Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
JK: Boikot Produk Israel Tak Mempan Hentikan Agresi di Gaza
JK: Boikot Produk Israel Tak Mempan Hentikan Agresi di Gaza

Minggu, 05 Nov 2023 12:25 WIB


Mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla (JK). (Antara Foto/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menilai memboikot produk Israel tidak akan ampuh dalam menghentikan agresi Israel di Gaza, Palestina.
Ia menyebut sejauh ini pun tidak ada produk Israel yang masuk secara langsung ke Indonesia. Kalau ada produk Israel yang masuk Indonesia, kata JK, biasanya melewati negara lain.

"Ndak mempan, apa sih yang kita mesti boikot Israel, barangnya juga tidak ada yang masuk, bisa masuk dari negara lain," kata JK usai menghadiri Aksi Bela Palestina di Monas, Jakarta, Minggu (5/11).

JK lantas mendorong persatuan negara-negara di dunia untuk mendesak Israel menghentikan tindakannya ke Gaza.

Ia menyebut kekejian Israel di Gaza haruslah dihentikan atas nama kemanusiaan. JK pun meminta Amerika Serikat untuk turut bergerak aktif.

"Karena mereka bisa menyerang begitu dengan bantuan Amerika kan, bantuan-bantuan negara-negara Eropa dan negara barat lain," ucap dia.

Pada kesempatan itu, JK menyarankan ke Presiden Joko Widodo untuk menggencarkan diplomasi atas nama kemanusiaan secara besar-besaran.

Pada Minggu (5/11) sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia menggelar Aksi Damai Bela Palestina.

Massa aksi menggelar long march di Jakarta, dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia kembali ke Monas. Aksi berlangsung sejak pukul 05.30 WIB hingga 10.00 WIB.

Selain JK, turut hadir pula Menlu Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid hingga Ketua DPR Puan Maharani.

Dalam sambutannya, Menlu Retno membacakan puisi yang menyerukan pembelaan atas Palestina. Kemudian, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid menyebut memperjuangkan kemerdekaan Palestina merupakan jihad konstitusi sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945.

https://www.cnnindonesia.com/interna...agresi-di-gaza

Gak mempan... gak mempan...

Diubah oleh Novena.Lizi 05-11-2023 09:42
odjay05
jiresh
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.1K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan