Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Pengusaha Ini Naik Motor Listrik dari Jakarta ke London


Jakarta -

Roman Nedielka, seorang konsultan manajemen dan pengusaha yang tinggal di Indonesia berkeliling dunia menggunakan sepeda motor listrik. Roman yang sudah melintasi Asia dan Eropa, kini tiba di London dengan motor listriknya.

Perjalanan Roman dengan motor listriknya dimulai dari Jakarta pada Juli 2023 kemarin. Hingga saat ini ia telah menempuh 23.000 km atau lebih dari separuh dari target perjalanan yang ditetapkan untuk keliling dunia.

Perjalanan ini telah melintasi berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Laos, China, Kazakhstan, Azerbaijan, Georgia, Turki, Bulgaria, Serbia, Hungaria, Slovakia, Czechia, Austria, Jerman, Perancis hingga akhirnya tiba di Inggris.


Dari Inggris, Roman masih akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, Australia, Timor Leste, dan kembali ke Indonesia. Rute yang ditempuh Roman dinilai sebagai bukti motor listrik bisa digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

"Perjalanan ke London membuat saya semakin percaya dengan potensi dan kemampuan sepeda motor listrik. Semoga perjalanan ini dapat mengajak lebih banyak orang untuk bersama-sama mengambil langkah berani dalam mendukung pengembangan kendaraan yang lebih berkelanjutan," ujar Roman dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023).

Pria asal Slovakia yang sudah 6 tahun menetap di Indonesia ini mengatakan menjaga kondisi fisik penting dilakukan agar bisa menuntaskan perjalanan touring keliling dunia tersebut. Sebelum berangkat, Roman sudah melakukan persiapan dari segi asupan makanan, angkat beban, dan yoga.

Hal ini dilakukan sebab mengelilingi dunia dengan sepeda motor listrik bukan perkara mudah. Karenanya ia berpendapat sangat penting untuk terus menjaga kondisi fisik menghadapi berbagai iklim.


Selama perjalanan, Roma juga mengatakan banyak penduduk lokal di berbagai negara tertarik untuk berinteraksi dengannya. Namun bukan berarti perjalanan ini tidak memiliki kendalanya sendiri.

Roman mengaku tantangan sebenarnya dalam perjalanan ini terletak pada cuaca yang sering hujan, berangin, atau semakin dingin. Tantangan lainnya adalah semua administrasi yang diperlukan untuk menyeberang dengan sepeda motor melintasi berbagai negara yang memerlukan banyak dokumen dan persetujuan. Selain itu, di beberapa negara jalanannya sangat berlumpur atau berpasir.

Sebagai informasi, saat berkeliling dunia Roma mengendarai motor listrik Zero DSR/X yang diproduksi secara komersial dan tidak dimodifikasi. Karena aki sepeda motor lebih kecil dibandingkan aki mobil, maka dapat diisi melalui stop kontak standar, seperti halnya sepeda motor Roman.

Pengisian daya semalaman akan memberi Anda baterai terisi penuh setiap pagi. Selain itu, pengisian daya juga dapat dilakukan langsung dari colokan biasa di toko atau restoran, atau dari stasiun pengisian daya di negara yang sudah tersedia. Ada perbedaan antara pengisi daya di Asia dan Eropa, misalnya di Eropa harus punya kabel pengisi daya sendiri.

Berkat kerja keras dan fokus dalam kariernya, ia dapat melakukan perjalanan ini tanpa sponsor atau kebutuhan untuk memonetisasi kontennya. Hal ini untuk memastikan bahwa petualangan ini benar-benar otentik dan relevan bagi masyarakat.

detik.com
Diubah oleh pilotproject715 14-11-2023 17:09
odjay05
valkyr11
ushirota
ushirota dan 3 lainnya memberi reputasi
4
292
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan