebut. Tiap-tiap negara sudah sangat diuntungkan dengan keberadaan kapal ini yang mempermudah pengangkutan objek-objek besar ke arah laut lepas.



Sumber : Disini
isdiantoawak
dragunov762mm
b0c4h.n4k4l
b0c4h.n4k4l dan 15 lainnya memberi reputasi
16
2K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan