Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vivitirtaAvatar border
TS
vivitirta
Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Panin Dai Ichi Life


Halo Agan & Sista,

Di Thread kali ini, izinkan saya membahas kelebihan dan kekurangan asuransi Panin Dai Ichi Life.

Thread ini akan memakan waktu yang lumayan untuk dibaca, tapi berisi informasi-informasi yang berguna jika Agan & Sista ingin mencari tahu informasi seputar Panin Dai Ichi Life, kelebihan asuransi Panin Dai Ichi Lifedibandingkan asuransi lain, kekurangan asuransi Panin Dai Ichi Life, atau seputar Asuransi Unit Link vs Traditional.


Sebelumnya, jika agan & sista belum tahu darimana Panin Dai Ichi Life ini berasal, saya akan menjelaskan secara singkat sejarahnya.

Dai Ichi Life Insurance Companyberdiri pada tanggal 15 September 1902, beralamat di kantor pusat di Yurakucho 1-chome no.13-2, Chiyoda-ku, Tokyo. Dai Ichi Life adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang. Dengan pengalamannya yang sudah 110 tahun, akhirnya Dai Ichi Life bekerjasama dengan Panin Life yang telah berdiri sejak tahun 1974, sehingga namanya berubah menjadi Panin Dai Ichi Life.

Oke. Selanjutnya yang Agan & Sista tunggu-tunggu. Apa saja sih kelebihan dan kekurangan asuransi Panin Dai Ichi Life?

Kelebihan Asuransi Panin Dai Ichi Life:

1. Panin Dai Ichi Life memiliki ratio Solvabilitas / RBC (Risk Bassed Capital) tertinggi di Indonesia, yaitu sebanyak 1649% atau 15x dari standard yang ditetapkan oleh OJK. *sumber dari laporan keuangan Panin Dai Ichi Life tahun 2019*

Mungkin Agan & Sista bertanya-tanya, mengapa ratio solvabilitas begitu penting untuk dibahas? Karena ratio Solvabilitas / RBC ini mengindikasikan seberapa kuat perusahaan dalam membayarkan claim nasabahnya. Semakin tinggi RBC, maka kondisi keuangan perusahaan tersebut juga semakin sehat. Apa yang terjadi jika nilai RBC kurang dari 100%? Maka perusahaan tersebut dinyatakan kesulitan dalam hal keuangan.

2. Panin Dai Ichi Life menerima penghargaan antara lain:

2020

Investor Award

Kategori Pasar Uang Denominasi USD Periode 7 Tahun

Kategori Pasar Uang Denominasi Rupiah Periode 7 Tahun

Kategori Pasar Uang Denominasi Rupiah Periode 5 Tahun

Kategori Campuran Denominasi USD Periode 7 Tahun

Kategori Saham Denominasi USD Periode 5 Tahun 


Media Asuransi

Market Leader Life Insurance 2020


RRI - Iconomics

Brand Image – Financial Award 2019

Category: Life Insurance < 10 Trillion

Yang saya tampilkan di sini hanya tahun 2020 saja, karena jika tahun sebelumnya-sebelumnya saya cantumkan, akan sangat panjang thread ini. Nanti Agan & Sista keburu kabur emoticon-Ngacir

Tapi kalau Agan & Sista mau tahu lebih banyak tentang penghargaan Panin Dai Ichi Life, bisa di cek di sini.

3. Untuk kelebihan ketiga ini, saya akan lebih membahas kelebihan produknya.

Kelebihan Asuransi Kesehatan Panin Dai Ichi Life:

- Proteksi Kesehatan sampai umur 99 tahun

Mungkin saat ini ada yang beranggapan, "ah, ngapain juga sampai 99? belum tentu hidup juga sampai usia 99"

Betul. Tapi, apakah kita akan menolak jika diberi umur panjang?

Akan sangat beresiko jika asuransi kesehatan yang kita punya dibatasi proteksinya hanya sampai umur 55 / 65 / 75 / 85. Mengapa? Bisa bayangkan jika sudah mencapai usia 75, proteksi berakhir dan tidak lama kemudian terkena resiko serius yang akhirnya harus ditangani segera di rumah sakit? Mau masuk asuransi lagi tapi sudah terlambat, karena batas max seseorang mendaftar di asuransi hanya sampai 70 tahun.

Atau, ketika di usia 55 ingin mengajukan upgrade masa pertanggungan ke perusahaan asuransi tersebut, ditolak karena sudah memilki penyakit berat sebelumnya. Siapa yang rugi kira-kira?

Nah, oleh sebab itu penting sekali Agan & Sista memilih asuransi kesehatan yang bisa memproteksi hingga usia 99 tahun ya.

- Cover Indonesia & Asia (kecuali Singapore, Hong Kong, Jepang) tanpa tambahan premi

Default produk asuransi kesehatan Medical Benefit X sudah termasuk Indonesia & Asia (kecuali Singapore, Hong Kong, Jepang) untuk semua plan. Bagi kamu yang sedang mencariasuransi kesehatan di luar negeri secara Cashless, Medical Benefit X meng-cover biaya pengobatan sampai seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat) secara Cashless.

- Gratis naik kelas kamar 1 tingkat di atas hak nya, jika kamar yang sesuai hak nya penuh
Kadang, kamar yang sesuai hak kita pada saat mendaftar rawat inap belum tersedia. Nah, kamu nggak usah khawatir jika hal tersebut terjadi. Kamu boleh sekali untuk naik kelas kamar 1 tingkat diatasnya secara gratis jika kamar yang sesuai hak ternyata penuh, maksimal 2x24 jam. Apa yang terjadi jika setelah 2x24 jam, ternyata kamar yang sesuai hak kamu belum tersedia? Jika tidak ada tindakan bedah, kamu hanya perlu  membayar selisih biaya kamar per harinya. Untuk biaya dokter, aneka perawatan, dan lainnya akan di cover sesuai tagihan.

- Jika naik kelas kamar dan ada tindakan bedah, maka diperhitungkan secara proporsional (pro rate) hanya tindakan bedah saja.
Di asuransi lain, perhitungan secara proporsional (pro rate) dihitung dari seluruh biaya yang diajukan (termasuk biaya dokter, obat-obatan, aneka perawatan, tindakan bedah, dll) dan masih harus ditambah dengan selisih biaya kelas kamar. Jika dihitung-hitung, akan nombok banyak sekali jika perhitungan secara proporsional (pro rate) dari keseluruhan biaya yang diajukan. 
Namun, Panin Dai Ichi Life hanya mengenakan perhitungan secara proporsional (pro rate) dari biaya tindakan bedah saja.

Nah, setelah membahas kelebihan-kelebihannya, pastinya Agan & Sista juga ingin tahu kekurangan dari asuransi Panin Dai Ichi Life. Jika dilihat, tidak ada produk asuransi yang diciptakan sempurna. Semua produk asuransi tentunya memiliki kekurangannya masing-masing.

Kekurangan Asuransi Panin Dai Ichi Life:
1. Asuransi Kesehatan Panin Dai Ichi Life bersifat Unit Link. Belum ada produk asuransi kesehatan dari Panin Dai Ichi Life yang bersifat tradisional (murni).
Mungkin Agan & Sista banyak membaca-baca dan membandingkan soal mana yang lebih bagus antara asuransi kesehatan yang bersifat Unit Link vs Tradisional (Murni)?
Dan mungkin Agan & Sista bingung, kenapa saya taruh point ini menjadi kekurangan?
Saya menaruh ini menjadi kekurangan, dengan harapan ke depannya Panin Dai Ichi Life akan meluncurkan asuransi kesehatan murni, agar para calon nasabah dapat memilih sesuai keinginannya masing-masing.
Update: Panin Dai-ichi Life telah meluncurkan produk asuransi kesehatan tradisional dengan harga terjangkau. Bisa dilihat di sini untuk price list nya.

Soal mana yang lebih bagus antara asuransi kesehatan Unit Link vs Tradisional (Murni), yang sudah anti dengan asuransi Unit Link, akan bilang bahwa lebih bagus asuransi kesehatan murni, karena tidak ada biaya-biaya yang membuat premi lebih mahal.
Itu betul.
Yang tidak begitu menyukai asuransi kesehatan murni, juga akan bilang bahwa lebih baik asuransi kesehatan Unit Link karena akan menjaga polis tetap aktif dan ada nilai tunai yang sewaktu-waktu dapat diambil.
Itu juga betul.

Sebetulnya, dengan pemahaman yang seimbang, maka akan terbentuk pemikiran yang baik. Dibuatnya 2 jenis asuransi, Unit Link dan Tradisional juga pasti untuk memenuhi semua keinginan nasabah.

Jika ingin premi yang murah karena keterbatasan ekonomi, silahkan memilih asuransi kesehatan murni dengan resiko:
- jika ingin memperpanjang kontrak polis, maka akan di review kembali oleh underwriting, dan underwriting berhak untuk tidak melanjutkan kontrak kerjasama tersebut jika dilihat resiko nasabah lebih tinggi
- perusahaan asuransi berhak untuk meminta kenaikan premi jika dilihat resiko nasabah lebih tinggi
- tidak ada nilai tunai, jadi jika sewaktu-waktu nasabah telat membayar, maka polis otomatis akan lapsed (tidak aktif)
- tidak ada asuransi jiwa di dalamnya, sehingga jika sewaktu-waktu nasabah tutup usia, tidak ada uang pertanggungan jiwa yang cair
- tidak ada fitur pembebasan premi (waiver) jika sewaktu-waktu nasabah catat tetap total atau didiagnosa salah satu penyakit kritis

Sebaliknya, asuransi kesehatan Unit Link akan membebankan premi yang lebih tinggi dari asuransi kesehatan murni, hal ini karena:
- auto renewal (perpanjangan polis otomatis)
- terdapat asuransi jiwa di dalamnya
- terdapat uang lebih yang dialokasikan untuk investasi (ini akan menjadi nilai tunai yang bisa digunakan untuk cuti premi atau uangnya dapat ditarik)
- terdapat fitur pembebasan premi jika sewaktu-waktu nasabah catat tetap total atau didiagnosa salah satu penyakit kritis 
- menjaga polis tetap aktif (jika nasabah telat membayar, maka akan diambil dari nilai tunai yang sudah terbentuk). Update: peraturan terbaru OJK tidak memperbolehkan auto withdrawal (penarikan otomatis) dari nilai tunai, sehingga harus mengajukan cuti premi terlebih dahulu.

Sampailah kita ke akhir penghujung thread ini. Terima kasih saya ucapkan kepada Agan & Sista yang telah membaca thread ini sampai selesai. Semoga Agan & Sista bisa mendapatkan suatu pengetahuan baru dari thread yang saya tulis ini ya.

Jikan Agan & Sista ingin berdiskusi, silahkan tinggalkan komentar di thread ini ya. Jangan lupa untuk di rate jika Agan & Sista merasa thread ini bermanfaat.

Oh ya, saya juga bisa dihubungi di:

WA: 08988-2345-27
Email: vivitirta.w@gmail.com

Jika Agan & Sista ingin dibuatkan proposalnya terlebih dahulu, silahkan langsung WA atau email ya.

Salam Sehat,

Vivi
Financial Advisor
Panin Dai-ichi Life
By Your Side, for Life

Diubah oleh vivitirta 12-06-2023 06:53
juztbowen
juztbowen memberi reputasi
1
2.8K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan