Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Dik Dik — Hewan ini Memiliki Wajah Seperti Ilusi Optik

Dik Dik — Hewan ini Memiliki Wajah Seperti Ilusi Optik

Beberapa hewan di muka bumi kadangkala terlahir dengan bentuk yang sedemikian rupa. Bentuk ini tercipta karena proses evolusi yang panjang dari suatu spesies organisme untuk menciptakan keturunan yang tahan terhadap perubahan lingkungan. Oleh sebab itulah beberapa makhluk hidup membentuk wujud sedemikian rupa agar mampu bertahan terhadap dinamika yang terjadi pada habitatnya. Jadi beberapa hewan yang memiliki bentuk dan rupa yang aneh sebenarnya merupakan hewan yang paling perfect dan berhasil survive dari perubahan lingkungan dengan cara membentuk adaptasi morfologi tersebut.

Salah satu spesies endemik di Afrika yaitu Dik-Dik adalah suatu contoh adaptasi morfologi yang paling unik. Hewan ini menciptakan bentuk wajah seolah-olah menampilkan ilusi optik. Akibatnya hewan ini tampak terlihat seperti bermata empat. Padahal organ yang menyerupai mata tersebut bukanlah alat bantu untuk visualisasi melainkan organ lain yang berfungsi spesifik. Penasaran seperti apa penjelasan mengapa Dik-dik memiliki wujud wajah ubik seperti ini, mari kita cermati pada thread kali ini!


Dik Dik — Hewan ini Memiliki Wajah Seperti Ilusi Optik

Dik Dik merupakan salah satu spesies antelop kecil yang spesifik terdapat di Afrika. Dibandingkan antelop jenis lain, Dik Dik memiliki perbedaan mencolok yang terdapat pada wajahnya yakni adanya organ lain di bawah mata yang menyebabkan wajahnya tampak menimbulkan ilusi optik. Organ ini padahal tidak berfungsi untuk membantu pengelihatan, namun karena berada dengan mata, organ ini seolah-olah membuat Dik Dik tampak seperti antelop bermata empat.

Jadi organ apakah yang terdapat tepat dibawah matanya ini?. Organ ini adalah organ yang berfungsi mensekresikan cairan untuk menandakan teritory. Dengan sekresi cairan tersebut, antelop lainnya akan menyadari adanya kehadiran antelop di sekitar lokasi sehingga alat ini bisa menjadi media komunikasi antar antelop. Jadi organ yang berada tepat di bawah matanya ini sebenarnya bukan salah satu indera penting.

Dik Dik — Hewan ini Memiliki Wajah Seperti Ilusi Optik

Penamaan Dik-Dik sendiri sebenarnya bukan berasal dari kepercayaan masyarakat sekitar melainkan dari bunyi "Dik-dik" yang dihasilkan oleh antelop ini. Ketika berkomunikasi dengan sesama atau terancam predator, antelop ini mampu menghasilkan bunyi seperti "Dik-dik" yang lumayan keras untuk ukuran tubuhnya yang mungil. Terkadang antelop ini juga dapat bersiul menghasilkan suara melengking. Peneliti percaya bahwa variasi dari tiap-tiap bunyi yang dikeluarkan antelop ini memiliki penafsiran yang berbeda-beda.

Meskipun hewan ini umumnya hanya menghasilkan bunyi Dik-Dik, tiap-tiap bunyi Dik-Dik memiliki berbagai macam variasi yang cara penggunaannya berbeda-beda bergantung dengan konteks yang di maksud. Jadi hewan ini dapat menginterpretasikan suatu maksud dengan cara menghasilkan bunyi Dik-Dik yang spesifik. Bunyi ini masih terus diteliti oleh para wildlife-scientist untuk mengungkap arti dari tiap-tiap bunyi Dik-Dik yang dihasilkan.

Dik Dik — Hewan ini Memiliki Wajah Seperti Ilusi Optik

Sejauh ini Dik-Dik hanya ditemukan di Afrika Timur dan Selatan. Dik-Dik mengandalkan padang rumput sebagai habitat utamanya. Hewan ini merupakan hewan herbivor yang mengandalkan rumput sebagai makanan utamanya sehingga hewan ini selalu berpindah-pindah untuk menemukan padang rumput yang layak untuk di makan. Ukuran Dik-dik yang lebih kecil dibanding antelop lainnya sebenarnya hasil adaptasi terhadap lingkungan yang gersang dan minim air.

Dik-dik diketahui memiliki sistem metabolisme mirip seperti unta dimana hewan ini mampu cumiatan urinnya agar tidak banyak air yang terbuang dari proses ekskresi. Selain itu hewan ini juga memiliki kelenjar keringat yang jumlahnya sedikit agar mengurangi evaporasi cairan akibat pancaran sinar matahari. Selain itu ukuran tubuhnya juga telah berevolusi semakin kecil yakni berukuran 50-70 cm saja agar dapat mengurangi energi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.


Dik Dik — Hewan ini Memiliki Wajah Seperti Ilusi Optik

Itu dia Dik Dik selaku antelop kecil yang memiliki bentuk wajah spesifik. Bentuk wajah yang unik ini rupanya tercipta akibat organ khusus yang terdapat tepat di bawah matanya. Organ ini berfungsi mensekresikan cairan penanda teritory agar antelop lainnya bisa mengetahui keberadaan sesama antelop. Selain itu cara hewan ini menandai territory juga terbilang sangat unik yakni dengan cara mencolok-colokan objek pada organ di bawah matanya tersebut.


Sumber : Disini
fathroni
nobodysnafkin
soepudin395180
soepudin395180 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.7K
87
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan