Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ganjar2029Avatar border
TS
ganjar2029
Soal Isu 'Jokowi Minta Setop e-KTP', Ganjar: Korupsi Memang Harus Disikat
Soal Isu 'Jokowi Minta Setop e-KTP', Ganjar: Korupsi Memang Harus Disikat
Jakarta - Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo bercerita bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah meminta KPK berhenti mengusut kasus korupsi e-KTP yang menyeret Ketua DPR RI Setya Novanto. Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai korupsi harus diberantas.
"Ya kalau saya nggak tahu itu intervensi seperti apa, tapi korupsi memang harus disikat," kata Ganjar di La Cove, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (1/12/2023).


Ganjar lalu mengatakan ada dua cara mencegah korupsi. Dia membeberkan dua cara itu, yakni perbaikan sistem dan regulasi.

"Ada dua caranya, satu bagaimana kita mencegah, mencegah menggunakan perbaikan sistem, lalu kelembagaan, regulasinya jelas dan terakhir faktornya harus benar," ujarnya.
Tak hanya itu, kata Ganjar, aktor yang menjalankan regulasi itu pun harus benar. Dia menyebutkan pemberantasan korupsi tidak cukup hanya di mulut, tapi harus serius ditangani.
"Kalau aktornya tak benar ya dia akan terlibat biasanya, dan itu perlu diawasi oleh top leader," ungkap dia.
"Maka komitmen dari antikorupsi itu tidak cukup hanya di mulut, kita mesti serius menangani, kawal dari masyarakat juga," imbuhnya.

Istana Bantah Agus Rahardjo
Agus Rahardjo mengungkap cerita soal Jokowi yang meminta KPK menghentikan kasus korupsi e-KTP yang menyeret nama mantan Ketua DPR Setya Novanto. Agus menyebutkan momen itu menjadi salah satu pendorong lahirnya revisi UU KPK. Istana menegaskan revisi UU KPK bukan inisiatif pemerintah, melainkan inisiatif DPR.
Cerita Agus mengenai pertemuan dengan Jokowi itu disampaikan dalam wawancara program Rosi di Kompas TV seperti dikutip, Jumat (1/12). Agus mengatakan saat itu dipanggil sendirian oleh Jokowi ke Istana.
"Saya terus terang pada waktu kasus e-KTP saya dipanggil sendirian, oleh Presiden. Presiden waktu itu ditemani oleh Pak Pratikno. Saya heran biasanya memanggil itu berlima, ini kok sendirian. Dan dipanggilnya juga bukan lewat ruang wartawan, tapi lewat masjid kecil gitu," kata Agus.
Begitu masuk, Agus menyebut Jokowi sudah dalam keadaan marah. Menurut Agus, Jokowi meminta KPK untuk menghentikan kasus e-KTP Setya Novanto.
"Di sana begitu saya masuk, Presiden sudah marah. Menginginkan... karena baru saya masuk, beliau sudah teriak 'Hentikan'. Kan saya heran, hentikan, yang dihentikan apanya," ujar Agus.
"Setelah saya duduk, ternyata saya baru tahu kalau yang suruh hentikan itu adalah kasusnya Pak Setnov, Ketua DPR pada waktu itu, mempunyai kasus e-KTP supaya tidak diteruskan," imbuhnya.


Soal Isu 'Jokowi Minta Setop e-KTP', Ganjar: Korupsi Memang Harus Disikat (detik.com)



Jangan pilih koruptor pameran buku, stadion naJIS, formula eek seperti wan abud!
Jangan pilih koruptor alutista dan food estate seperti wowo!
Jangan pilih koruptor kardus duren sepert Imin!
Jangan pilih koruptor pencucian uang di goola, markobar dan bisnis bangrut lainnya seperti si anak berkebutuhan khusus!


Sikat Korupsi!


Pilih Ganjar-Mahfud yang terbukti BERSIH! 
#ganjarpresiden




@replykgpt


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh ganjar2029 02-12-2023 07:55
trfpjkgbrt2
orohondo
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
736
69
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan