harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Viral Bayi Dikasih Makan SAMBEL PETE Pedas, Amankah Dikonsumsi Bayi?

Sumber Gambar

Makanan bayi sangat penting karena masa pertumbuhan dan perkembangan mereka yang cepat. Nutrisi yang tepat diperlukan untuk memastikan bahwa bayi mendapatkan semua zat yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang, otak, dan sistem imun yang sehat. Sehingga para orang tua perlu untuk memastikan makanan yang masuk ke anaknya.

Bayi membutuhkan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf. Zat-zat seperti DHA, zat besi, dan asam folat sangat penting untuk perkembangan otak mereka. Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk pembentukan tulang yang kuat dan sehat pada bayi. Kekurangan kalsium dan vitamin D dapat menyebabkan masalah pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi.

Makanan bayi yang adekuat memberikan mereka energi dan stamina yang diperlukan untuk belajar, bermain, dan tumbuh. Karbohidrat, protein, dan lemak menyediakan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari mereka. Makanan bayi yang sehat dan bergizi membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Nutrisi yang diperoleh dari makanan membantu tubuh bayi melawan infeksi dan penyakit.


Sumber Gambar

Dari sini kita bisa menilai betapa pentingnya peran makanan sehat kepada bayi. Karena memang bayi sedang dalam proses pertumbuhan yang memang membutuhkan banyak nutrisi. Jadi jangan sampai hal seperti makanan sembarangan malah membuat bayi menjadi terhambat proses pertumbuhannya.
Apalagi jika diberikan makanan-makanan yang kurang cocok untuk bayi.

Seperti yang sedang viral di sosial media beberapa waktu ini. Di mana alih-alih bayi diberi makanan sehat, justru bayi malah diberikan makan pakai sambel pete. Dalam video yang diposting di TikTok, tampak bayi berusia di bawah 3 tahun disuapi makan nasi dengan sambal pete yang biasa dimakan oleh orang-orang dewasa.

Akan tetapi, walau sambal identik dengan rasa cabai yang pedas, si bayi tampak tidak masalah dengan itu. Bayi tersebut tampak lahap makan nasi dengan sambel pete tersebut. Video viral itu sudah ditonton 10 juta orang di TikTok. Hal ini pun membuat banyaknya netizen berkomentar di video tersebut. Mereka merasa miris dengan bayi yang diberi makan sambal tersebut.

Konten Sensitif

Sumber Gambar


Menanggapi hal ini, seorang dokter yang juga konten kreator bernama dr. Nadia Alaydrus pun memberikan penjelasannya mengenai video yang beredar tersebut. Menurutnya memberikan rempah-remoah seperti jahe, kunyit dan bawang boleh saja diberikan pada bayi saat masa MPASI. Akan tetapi untuk cabai yang memiliki rasa kuat ada baiknya diberikan saat anak sudah lebih besar.

Bayi usia seperti di video dianggap masih beradaptasi dengan rasa makanan dan umumnya cukup sensitif dengan makanan berasa kuat. Memberi makanan pedas ke bayi juga bisa berdampak buruk pada kesehatan.. Makanan pedas untuk bayi dan balita bisa menyebabkan saluran pencernaan mengalami iritasi hingga menyebabkan asam lambung. Untuk itu, kita harus membiasakan makan sehait kepada bayi sedari kecil.


Sumber Gambar

Pengenalan makanan bayi yang sehat dan variasi dalam pola makan awal dapat membantu membentuk kebiasaan makan sehat di masa dewasa. Memperkenalkan berbagai jenis makanan pada saat yang tepat dapat membantu bayi menjadi pembelajar yang baik dalam memilih makanan dan mengembangkan preferensi yang sehat.
 
Penting untuk mencatat bahwa konsultasikan dengan dokter anak atau ahli gizi sebelum memperkenalkan makanan padat pada bayi Anda. Anak-anak memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda pada setiap tahap perkembangannya, dan persyaratan individu dapat berbeda.

emoticon-2 Jempol

Jadi gimana menurut kalian, bolehkah bayi atau balita diberi makanan pedas? emoticon-Bingung (S)


Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
screamo37
jagoannenon2023
bakwan.kemaren
bakwan.kemaren dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.1K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan