Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ace_01Avatar border
TS
ace_01
Waspada Modus Investasi Bodong, Pilih yang Pasti-Pasti Aja!



Jangan kegocek investasi yang begini-begini, ya!




Makin ke sini investasi makin banyak caranya, ya. Mana udah serba online, jadinya investasi bisa dalam kendali jari-jemari kita, gan. Kalo zaman bokap nyokap, kakek nenek kita investasi itu bentuknya tanah, properti, emas, sapi, sekarang makin beragam bentuknya.

Ada saham, reksa dana, surat utang negara, P2P lending, pokoknya banyak, deh. Kalo saham & reksa dana sih udah ada dari lama. Cuman keterbukaan informasi dan akses investasi saham zaman dulu emang nggak segampang sekarang.

Sebenarnya ini pertanda bagus. Artinya orang-orang Indonesia makin ngerti kalo duit tuh bisa lho diputar supaya value-nya jadi berkali-kali lipat. Karena nggak mungkin banget kan di usia pensiun mau banting tulang terus, ye nggak? Kalo cuman disimpan di bank lama-lama tergerus inflasi. 

Masalahnya, makin banyaknya instrumen investasi kalo nggak dibarengin sama literasi yang mumpuni rawan banget jadi korban investasi bodong. Apalagi kalo lewat kanal digital. Banyak banget lho tawaran investasi yang menggiurkan namun nggak masuk haykal (akal maksudnya, hehe). Dan lagi-lagi, siapa aja bisa jadi korban. 

Karena pelaku atau oknum investasi bodong juga manfaatin ketidaktahuan orang yang mereka ajak. Nih, senggaknya ada 3 investasi bodong yang beberapa waktu lalu sempet ngetren di Indonesia.

Robot Trading

Sempet trending nih waktu itu, korban disuruh setor duit, terus diputer-puter pake robot trading, katanya bisa dapet untung gede tiap bulan. Jujur waktu itu ngelihat IG story temen-temen gue yang upload tuh grafik naik-turun bisa withdraw puluhan sampai ratusan juta rasanya tempting banget, sih. 

Tapi masak iya taruh 500 ribu lo bisa dapet 30-40 juta, aneh banget kan? Nggak lama setelah tren itu ada, langsung diselidiki OJK kalo itu investasi bodong.

Koperasi Bodong
Nah, lo juga mesti hati-hati koperasi simpan pinjam dulu sempet jadi topeng buat investasi bodong pake skema Ponzi! Ceritanya gini, korban yang niat simpen duit di koperasi dijanjiin untung gede tiap bulan. Tapi itu belum semua, anggota koperasi juga diminta cari orang buat setor duit dan dapet bonus! Hati-hati, bisa jadi jebakan batman, nih!

Arisan Bodong
Boskuh, zaman sekarang arisan udah gak cuma lewat tatap muka, tapi masuk ke era teknologi lewat pesan instan kayak WhatsApp atau Telegram. Sayangnya, ada yang makin lihai memanfaatkan ini, jadi kayak tuan rumah jasa arisan online atau investasi uang. Ceritanya, nawarin arisan dengan dalih uang/logam mulia, tapi pada akhirnya malah ngeles dan kabur bawa uang semua peserta arisan. Hati-hati, jangan sampe kena tipu, bro!

Gak cuma itu, ada modus penipuan lewat iklan ato website palsu yang bikin investor nyangkut. Mereka juga nemu aja celahnya, terus ganti-ganti trik buat goda investor dengan iming-iming investasi. Tapi chill aja, kita bisa kenali investasi bodong dari ciri-cirinya, nih!

Ciri-ciri Investasi Bodong
Biar tambah kuat benteng literasi kita soal investasi, gue kasih paham nih gimana cara ngenalin investasi-investasi bodong. Supaya nggak gampang kegocek, cuy.

Info soal bisnisnya tuh samar banget, bro. Biasanya dari perusahaan yang abal-abal, nggak jelas rekam jejaknya! Gak punya izin, ato kalo ada pun palsu abis, dan yang lebih parahnya lagi, gak terdaftar di OJK, sih.

Kalo masuk skema Ponzi, pasti diiming-imingin bonus gila-gilaan kalo bisa ajak orang baru ikutan. Mirip-mirip MLM (multi level marketing) gitulah zaman 2000an awal.


Janjiin untung gede dalam waktu sekejap dan risiko minim. Padahal, kita tau dong, dalam investasi low risk low gain, high risk high gain, gitu.

Ngasih jaminan untung pasti dan ngejamin beli balik aset investasi. Lebay, ya? Proses pencairan duitnya kyk misteri, gak jelas gitu.


Nawarin investasi abal-abal lewat sosmed, WhatsApp, Telegram, dll. Terkadang pake foto orang terkenal biar keliatan meyakinkan. Hati-hati banget, jangan kena jebakan, pak!




Investasi Makin Cuan & Praktis pakai Welma di myBCA!



Buat cek daftar Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) yang berizin, bisa cek di web [url]https://reksadana.ojk.go.id/[/url]  atau buat ngecek daftar investasi ilegal, bisa langsung ke [url]https://ojk.go.id/waspada-investasi/id/alert-portal/[/url]. Misalkan lo baru aja ditawarin temen, sodara, atau kerabat, buru-buru check and recheck tuh investasi kedaftar nggak di OJK.

Kalo lu nemu potensi investasi bodong yang nekat pake nama Lembaga/Perseorangan/OJK, langsung lapor ke Satgas Waspada Investasi, bro! Email-nya di waspadainvestasi@ojk.go.idatau call 157.

Ada juga panduan buat yang mau nanya, ngasih info, atau ngaduin. Cek di Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen di [url]https://kontak157.ojk.go.id,[/url] gampang banget!

Terus, Sebaiknya Investasi di Mana?
Yak, investasi itu penting, tapi pastiin lu nempatin duit di tempat yang bener. Skrg, bisa investasi makin gampang pake fitur Welma di myBCA. Reksa Dana mulai dari Rp10 Ribu, Obligasi pasar sekunder Fixed Rate (FR) mulai dari Rp1 juta, dan INDON/INDOIS mulai dari USD1.000.

BCA bareng Manajer Investasi (MI) pilihan, nih! Semua produk investasinya terkurasi dan diawasi OJK,Jadi, yuk investasi aman pake fitur Welma di myBCA, dapetin promo investasi keren! Kalo butuh info lebih lanjut, call Halo BCA di 1500888 ext. 4 (layanan produk investasi). Cekidot!



rubah007
indrastrid
ari.wijayant069
ari.wijayant069 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
18.4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan