c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kenapa LG Tidak Membuat Console Game?





Sista dan agan sekalian, sudah pada tau belum sih kenapa LG gak bikin console game? Buat yang belum tau, ane akan jelasin nih alasan kenapa LG nggak ikutan ngeluarin console game seperti Playstation atau Xbox.

Menjadi produsen console game memang memiliki keuntungan yang besar dalam industri video game. Buat agan-agan yang suka main game di console, pasti agan-agan tahu deh bahwa game-game keren seperti yang ada di PlayStation, Xbox, atau Nintendo Switch itu dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar ini.

Salah satu keuntungan utama yang didapatkan oleh produsen console game adalah penjualan hardware-nya sendiri. Mereka mendapatkan keuntungan dari penjualan setiap unit console yang terjual. Misalnya, saat agan-agan beli PlayStation 5, sebagian dari uang yang agan-agan bayar itu masuk ke kantong Sony selaku produsen console tersebut.

Tapi itu nggak berhenti di situ aja, gan. Produsen console game juga mendapatkan keuntungan dari penjualan game-gamenya. Ketika agan-agan beli game original untuk dimainkan di console, sebagian dari uang itu juga masuk ke kantong produsen console. Ini juga salah satu alasan kenapa game original itu lebih mahal daripada yang bajakan, karena sebagian uangnya itu buat nge-support produsen console.



Selain itu, produsen console game juga bisa dapet duit dari royalti. Gimana caranya? Nah, saat ada developer game yang mau ngeluarin game buat console tertentu, mereka harus bayar royalti ke produsen console. Jadi setiap game yang sukses terjual, produsen console bakal dapet porsi royalti yang gede banget, gan.

Gimana, seru kan jadi produsen console game? Tapi tentunya nggak semudah membalikkan telapak tangan, sista. Produsen console harus punya tim yang besar dan beragam, mulai dari perancang, seniman, pemrogram, dan penguji. Selain itu, mereka juga perlu dana yang gede buat mengembangkan console dan merancang game-game keren.

Jadi, jangan heran kalau produsen console game punya keuntungan yang besar. Mereka nggak cuma jualan console aja, tapi juga dapetin duit dari penjualan game dan royalti. Makanya, mereka selalu berusaha ngeluarin console dan game-game terbaik buat memanjakan para gamers di seluruh dunia.



Pertama-tama, kita harus tahu dulu kalau LG sebenarnya udah punya posisi yang kuat di industri elektronik. Mereka terkenal dengan produk-produk keren seperti TV, smartphone, dan perangkat rumah tangga lainnya. Jadi, sebenarnya LG punya kapabilitas untuk bikin console game, tapi ternyata mereka nggak melakukannya.

Alasannya, salah satunya adalah persaingan yang keras di industri console game. Pasar console game udah didominasi sama brand-brand besar seperti Sony dan Microsoft. Nggak gampang buat masuk ke dalam pasar yang udah ketat seperti ini. Jadi mungkin LG berpikir bahwa lebih baik fokus di pasar yang udah mereka kuasai.

Selain itu, LG mungkin juga berpikir bahwa ngeluarin console game itu nggak masuk di core bisnis mereka. Kita tahu kan, mereka fokus di produk-produk elektronik seperti TV dan smartphone. Nggak ada salahnya fokus di bidang yang udah mereka kuasai daripada nge-riset dan ngembangin console game yang baru buat mereka.



Terus, bisa jadi juga LG mikirin biaya produksi yang nggak sedikit. Buat ngeluarin console game, mereka harus ngembangin hardware, software, dan konten game yang menarik. Semuanya butuh biaya yang nggak sedikit. Jadi mungkin mereka berpikir bahwa investasi untuk bikin console game itu terlalu besar dan nggak sebanding dengan keuntungan yang bisa didapatkan.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa LG nggak bikin console game. Kita harap dengan penjelasan ini bisa mengobati kekecewaan agan-agan yang mungkin berharap LG ikutan bersaing di dunia console game. Tapi tenang aja, LG masih tetap berinovasi di industri elektronik lainnya kok. Jadi, kita masih bisa menikmati produk-produk keren dari LG yang udah terkenal itu. Semoga penjelasan ane bisa membantu ya. Keep gaming, agan-agan!

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star









mancitybest
1syarif
azhuramasda
azhuramasda dan 4 lainnya memberi reputasi
5
739
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan