Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Hidup Sehat Low-budget dan Tanpa Modal? Bisa Kok, Begini Caranya!
Hidup Sehat Low-budget dan Tanpa Modal? Bisa Kok, Begini Caranya!
Sumber Gambar

Hidup sehat tentu menjadi hal yang paling didamba-dambakan oleh banyak orang. Mungkin, di hari ini saat agan dan sista membaca thread ini kalian tidak menyadari betapa berharganya sehat itu. Tapi jika kita mau sedikit melihat orang-orang yang sedang berjuang melawan penyakit atau orang-orang dengan masalah kesehatan lainnya, maka kita akan sadar betapa berharganya sehat itu.

Kesehatan kita tergantung dengan pola dan gaya hidup kita. Mungkin jika membayangkan pola hidup sehat, yang terlintas di kepala adalah makan makanan sehat seperti buah segar, sayuran, daging dan lain-lain. Atau olahraga rutin ke gym, membakar lemak dan lain-lain. Well, hal-hal tadi masih terasa mahal dan tak terjangkau bagi sebagian orang.

Tapi pada kenyataannya, menerapkan pola hidup sehat tak semahal dan tidak seribet itu kok. Kita bisa mulai dari cara yang paling sederhana bahkan tanpa modal biaya. Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan TS, ada satu cara hidup sehat dengan sederhana.

Hidup Sehat Low-budget dan Tanpa Modal? Bisa Kok, Begini Caranya!
Sumber Gambar

Cara yang ingin TS bagikan adalah mengelola stress dengan baik. Stress menurut TS adalah kondisi mental atau emosional seseorang yang merasa tertekan terhadap hal di sekitarnya yang dirasa menjadi beban. Tekanan dari pekerjaan, keluarga atau tugas-tugas menumpuk bisa jadi pemicu stress. Nah, kita perlu mengelola stress dengan baik.

Nah, gimana sih caranya mengelola stress dengan baik?

Untuk bisa mengelola stres kita bisa memulainya dengan berpikir positif. Berpikir bahwa kita bisa melalui masalah apapun yang menghadang kita. Percaya bahwa semua hal berat pasti akan terlewati. Dengan begitu, kita akan bisa lebih santai. Kemudian jika sudah santai, cari cara untuk menyelesaikan masalah atau pekerjaan. Bila perlu minta bantuan teman.

Ya, mungkin bagi sebagian orang berpikir positif dan menenangkan diri tidaklah mudah. Jika dirasa sulit, maka cobalah untuk keluar sejenak. Refreshing dan berjalan-jalan secukupnya, hirup udara segar dan berbicara dengan beberapa teman. Siapa tahu teman kita bisa membantu.

Hidup Sehat Low-budget dan Tanpa Modal? Bisa Kok, Begini Caranya!
Sumber Gambar

Dengan berjalan ke luar, akan ada banyak referensi dan sudut pandang yang mungkin bisa membantu kita untuk melihat segala permasalahan dengan lebih santai. Kemudian pikirkan penyelesaiannya dan tidak meninggalkan tanggung jawab.

Oh iya, melakukan hobi atau hal-hal menyenangkan juga bisa menjadi salah satu obat untuk meredakan stres. Melakukan hal menyenangkan dan menghibur diri tidak ada salahnya. Jika kita senang, maka tubuh akan mengeluarkan hormon-hormon yang membuat mood menjadi lebih baik seperti dopamin, serotonin dan endorfin. Sehingga stres kita akan mulai teratasi.

Sedikit cerita dari TS yang pernah mengalami stress lumayan berat. Stress yang TS rasakan itu sampai sekitar hampir satu bulan dan kadang sudah hilang, masih suka stres lagi. Yang terjadi adalah badan TS menjadi semakin kurus, pipi menjadi lebih tirus dan berat badan pun menurun. Dari situ TS sadar betapa ruginya bila kita berlarut-larut dalam stress. Pengalaman ini TS jadikan pelajaran untuk bisa mengelola stress dengan baik ke depannya dan menjalani hidup lebih santai.

Hidup Sehat Low-budget dan Tanpa Modal? Bisa Kok, Begini Caranya!
Sumber Gambar

Cara TS mengelola stres adalah dengan berpikir positif dan sedikit berpikir “masa bodo” tapi tetap tidak meninggalkan tanggung jawab. Mengurangi kebiasaan berpikir hal negatif tentang hal-hal di masa mendatang yang belum tentu terjadi. Hidup lebih santai dan sesekali melakukan hobi serta hal menyenangkan untuk menjaga mood tetap baik.

Berbeda dengan TS. Di luar sana ada yang merasakan stress berkepanjangan tapi malah gemuk. Pemicunya adalah pelampiasan stress mereka terhadap makan makanan yang membuat bobot mereka semakin bertambah hingga menjadi obesitas.

Jika stres berkepanjangan dan seakan tidak pernah usai, maka tidak ada salahnya juga jika kita minta bantuan kepada orang profesional seperti psikolog. Psikolog melakukan mentoring dan membantu kita untuk mengatasi stres yang sudah tidak bisa kita handle. Nah, kalau sudah begini maka akan keluar modal untuk konsultasi, maka sebelum keluar modal biasakan untuk kurangi stres ya teman-teman!

Hidup Sehat Low-budget dan Tanpa Modal? Bisa Kok, Begini Caranya!
Sumber Gambar

Sobat KasKus, masalah stres ini kerap dianggap remeh oleh beberapa orang padahal dampaknya ini bisa merugikan banget lho! Stres yang berkepanjangan bisa saja berlanjut menjadi masalah kejiwaan seperti depresi. Stres dan depresi ini dapat mendatangkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung hingga kematian dini. Saat stres kekebalan tubuh seseorang akan menurun. Membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit dan mengalami gangguan kesehatan lainnya.

Pola hidup sehat itu mungkin tidak semua orang bisa melakukannya dan perlu konsistensi. Tapi cobalah untuk memulainya dengan langkah terkecil dahulu. Sebatas mengelola stres, berpikir yang positif dan membahagiakan diri sendiri adalah satu langkah baik untuk menjalani hidup pola hidup sehat.

emoticon-2 Jempol

Tulisan, Opini dan Narasi Pribadi

Hidup Sehat Low-budget dan Tanpa Modal? Bisa Kok, Begini Caranya!

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
lalilulusan467
khususfilm
MemoryExpress
MemoryExpress dan 7 lainnya memberi reputasi
8
529
43
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan