shekelAvatar border
TS
shekel
Israel Sebut Hamas Gunakan RS Indonesia sebagai Penyamaran
Jakarta, CNBC Indonesia - Israel menuding Hamas menggunakan Rumah Sakit Indonesia di Gaza untuk menyembunyikan markas operasinya di bawah tanah.
Dalam pernyataannya yang disiarkan langsung i24News, juru bicara militer Israel (IDF) Brigjen Daniel Hagari mengatakan markas Hamas berada di bawah sejumlah rumah sakit di Gaza, termasuk Rumah Sakit Indonesia di Gaza bagian utara. Dia pun membandingkan citra satelit area rumah sakit sejak 2010 di mana terdapat post Hamas di dekatnya.

"Mereka membangun rumah sakit di atas fasilitas teror mereka (Hamas)," katanya, dikutip Senin (6/11/2023).

Menurutnya, Hamas secara sistematis menggunakan rumah sakit sebagai bangunan untuk menyamarkan operasi mereka sekaligus 'perisai' apabila pasukan Israel melakukan serangan udara ke sana.

"Mereka (Hamas) tahu secara pasti jika Israel melakukan serangan balasan ke sana, maka akan mengenai rumah sakit," tuturnya.

Dia juga mengatakan Hamas mengambil bahan bakar dari rumah sakit dan menimbunnya di bawahnya.

Adapun, Rumah Sakit Indonesia merupakan merupakan satu-satunya rumah sakit operasional yang tersisa di bagian utara Gaza. Banyaknya jumlah korban luka memaksa rumah sakit untuk bekerja 50 kali lipat melebihi kapasitasnya karena kekurangan pasokan medis dan bahan bakar.

Menurut pernyataan yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan, rumah sakit terpaksa mengambil keputusan serius dengan mematikan generator utama karena kekurangan bahan bakar yang ekstrim dan hanya mengandalkan generator kecil di bawahnya hanya untuk menjaga ICU tetap berjalan.

Tentara Israel pada Minggu mengatakan serangan daratnya di Jalur Gaza telah membagi wilayah Palestina menjadi dua, dan serangan "signifikan" terus berlanjut dalam perang melawan Hamas.

Pasukan Israel "telah mengepung Kota Gaza... Sekarang terdapat Gaza selatan dan Gaza utara," kata juru bicara militer Daniel Hagari.

Baca: Muncul 'Hantu' Baru dari Perang Gaza: Resesi Global!
Pemerintah Hamas di Gaza melaporkan "pengeboman hebat" pada Minggu malam di sekitar beberapa rumah sakit di utara Jalur Gaza, tak lama setelah telekomunikasi terputus untuk ketiga kalinya.

Kementerian Kesehatan mengatakan lebih dari 30 orang tewas ketika Israel mengebom kamp pengungsi Al-Maghazi di Gaza tengah pada Sabtu malam.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...penyamaran/amp

7 oktober 2023 hari yang tak kan kulupa, begundal iblis hamas membantai orang orang Israel yang tak berdosa, dan menculik banyak orang untuk disiksa dan dibunuh.
bobulil
aldonistic
jakenesse
jakenesse dan 10 lainnya memberi reputasi
9
1K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan