Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ceo.ami.group1Avatar border
TS
ceo.ami.group1
Jokowi Klaim Tak Ada Pertemuan dengan Agus Rahardjo untuk Intervensi KPK
Jokowi Klaim Tak Ada Pertemuan dengan Agus Rahardjo untuk Intervensi KPK


Jokowi Klaim Tak Ada Pertemuan dengan Agus Rahardjo untuk Intervensi KPK
Reporter

Daniel A. Fajri

Editor

Linda novi trianita

Senin, 4 Desember 2023 11:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengklaim tidak ada agenda pertemuannya dengan eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo di Kementerian Sekretariat Negara pada 2017, yang disebut-sebut untuk mengintervensi lembaga anti-rasuah. “Enggak ada, enggak ada agenda, coba cek lagi aja,” katanya saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 4 Desember 2023.

Baru-baru ini, Agus Rahardjo mengatakan KPK mulai diintervensi oleh pemerintah sejak kasus korupsi pengadaan e-KTP pada 2017 silam. Agus mengatakan, kala itu dirinya sedang menjabat sebagai Ketua KPK periode 2015-2019. Pada 2017, dirinya dipanggil Presiden Jokowi ke Istana sendirian. 


Sejak revisi UU KPK disahkan dan diberlakukan, Pada Jumat, 13 September 2019, tiga pimpinan KPK saat itu yaitu Agus Rahardjo, Saut Situmorang dan Laode M Syarif menyerahkan mandat pengelolaan Lembaga Antirasuah ke Presiden Jokowi. Sebelumnya, KPK berdiri independen dan hanya bertanggungjawab kepada masyarakat.

Agus menceritakan intervensi KPK ini saat membahas Firli Bahuri yang dijadikan tersangka pemerasan. Menurut Agus, Firli sudah cacat saat menjadi Deputi Penindakan KPK di era kepemimpinannya. Bahkan Agus sampai pernah membuat surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo agar tidak meloloskan Firli jadi Ketua KPK. Namun hal itu tidak digubris.

https://nasional.tempo.co/read/18049...intervensi-kpk


Ooooaakuuuuu Percoocoyoooooo LoL emoticon-Ngakak
xneakerz
NCovid19
bigbuncit
bigbuncit dan 4 lainnya memberi reputasi
5
388
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan