Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jawamotorsportAvatar border
TS
jawamotorsport
Sejarah Perjalanan Suzuki Thunder di Indonesia
Selamat Pagi Siang Sore Malem....
Berikut ini ane bakal bahas tentang Sejarah Perjalanan motorsport (motor laki / motor batangan) buatan pabrikan Suzuki di indonesia. Mungkin banyak yang mengira kalau motor ini produk gagal, tetapi banyak juga lho yang punya dan populasinya hampir menyebar hingga wilayah pelosok Indonesia. Dan penggemarnya juga lumayan banyak, walaupun gak sebanyak populasi motorsport Honda dan Yamaha. Bisa dibilang pemilik Suzuki Thunder adalah orang yang punya ikatan batin dengan merk Suzuki, atau penggemar Suzuki. Suzuki Thunder hadir di Indonesia dalam 2 jenis varian kapasitas mesin, yaitu 125cc dan 250cc.

Suzuki Thunder GSX 250
Sejarah Perjalanan Suzuki Thunder di IndonesiaSejarah Perjalanan Suzuki Thunder di IndonesiaSejarah Perjalanan Suzuki Thunder di Indonesia
Yup... Suzuki Thunder pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 1999 dengan mesin 250cc, waktu itu motor ini masih didatangkan secara CBU langsung dari Suzuki Jepang, baru kemudian pada tahun 2003 didatangkan secara CKD atau dirakit di Indonesia. Dijual di Indonesia hingga tahun 2005. Motor ini merupakan motor 250cc pertama di Indonesia. Awalnya motor ini diplot sebagai pesaing Honda Tiger 200cc, Yamaha Scorpio 225cc dan Kawasaki Eliminator Boss 175cc.
Sayangnya penjualan Suzuki Thunder 250 ini kurang laris karena beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan kurang larisnya Thunder 250 adalah pada saat itu Indonesia baru saja lepas dari krisis moneter, sehingga persepsi masyarakat Indonesia motor ini cc nya terlalu besar dan mahal, bayangin aja harganya waktu itu terlalu mahal jika dibandingkan pesaingnya Tiger dan Scorpio, dulu Thunder 250 dijual 20jt-an, sedangkan Tiger dan Scorpio dijual dibawah 20jt. Faktor selanjutnya design Thunder 250 ini dianggap terlalu classic dan kurang fitur. Buat sebagian orang berpendapat kita beli motor diatas 20jt tetapi design dan fiturnya kurang lengkap. Memang sih Thunder 250 ini tidak dilengkapi indikator bensin pada speedometer layaknya kebanyakan motor yang beredar di Indonesia. Malah terkesan kembali ke tahun 80-an karena minim fitur. Design swing arm Thunder 250 juga bagi sebagian orang dianggap ketinggalan jaman karena masih memakai arm bulet seperti motor jaman dulu. Untuk kaki-kakinya terlihat kurang gahar... Ukuran roda depan dan belakang juga berbeda diameter, depan ukuran 18" dan belakang 17". Dan memang dari awal dijual 1999 hingga terakhir 2005 di Indonesia Suzuki tidak melakukan perbahan apapun dari segi design, fitur, dan kaki-kakinya.
Menurut data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) penjualan Thunder 250 ini hanya laku 750-800 unit se Indonesia dalam setahun, beda banget dengan pesaingnya Honda Tiger yang bisa 1000 unit per bulan se Indonesia. Sehingga Suzuki terpaksa harus menghentikan penjualan Thunder 250 pada 2005 dan digantikan oleh penerusnya yang 125cc.
Tapi dibalik itu semua, Suzuki memasangkan engine 250cc yang sangat powerfull di jamannya dan durability mesin 250cc buatan Suzuki ini bisa dibilang jauh lebih baik dari pesaingnya. Berikut spesifikasi Thunder 250 yang beredar di Indonesia:

Panjang X lebar X tinggi : 1.975 x 765 x 1.075 mm
Jarak sumbu roda : 1.310 mm
Berat kosong : 132 kg
Suspensi depan : Teleskopik 37mm
Suspensi belakang : Lengan ayun, sokbreker ganda
Ban depan : 3.00 x 18
Ban belakang : 120/80 - 17
Rem depan : Cakram hidraulik 260 mm
Rem belakang : Teromol
Kapasitas tangki BBM : 15 Liter
Tipe mesin : 1-Cylinder, 4 tak SOHC, 4-valve, TSCC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 72 x 61,2 mm
Volume silinder : 249 cc
Perbandingan kompresi : 9,0 : 1
Sistem pengapian : CDI
Karburator : Mikuni BSR 32 mm
Daya maksimum : 20 dk / 7.500 rpm
Torsi maksimum : 2,1 kg-m / 6.000 rpm
Kopling : Manual , tipe basah
Gigi transmisi : 5 kecepatan

Yup.. kalo dilihat dari speknya sih memang sepertinya sama saja dengan mesin Suzuki GN250 yang beredar di Eropa & Amerika, yang membedakan hanya dilengkapi kick starter versi Indonesia.
Sejarah Perjalanan Suzuki Thunder di Indonesia
Thunder 250 ini disebut juga GSX250 versi Indonesia, karena hanya ada di Indonesia. Dan Suzuki Jepang khusus menjual Thunder GSX 250 untuk pasar Indonesia saja.
Suzuki GSX 250, atau yang lebih dikenal dengan Suzuki Thunder 250 merupakan Motor Turing tangguh yang sudah dihentikan produksinya oleh Suzuki Indonesia. Akan tetapi Nggak banyak yang Tahu, walaupun mesinnya hanya sebuah mesin Karbu SOHC ada 4 Klep tertanam di dapur pacunya. Lho sama aja dong sama Yamaha V-Ixion dan Jupi MX? . . . maksudnya Sama-sama 4klep githu. Betul sama, tapi ada yang ngebedain . . . Desain TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber) !! Inilah resep power mesin yang nggak bisa ditiru motor brand lain. Ya iyalah, soalnya udah dipatenin sama Suzuki Jepang dengan Paten No 771502 . . . kalo Majalah Superbike Bilang : SUZUKI THUNDER 250 . . . What Make It Stick?

TSCC ini nggak hanya diaplikasikan ke Suzuki GSX, GS, GN dan GZ series . . . akan tetapi juga diaplikasikan sampai ke desain dapur pacu Moge-moge superbike Suzuki Terkini seperti GSX R1000 nya. Kayak apa sih TSCC itu? Dengan segala keterbatasan ilmu mesin, Saya akan coba jelaskan secara lugas. TSCC merupakan desain unik silinder head yang bentuknya mirip dua cekungan. Bentuk ini memungkinkan terjadinya dua putaran (swirl) campuran dari udara+BBM terpisah. Penempatan Busi ditengah silinder head juga merupakan satu paket dalam Paten ini . . . Oleh karena itu bro dapat lihat letak Busi Thunder 250 agak masuk ke dalam blok mesin. Oiya, TSCC ini hanya bisa diaplikasikan pada silinder yang memiliki 4 klep di dalam satu silindernya. Kalo untuk mesin yang 2 klep tiap silindernya gak bisa.
Sejarah Perjalanan Suzuki Thunder di Indonesia
intake dari satu karburator dipecah menjadi dua dan membentuk swirl ‘terpisah’
Sejarah Perjalanan Suzuki Thunder di Indonesia
penampang samping atas dan bentuk dua cekungan pada dinding atas silinder head
Sejarah Perjalanan Suzuki Thunder di Indonesia
Penempatan Busi di tengah Head bertujuan agar percikan bunga apinya dapat menjangkau kedua swirl campuran udara-bensin tersebut, hal inilah yang menghasilkan suatu pembakaran yang terjadi lebih Sempurna, CEPAT dan Efesien. Pembakaran Yang lebih cepat dan Efesien inilah yang menimbulkan side effect : Power Nambah, pembakaran sempurna menyebabkan penekanan emisi gas buang, meningkatkan respon throtel di semua RPM, dan meminimalisasi efek ngelitik (detonation). Desain Mesin TSCC memang merupakan jawaban atas perkembangan teknologi klep dalam dapur pacu, pada perkembangannya desain TSCC dipadu juga dengan teknologi DOHC. Sejauh ini (IMHO) TSCC merupakan salah satu desain Terbaik untuk motor yang memiliki 4 klep per silinder !!

OK, jelas, tujuannya (TSCC) untuk membuat turbulensi (kembar-red) campuran bahan bakar. (Turbulensi kembar ini membuat proses pembakaran) lebih homogen, lebih mudah terbakar, lebih bertenaga !!
Yamaha dan Honda cuma satu turbulensi, berkeliling lateral(horizontal) . Kalau suzuki ini radial (vertikal), dua lagi !!!
Plus Thunder 250 memiliki 2 lubang knalpot yang membuat kecepatan aliran gas buang lebih cepat dibanding 1 lubang knalpot besar dan saat klep ovelap akan meningkatkan efek TSCC, yang muaranya akan dapat sedikit membantu peningkatan performa karena kurva powerband bisa dapat halus (mulus) pun range power rpm-nya bisa Lebar.
Oleh karena itu, terlepas dari harga spare partnya Suzuki ini yang cukup tinggi dan agak sulit dicari. Ane masih sangat merekomendasikan motor ini sebagai motKas yang memiliki Value yang cukup tinggi . . . apalagi harganya sudah mulai sangat terjangkau saat ini.

Jadi buat yang punya Suzuki Thunder GSX 250 ini emang kudu bangga, karena termasuk motor canggih yang melebihi jamannya, disaat Honda dan Yamaha masih memasangkan teknologi jadul di mesinnya, Tapi Suzuki justru memasangkan mesin yang tergolong powerfull tahun 1999-2005. Bisa dibilang Thunder 250 ini mesin unggul tapi baju jadul...emoticon-I Love Indonesia (S)
Populasinya memang jarang sekarang di Indonesia, dulu yang punya motor ini dianggap orang kaya lho gan, karena harganya waktu itu 1999-2005 diatas 20jtemoticon-Cape d... (S)
Kabarnya sih top speed motor ini dalam kondisi sehat dan standard mampu digeber maximal 150km/h untuk yang versi CBU 1999-2002, sedangkan untuk versi CKD 2003-2005 hanya mampu mentok 130 an km/h. Hal itu karena dibatasi oleh limiter pada CDI-nya, tetapi yang bikin joss pada motor ini adalah akslerasinya mulai dari 0-120 km/h lebih cepat dan gesit daripada Kawasaki Ninja 250R, tetapi pada rpm atas bisa disalip deh sama Ninja 250 twin. Dan banyak orang yang mengira kalo mesinnya itu 2 silinder karena ada 2 pipa lubang knalpot keluar dari mesinnya. Padahal cuma 1 silinder, tapi 4 klep SOHC.

Sejarah Perjalanan Suzuki Thunder di Indonesia
stripping dan warna terakhir thunder 250 tahun 2005
Sejarah Perjalanan Suzuki Thunder di Indonesia
Sejarah Perjalanan Suzuki Thunder di Indonesia




Update I = page 1
Update II = page 1
Update III = page 1
Update IV = page 1
Update V = page 6

Diubah oleh jawamotorsport 05-08-2015 06:57
feraldi2001
BlueGuy.Banci
Feraldi.Noval
Feraldi.Noval dan 4 lainnya memberi reputasi
5
104.5K
252
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan