Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Pasca Kebakaran, Bromo Dinobatkan Sebagai Taman Nasional Tercantik di Dunia

Sabtu, 02 Des 2023 19:36 WIB
Pasca Kebakaran, Bromo Dinobatkan Sebagai Taman Nasional Tercantik di Dunia
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung dan menikmati keindahan Gunung Bromo. (Pemprov Jatim for Mili.id)

Reporter : M. Ahsan
Editor : Achmad S
 
Probolinggo - Pasca pulihnya ribuan lahan haktare dari kebakaran, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dinobatkan sebagai The World's Most Beautiful Nasional Parks 2023 yang dirilis Bounce, platform layanan perjalanan yang berbasis di San Fransisco, Caifornia, Amerika Serikat.

Dalam ajang tersebut, TNBTS berada di peringkat ketiga dibawah Taman Nasional Kruger yang terletak di Afrika Selatan yang menduduki peringkat pertama dan Taman Nasional Lencois Maranhenses di Brazil yang menempati peringkat kedua.

Penilaian Bounce didasarkan pada akumulasi jumlah postingan Instagram, penayangan TikTok, ulasan daring, serta pencarian kata kunci di Google sepanjang 2023. Dalam daftar Bounce, peringkat Bromo bahkan berada jauh diatas Taman Hutan Nasional Zhangjiajie di China dan Taman Nasional Fuji Hakone Izu di Jepang.

Dinobatkannya Gunung Bromo sebagai The Worl's Most Beautiful Nasional Parks 2023 disambut gembira oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Menurut dia, keindahan Gunung Bromo memang sudah diakui, dan bahkan oleh dunia.

"Alhamdulillah. Selain Kawah Ijen yang Juni 2023 lalu ditetapkan sebagai Unesco Global Park, Jawa Timur juga punya Bromo yang keindahannya juga diakui dunia. Syukur tiada terhingga atas besarnya anugerah Allah SWT di Bumi Majapahit ini," kata Khofifah, Sabtu (2/12/2023).

Menurut Khofifah, TNBTS menyajikan lanskap unik, dimana setiap sudutnya begitu mempesona dan mampu membius pengunjung. Terlebih di kawasan itu juga terdapat beberapa pemandangan yang nantinya, pengunjung tidak hanya menikmati eksotika lainnya.

Di antaranya, kata dia, ada Gunung Batok, Gunung Watangan, Gunung Widodaren, Gunung Kursi, padang savana, lautan pasir, serta bukit-bukit yang membentuk dinding Kaldera Tengger. Di sisi selatan, ada Gunung Semeru dengan puncaknya Mahameru.

"Selain keindahan alam, Kawasan Bromo yang didiami Suku Tengger juga menjanjikan wisata budaya yang tidak kalah menariknya. Disana ada berbagai kearifan lokal budaya yang unik dan masih menjaga tradisi leluhur," tutur perempuan nomor 1 di Jatim ini.

Oleh karena itu, Khofifah berharap kunjungan ke Gunung Bromo makin deras untuk kedepannya. Pastinya, semua pemandangan yang ada di Gunung Bromo maupun sekitarnya tidak akan mengecewakan wisatawan.

"Yang belum pernah ke Bromo, ayo datang dan nikmati kepingan surga ini. Seumur hidup, paling tidak harus pernah datang ke Bromo," pungkas Khofifah.

Sekedar informasi, dalam metode perhitungannya, Bounce memberi bobot nilai terhadap 100 taman nasional terbaik di dunia menurut laman TourScanner.com. Kemudian tim riset Bounce menghitung skor berdasarkan jumlah unggahan di Instagram, jumlah penayangan di TikTok, penelusuran Google dari Oktober 2022-September 2023 menurut Google Ads, serta ulasan terhadap setiap taman nasional di Google.

Bouce mencatat, unggahan terkait Bromo Tengger Semeru telah berhasil mengumpulkan sebanyak satu miliar penayangan di TikTok dan lebih dari 930 ribu postingan di Instagram dalam satu tahun terakhir. Tak sampai di situ, taman nasional ini juga memiliki ulasan yang cukup baik, yakni 4,8 bintang.


Quote:


Sidang harus menghadirkan lebih banyak saksi soal siapa pelaku yang mempercantik Bromo.

emoticon-Traveller

Diubah oleh yellowmarker 03-12-2023 05:23
.co.cc17baik
NCovid19
itkgid
itkgid dan 3 lainnya memberi reputasi
4
432
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan