si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Toyota Kayoibako: Minivan Serba Bisa yang Desainnya Seperti Lemari
Quote:


Selamat berjumpa kembali di lapak otomotif yang sepi, biar tidak sepi dan terlihat angker, mari kita gelar tikar dan siapkan cemilan dulu Gan. Pada kesempatan kali ini, kita masih akan membahas acara Japan Mobility Show (JMS) yang akan berakhir 3 hari lagi. Ane menemukan desain minivan yang unik buatan Toyota, selain desain yang terlihat tidak lazim, mobil ini juga punya nama yang susah diucapkan. Yuk mari kita kenalan sama Kayoibako.

Nah kita mulai dari namanya yang agak susah diucapkan Gan, ternyata nama ini ada filosofinya. Mengutip artikel resmi Toyota Global, Kayoibakoberarti kotak untuk membawa barang, terutama suku cadang. Menurut pandangan Toyota, mobil ini cocok digunakan untuk mengantar barang. Dalam beberapa ilustrasi yang mereka berikan, mobil ini sering ditampilkan dengan barang-barang yang berada di dalam kabinnya.

Tetapi secara luas, selain untuk mengantar barang, Toyota menyebut mobil bertenaga listrik ini bisa digunakan untuk keperluan pribadi atau untuk mendukung keperluan usaha seperti berjualan makanan. Toyota juga menyebut, Kayoibako dibuat untuk membebaskan pemiliknya bermobilitas, entah bekerja atau bersenang-senang.

Nah, bicara soal desain ini memang unik Gan, mobil ini memakai kaca belah. Antara kaca utama yang lebar dan kaca kedua yang lebih kecil, dipisahkan oleh pilar atau kita sebut sekat yang berwarna putih. Jadi kaca utamanya punya desain sedikit melengkung ke belakang. Lampu depan memakai LED berwarna putih dengan tulisan Toyota yang bisa menyala. Untuk lampu belakang berwarna merah dengan desain vertikal yang memanjang ke bawah, juga ada tulisan Toyota yang bisa menyala di bagian tengah. Bagian depan dan belakang memakai desain lekukan yang menonjol, dilihat dari depan mobil ini seperti punya dagu.

Quote:


Mobil ini dibuat rendah dengan kaca samping dan belakang dibuat agak tinggi. Namun, akses kelar masuk mobil ini lega Gan. Secara keseluruhan mobil yang tampil di JMS rata-rata punya akses keluar masuk yang sangat lega. Pintu akses pengemudi tetap membuka ke samping, sementara akses pintu belakang memakai desain geser ke belakang. Dan kalau kita perhatikan secara teliti lagi, mobil ini desainnya sekilas seperti lemari emoticon-Big Grin

Seperti kebanyakan konsep mobil listrik yang hadir di JMS, Kayoibako juga sudah dilengkapi kabin dengan instrumen full digital. Nah, ternyata sekat yang memisahkan kaca mobil ini, pada bagian dalamnya ditempelkan layar informasi dengan bentuk memanjang. Serta satu layar kecil di samping setir. Oh ya bentuk setirnya sudah memakai setir model pesawat.

Untuk spesifikasi dimensi dari Kayoibako adalah sebagai berikut:

Panjang/Lebar/Tinggi: 3.990/1.790mm/ 1.855 mm

Bagian Dalam (Interior): Panjang/Lebar/Tinggi – 3.127/ 1.485 mm/1.436mm
Jarak Sumbu Roda : 2.800 mm


Quote:


Sejauh ini Toyota belum menyebutkan spesifikasi lengkap dari Kayoibako, seperti misalnya berapa daya baterai yang digunakan. Di sisi lain, Toyota mengatakan mobil ini bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Misalnya dipasangi rak untuk membuat toko keliling atau warteg keliling (seperti sinetron Indosiar).

Pada bagian kabin belakang juga bisa dipasangi tempat duduk tambahan, sehingga bisa digunakan sebagai shuttle bus. Sementara untuk penyandang disabilitas, Kayoibako bisa dimodifikasi dengan tambahan akses khusus untuk kursi roda.

Quote:


Minivan konsep ini desainnya memang nyaris kotak dan mirip lemari, tetapi dibalik desain yang seperti lemari, mobil ini menawarkan keserbagunaannya untuk mendukung mobilitas orang-orang di masa depan. Di sisi lain, Kayoibako lebih kecil dari van listrik Volkswagen ID Buzz yang sudah dijual saat ini. Lalu, apakah kelak si kecil ini bisa dipasarkan secara global seperti van listrik ID Buzz ? Nah, kalau pendapat Agan tentang Kayoibako sendiri bagaimana ? Jangan lupa nanti coret-coret di bawah, sampai jumpa emoticon-Cendol (S)



-------------




Referensi Tulisan: Toyota Global
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 05-11-2023 11:45
mancitybest
gepyan
mamduh1985
mamduh1985 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.2K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan