bocor6Avatar border
TS
bocor6
TIDAK SEMUA ORANG PENGEN MENDENGAR
Agan-agan dan sista-sista, pernah gak ngerasa kesel sama orang yang susah banget didengerin? Mungkin kita udah berusaha cerita dengan semangat, tapi si pendengar malah cuek, atau bahkan nganggep cerita kita kayak omong kosong. Eits, tenang aja, kita gak sendirian kok. Ternyata, ada banyak orang yang sama kayak kita, enggak pengen mendengar orang lain.

Sebenernya, mendengar itu penting lho, agan dan sista. Dalam hubungan sosial, mendengarkan bisa membangun hubungan yang lebih baik. Kita jadi bisa lebih memahami orang lain dan lebih peka terhadap perasaan mereka. Tapi kenapa ya, ada orang yang cuek banget sama yang namanya mendengarkan?

Salah satu alasan yang mungkin adalah karena sifat egois. Kadang kita pengen banget didengar dan dimengerti, tapi kita lupa bahwa orang lain juga punya perasaan yang sama. Kalau kita enggak mau mendengarkan orang lain, gimana kita bisa berharap mereka mau mendengarkan kita? Jadi, jangan hanya mau dimengerti tapi gak mau mengerti orang lain ya, agan dan sista.

Ada juga alasan lain, seperti kurangnya kemampuan mendengarkan. Memang, mendengar itu keterampilan yang harus dilatih. Kita kadang terlalu sibuk dengan diri sendiri atau dengan hal lainnya, jadi enggak bisa fokus mendengarkan orang lain. Mungkin kita terlalu sibuk main HP, dengerin musik, atau malah lagi mikirin hal-hal yang enggak penting. Kalau kita mau jadi pendengar yang baik, kita harus belajar untuk fokus dan benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan orang lain.

Selain itu, ada juga orang-orang yang berpikir bahwa mendengarkan itu capek. Mungkin mereka punya alasan sendiri, kayak capek fisik atau capek emosional. Tapi, agan dan sista, kita gak bisa mengabaikan pentingnya mendengarkan hanya karena alasan capek. Kita juga pengen didengarkan kan? Jadi, kita harus saling memberikan waktu dan perhatian untuk mendengarkan.

Mendengar memang bukan hal yang mudah bagi semua orang. Tapi, penting bagi kita untuk menyadari bahwa mendengarkan itu adalah bentuk penghargaan dan rasa hormat kepada orang lain. Dengan mendengarkan, kita bisa memperoleh ilmu kehidupan dan memperdalam hubungan sosial kita.

Jadi, agan dan sista, mari kita jadi pendengar yang baik. Yuk, mulai belajar untuk mengerti dan mendengarkan orang lain. Kita bisa membangun hubungan yang lebih baik, saling menghargai, dan tentunya, menjadi pribadi yang lebih bijaksana. Semangat mendengarkan!


Ketentuan yang dimaksud perlu ditinjau, tapi bisa sesingkat itu.. boleh koment ya
soepudin395180
provocator3301
ferist123
ferist123 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
604
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan