kaskus.infoforumAvatar border
TS
kaskus.infoforum
Keseruan Rapat Hansip Membahas Smart Netizen

Forum Hansip Hoax kembali lagi mengadakan acara kopi darat Rapat Hansip untuk kesekian kalinya. Kopi darat kali ini mengangkat tema SMART NETIZEN.

Kenapa kita sebagai netizen harus smart? Karena di era sekarang kita tidak hanya waspada dari konten penyebaran hoax, tapi juga ancaman penipuan digital seperti modus lowongan kerja yang biasanya membujuk korbannya untuk melakukan “like” dan “subscribe” di suatu konten digital. Ada pula yang modus dengan menyebarkan link surat undangan digital atau resi ekspedisi, sampai dengan modus penipuan perbankan dengan menekan tombol view dan one klik.


Rapat Hansip ini diselenggarakan pada Sabtu, 9 Desember 2023 di Twin House, Cipete, Jakarta Selatan dengan menghadirkan tiga orang narasumber. Pembicara yang dimaksud adalah Maulana Viliano MMselaku Deputi Manager Digital Marketing PT. Bank Central Asia Tbk, Riza Firli sebagai Content Creator dan Social Media Specialist dan yang terakhir turut mengundang Amin Nurochman sebagai pengusaha dan perwakilan komunitas superbike. Adapun jumlah peserta kopi darat yang hadir sekitar 40 orang.

Acara dibuka oleh pemaparan dari Maulana Viliano MM selaku Deputi Manager Digital Marketing PT. Bank Central Asia Tbk. Agan Olan (sapaan akrab Maulana) menjelaskan tentang modus-modus penipuan perbankan yang terbagi dalam 2 jenis. Pertama, Social Engineering Fraud yang contohnya seperti penipuan yang mengaku customer service/pembeli palsu dan juga website/link palsu. Kedua, Malware Fraud yang contohnya seperti penyebaran link undangan nikah palsu; list pdf palsu, dll.


Quote:

Dia juga mengatakan jika ada link/file yang kita tidak kenal sumbernya lebih baik kita usah kita hiraukan. “Kalau don’t know, ya kasih no!,” ujar Agan Olan. Hal ini juga sejalan campaign terbaru dari Bank BCA yakni “Don’t Know? Kasih No!”



Sementara itu Agan Riza Firli yang merupakan Blogger & Social Media Specialist menjelaskan untuk menjadi smart netizen maka kita jangan mudah tergiur dengan tawaran-tawaran di internet yang tidak masuk akal dan tidak jelas sumbernya.

Agan Riza bilang untuk tahu sesuatu hal itu penipuan atau tidak kita dapat mengecek link website, rekening dan nomor handphone yang kita tidak kenal. Untuk mengecek sebuah domain bisa cek di https://who.is/. Sementara untuk menegcek nomor rekening tersebut pernah dipakai penipuan atau tidak bisa cek di https://cekrekening.id/. Sedangkan untuk mengecek nomor telepon bisa gunakan aplikasi Get Contact di handphone kita.


Sedangkan Agan Amin Nurochman bilang sebagai pengusaha modus penipuan yang paling serig ditemui itu soal transaksi perbankan. Biasanya penipu bilang sudah transfer tapi ternyata bukti transfernya palsu sehingga dananya belum diterima. Dia bilang untuk mengantisipasi hal tersebut harus pintar memilih aplikasi perbankan untuk menunjang bisnisnya. "Kalau saya sendiri pakai apps myBCA karena fitur yang saya suka itu bisa mengecek e-statement sampai bertahun-tahun yang lalu," ujar Agan Amin.



Selain pemaparan dari tiga pembicara di atas, Rapat Hansip juga ada kuis instagram story serta pertanyaan terbaik. Pastinya dapet hadiah yang ciamik abis doongg.. Ohiya, di event Rapat Hansip ini, Agan & Sista juga bisa nanya bahkan sharing pengalaman kalian secara langsung nih. Pokoknya super informatif dan menyenangkan! 


Jadi pengen ikutan Rapat Hansip kan? Makanya pantengin terus forum Hansip Hoax karena bakal ada event soal Rapat Hansip selanjutnya! Agan & Sista juga bisa baca beragam thread yang pastinya berguna!


sedikitkurus
hallowwolf94
KASKUSProduct03
KASKUSProduct03 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
15K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan