ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Internet Cepat Buat Apa Sih?


Tampaknya pertanyaan legendaris ini masih segar di ingatan banyak orang. Berasal dari menteri komunikasi paling dicintai se Indonesia, kalimat tanya ini benar-benar membuat saya berpikir tentang betapa pentingnya internet bagi setiap orang di negara ini.

Menurut data dari Kominfo, orang-orang Indonesia paling banyak menggunakan internet untuk media sosial, hiburan, berita, belajar online, dan layanan publik. Orang-orang yang menggunakan internet untuk bekerja memang semakin meningkat setiap tahunnya, tapi mayoritas masih menggunakan internet sebagai hiburan.

Youtube, Tiktok, Netflix, aplikasi-aplikasi itu adalah penyedia hiburan terbesar saat ini dan untuk bisa menikmatinya dengan nyaman dibutuhkan akses internet yang memadai. Tak perlu terlalu mewah. Akses 4G saja sudah sangat mumpuni untuk memenuhi kebutuhan tersebut.



Saya pribadi malah merasa akan bagus jika internet di Indonesia diperlambat. Jika internet lambat maka bocah-bocah yang setiap hari cuma buka Tiktok akan merasa kesal dengan loading yang terlalu lama dan akhirnya akan meninggalkan Tiktok dan beralih ke hal yang lebih positif.

Internet super cepat biasanya digunakan untuk hal-hal yang membutuhkan koneksi Real-Time antara dua tempat yang berjauhan seperti Zoom meeting. Indonesia sudah pernah merasakan pahitnya hal itu saat masa Covid-19. Sekarang dengan Covid sudah terlewat Indonesia sebenarnya tak terlalu butuh internet super cepat (kecuali pandemi baru tiba-tiba muncul).



Apa yang paling Indonesia butuhkan adalah akses internet yang lebih merata. Ada banyak daerah yang sampai sekarang bahkan belum tersentuh internet dan tak sedikit juga daerah yang belum punya akses 4G. Apa gunanya Anda punya akses 5G di Jakarta tapi tak bisa menelepon orang di pelosok Papua sana?

5G bisa menunggu, tapi siapa sih yang tak ingin akses internet yang lebih cepat. Di era revolusi industri kita terus saja diperkenalkan dengan teknologi baru seperti IoT atau SmartHome. Segalanya menjadi serba digital dan serba praktis. Tentunya inovasi-inovasi baru seperti ini harus didukung oleh sinyal kencang dan bebas buffering. Tak akan ada ruginya jika kita satu langkah di depan.



Kita butuh internet super cepat, tapi sebaiknya disebar secara eksklusif. Internet 5G tak ada gunanya di tangan orang yang setiap hari hanya scroll sosial media, lebih baik berikan kepada Kominfo agar mereka bisa blokir situs bokep dengan lebih cepat.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
Diubah oleh ih.sul 18-11-2023 02:10
brucebanner23
Tonythompson94
azhuramasda
azhuramasda dan 9 lainnya memberi reputasi
8
1.3K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan