ace_01Avatar border
TS
ace_01
Simak Gan! Kumpulan Modus Tipu-Tipu Ngincer OneKlik!


Waspada Modus Tipu-Tipu OneKlik



Eh, agan sista, gue punya cerita nih yang bikin bulu kuduk merinding. Gak bisa dipungkiri, zaman sekarang modus penipuan perbankan makin hari makin canggih aja. Dan nggak main-main, dulu sih mungkin cuma pake kartu kredit palsu, sekarang udah sampe pake metode cyber hacking yang canggih banget!

Nah, kali ini gue pengen cerita soal salah satu modus penipuan yang sering terjadi dengan berbagai macam jurus tipu dayanya. Modusnya, menggiring korban buat ngelakuin aktivasi OneKlik di BCA mobile.

Kalau lu belom tau, OneKlik itu adalah salah satu fitur kece dari BCA yang bisa bantu lu gampangin transaksi online cuman dengan satu klik. Lu bisa check out barang atau bayar top up e-wallet dengan gampang banget, asal ada kerjasama dengan merchant-merchant BCA.

Di sisi lain, banyak fraudster yang melakukan aksi tipu-tipu dengan berkedok OneKlik. Jadi, lu mesti ngerasa ekstra waspada supaya gak terperangkap dalam jebakan modus tipu-tipu mereka yang pengen bobol OneKlik.

Gue punya nih bocoran soal modus-modus berbahaya yang sering mereka pake buat ambil uang lu lewat aktivasi OneKlik di BCA mobile. Abis ini, gue bakal sharing tips-tips buat ngelak dari tipu daya para penjahat ini.

Pura-pura jadi pembeli toko online

Buat agan sista yang punya usaha, wajib banget hati-hati! Soalnya banyak modus penipuan OneKlik di mana pelaku pura-pura minat belanja atau checkout barang di toko online lo. Ada si oknum yang pura-pura banget tertarik sama barang jualan korban, trus ngajak ngobrol pake aplikasi chat, gitu loh.

Terus, dia cerita alasan kalo dia mau bayar pake OneKlik, dan minta nomer kartu ATM korban. Padahal, itu cuma alasan buat dia daftarin OneKlik di aplikasi toko online tanpa sepengetahuan si korban, loh.

Pas dia lanjut daftarin itu OneKlik, di HP si korban muncul notifikasi buat aktivasi OneKlik. Nah, tanpa disadari, dia bakal ngarahin si korban buat nyetel aktivasi di BCA mobile-nya si korban. Asli, harus waspada banget, sih! 💳📲👀

Pura-pura jadi CS (Marketplace atau Provider)

Ada lagi nih modus nyamar jadi customer service dari aplikasi marketplace terkenal (seperti Shopee, Tokopedia, Blibli.com dll). Mereka ngobrol lewat chat, terus nawarin poin Reward yang bisa lo tuker jadi duit tunai.

Tapi, lo harus cairin pake OneKlik, jadi mereka minta nomer ATM lo. Padahal, niatnya buat daftarin OneKlik di aplikasi belanja online tanpa lo sadar. Ya, situasi ekonomi emang susah, tapi kalo ada tawaran yang terlalu bagus buat jadi kenyataan, mending waspada, gan! Kalo kecolongan, rekening lo bisa kosong, bro.

Ada juga nih modus pura-pura jadi CS dari provider telekomunikasi. Mereka pakai akun "Official" dan logo provider di profil buat bikin korban percaya.

Trus, dia mulai akrab sama korban buat manipulasi emosi. Begitu korban udah terbujuk, dia ngomong, "Selamat, kamu menang poin reward buat bayar tagihan atau dicairin lewat OneKlik."

Terus dia minta nomer kartu ATM BCA buat "verifikasi poin," padahal tujuannya buat daftarin OneKlik tanpa sepengetahuan korban.

Modus jadi pelanggan joki

Bisa dibilang ini modus paling absurd. Sialnya, banyak bener yang kegocek begini-begini, terutama mahasiswa, ya. Si pelaku nyamar jadi klien yang butuh jasa buat joki skripsi, tugas akhir, ujian nasional atau bikinin makalah, gitu deh.

Dia ngomong kalo dia mau bayar jasa joki pake "transfer lewat OneKlik". Terus dia kirim gambar yang pura-pura dari aplikasi OneKlik, berisi formulir yang kudu diisi, kayak nomer kartu ATM dan nomer rekening yang bakal nerima duit.

Terus si penipu minta nomer kartu ATM korban. Abis itu, dia nge-bimbing korban buat aktivasi OneKlik.

Di HP korban, bakal muncul notif registrasi OneKlik. Notifikasi ini bakal ngarahin korban buat buka aplikasi BCA yang ada di HP-nya. Nah, si penipu bakal minta kode akses buat nyusun registrasi itu.

Setelah korban, tanpa sadar, berhasil nyalain OneKlik di aplikasi belanja online, si penjahat langsung nyedot duit dari rekening korban. Dia bakal transaksi pake metode pembayaran OneKlik dari HP-nya, tanpa korban sadar. Waspada, ya, jangan ampe kena jebakan kasih nomor kartu ATM BCA lo, ya! 💳📲🚫🔐

Tips anti kegocek jebakan Penipuan Aktivasi BCA OneKlik


Aktivasi OneKlik



Gue nggak pernah bosen buat ngingetin lo, orang terdekat, dan siapapun di forum ini: Please, jaga data pribadi kalian dengan baik, ya! 

Jangan pernah bagi-bagiin ke orang lain, apalagi yang gak lu kenal. Apalagi yang data informasi sensitif kaya nomer kartu ATM, PIN, dan OTP, itu bisa jadi kunci buat para penjahat buat cekik rekening lu!

Kalau ada yang tiba-tiba nyerempet soal aktivasi OneKlik, jangan asal klik! Kalo nggak merasa kenal sama notifikasinya, cuekin, deh!

Kalo ada yang berani-beraninya nyoba nyolong data atau nyobain aktivasi OneKlik pake rekening lu, laporin ke Halo BCA di 1500888 secepat kilat! Dan jangan lupa, tetep update info soal modus-modus penipuan lain yang lagi marak di #AwasModus, biar tetep waspada! 💪🔐💡

Sampe ketemu di thread selanjutnya!
fengfu
sssandyad
azhuramasda
azhuramasda dan 29 lainnya memberi reputasi
30
16.2K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan