Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Kapal Destroyer USS Carney Tembak Jatuh Tiga Rudal Jelajah di Laut Merah
Quote:


Belum redanya konflik Israel-Hamas telah menyebabkan ketegangan semakin meningkat di kawasan Timur Tengah, yang terbaru kapal destroyer USS Carney telah menembak jatuh 3 rudal jelajah serta beberapa drone di Laut Merah. Menurut laporan CNN, insiden penembakan itu terjadi pada hari Kamis (19/10/2023). Hal itu juga telah dikonfirmasi juru bicara Pentagon Brigjen Pat Ryder.

Dalam keterangannya kepada media, Ryder menyebut rudal itu ditembakkan dari Yaman oleh milisi Houthi yang dipersenjatai oleh Iran. Lebih lanjut, Ryder menyebut rudal serta drone yang ditembakkan tidak mengarah ke kapal USS Carney, tapi hendak diarahkan menuju Israel. Sebagai tambahan informasi, Houthi sendiri memiliki sejumlah drone dan rudal jelajah jarak jauh yang dklaim bisa mencapai Israel.

Ryder mengatakan insiden pada hari Kamis merupakan bentuk demonstrasi arsitektur pertahanan udara dan rudal terintegrasi yang dibangun AS di Timur Tengah, ia mengatakan AS siap menggunakannya kapan pun diperlukan untuk melindungi mitra dan kepentingan AS di kawasan penting tersebut. Tidak ada korban luka atau jiwa dari pihak AS saat melakukan pencegatan rudal jelajah dan drone milik Houthi.

USS Carney transit melalui Terusan Suez menuju Laut Merah pada hari Rabu (18/10/2023). Kedatangan kapal ini untuk membantu memastikan keamanan dan stabilitas maritim di Timur Tengah. Sebagai tambahan, USS Carney adalah salah satu kapal pengawal Gerald R. Ford Carrier Strike Group. Kelompok tempur kapal induk ini kini berada di kawasan Mediterania Timur untuk mencegah Iran dan proksinya terlibat konflik Israel-Hamas.

Quote:


Menurut TheDrive.com, USS Carney baru memasuki Laut Merah pada hari Rabu (18/10/2023) setelah transit melalui Terusan Suez dari Mediterania; sejauh ini US Navy belum mempublikasikan jenis rudal dan drone yang dicegat. Mereka juga tidak merinci jenis rudal yang digunakan untuk mencegat drone dan rudal tersebut. Di sisi lain, kapal destroyer ini punya kemampuan menembakkan berbagai rudal permukaan ke udara dari susunan cell Sistem Peluncuran Vertikal Mk 41 miliknya. Dugaan sementara, varian rudal yang dipakai adalah rudal permukaan ke udara SM-2.

TheDrive.commenyebut, USS Carney berada dalam konfigurasi 'Rota' yang unik untuk kapal perusak Kelas Arleigh Burke yang dikerahkan ke Eropa, konfigurasi ini mencakup pertahanan ekstra yang disesuaikan dalam bentuk SeaRAM dan kemampuan peperangan elektronik. Kapal tersebut juga dibekali sistem senjata jarak dekat Phalanx.

Quote:


Selain di Laut Merah, pada hari Rabu (18/10/2023) dua drone juga menargetkan garnisun al-Tanf di Suriah, tempat pasukan koalisi AS dan anti-ISIS bermarkas. Satu drone ditembak jatuh sementara drone lainnya lolos dan merusak pangkalan yang mengakibatkan cidera ringan pada pasukan koalisi. Pada pagi yang sama, di Irak, sistem peringatan dini mengindikasikan kemungkinan ancaman mendekati pangkalan udara al-Asad tempat personel AS ditempatkan. Tidak ada serangan yang terjadi, namun personel telah berlindung di tempat yang aman.

Pada hari Selasa (17/10/2023), pasukan AS bertahan melawan tiga drone yang terbang di dekat pasukan AS dan koalisi di Irak. Dua dari drone tersebut menargetkan pangkalan udara al-Asad, yang mengakibatkan cidera ringan pada pasukan koalisi. Di Irak utara dekat pangkalan udara Bashur, pasukan AS menyerang dan menghancurkan sebuah drone. Tidak ada kerusakan dan korban luka dalam serangan tersebut.

Sementara itu, kelompok milisi Hizbullah Lebanon dan Houthi Yaman telah mengancam akan ikut menyerang Israel, jika Amerika nekat terlibat dalam konflik Israel-Hamas. Di pihak AS, mereka juga telah memberi peringatan agar Iran dan proksinya tidak terlibat konflik Israel-Hamas. Untuk itu, mereka telah mengirim dua kelompok tempur kapal induk, yakni Gerald R. Ford Carrier Strike Group dan Eisenhower Carrier Strike Group ke Mediterania Timur. Setelah serangan rudal dan drone Houthi berhasil dipatahkan, kemungkinan serangan lanjutan masih akan datang. Dan sampai saat ini, situasi di kawasan tersebut masih belum stabil sementara ketegangan terus merambat.




-----------------





Referensi Tulisan: CNN& TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera
jlamp
gubtifaqih
hamas.pranowo
hamas.pranowo dan 7 lainnya memberi reputasi
8
909
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan