ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Kenapa sih Kita Nggak Bisa Damai Aja?


Perang, perang, dan perang. Satu kata yang tak bisa dipisahkan dari sejarah umat manusia. Tak peduli di waktu dan belahan Bumi mana pun, kelompok manusia terus saja mencoba menunjukkan superioritasnya dan mencari masalah dengan kelompok lain.

Awalnya perang tercipta karena kurangnya sumber daya. Kelompok-kelompok yang kekurangan sumber daya mencoba mendapat lebih banyak dan karena kelompok lain tak mau berbagi mereka pun akhirnya mencuri. Seiring jaman berkembang metode-metode seperti barter dan jual beli pun ditemukan, perang bisa ditekan, tetapi tak pernah bisa dilenyapkan.



Sebenarnya kenapa kita berperang? Di jaman dulu perang bisa dibenarkan karena ada pihak jahat yang memang harus dibinasakan, tetapi di masa modern yang mana demokrasi sudah jadi wajah semua negara, apa lagi alasan yang bisa digunakan?

Tak ada negara yang bisa disebut jahat maupun baik. Semua negara hidup dengan urusannya masing-masing dan berhubungan dengan negara lain bila memang perlu. Bahkan saat ini perserikatan bangsa-bangsa sudah ada demi menjalin kerja sama yang damai. Namun, perang tetap saja terjadi.

Israel dan Palestina. Rusia dan Ukraina. Entah apakah ini perang atau hanya pembantaian, rakyat sipillah yang selalu menjadi korban. Mengapa mereka harus berkorban? Apakah mereka benar-benar menginginkan hal semacam itu? Jika dibandingkan dengan hidup damai tanpa perlu khawatir besok akan mati, apakah mereka tetap memilih perang?



Jika Anda bertanya pada rakyat-rakyat Israel, Palestina, Rusia, dan Ukraina, saya yakin mayoritas di antara mereka lebih memilih damai. Namun, perang sudah berlangsung terlalu lama. Sudah terlalu banyak luka. Dendam dan kebencian sudah menumpuk dan terus membara. Tak akan mudah untuk memaafkan, apa lagi jika propaganda terus dikibarkan.

Pada akhirnya perang hanyalah sarana untuk melampiaskan ego kelompok-kelompok tertentu. Kenapa tak mau berdamai? Gengsi? Atau rasa sakit hati? Kenapa kita tak bisa berdamai saja? Pasti ada jalan yang lebih baik untuk menyelesaikan semua persoalan. Di saat-saat seperti ini yang perlu kita lakukan adalah menyingkirkan ego dan dendam lalu meraih masa depan.



Singkirkan perbedaan, berhentilah membunuh tanpa tujuan, lebih baik kita hidup dalam kerukunan. Sakit hati memang tak bisa diobati, tapi anak cucu kita jauh lebih berarti. Apa kita tega membiarkan mereka hidup menghirup debu dan mesiu? Tidak, kedamaian adalah kewajiban kita untuk mereka, untukku, dan juga untukmu.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
Diubah oleh ih.sul 15-11-2023 01:08
capung1
dori4d
jhon_fc
jhon_fc dan 13 lainnya memberi reputasi
12
1.6K
151
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan