- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Jika Diproduksi Nanti, Toyota Rangga Concept Kemungkinan Pakai Mesin Ini


TS
slukblukoto
Jika Diproduksi Nanti, Toyota Rangga Concept Kemungkinan Pakai Mesin Ini

Toyota Rangga Concept merupakan salah satu mobil konsep yang kemungkinan besar akan diproduksi oleh Toyota dalam waku dekat. Mobil konsep ini sengaja dipamerkan di GIIAS 2023 dengan maksud mengembalikan pamor nama Rangga yang sebelumnya menjadi salah satu varian dari Kijang.
Dikarenakan nama Rangga sebelumnya menjadi nama lineup Kijang. maka Toyota sengaja memberikan nama tersebut terhadap mobil konsep yang sebelumnya dinamai IMV 0. Perlu di ingat bahwa pada awal kejayaannya, Kijang adalah salah satu kendaraan komersial, bukan sebuah MPV yang sekarang kita kenal dengan nama Kijang Innova.
Agar tidak jauh dari DNA Kijang zaman dulu, Toyota memang berencana untuk memproduksi Rangga Concept nanti dengan platform IMV yang merupakan platform yang sama digunakan oleh Kijang Innova RWD. Platform yang secara khusus di desain untuk mobil ladder frame Toyota tersebut memang dikenal tangguh dan sudah teruji sejak awal rilisnya tahun 2004 silam.
Lalu bagaimana dengan mesinnya? Berdasarkan keterangan dari salah satu perwakilan Toyota, Rangga Concept nantinya akan menggunakan mesin yang sudah digunakan oleh mobil-mobil berplatform IMV yang sudah beredar sebelumnya.
Diduga mesin yang akan digunakan ialah mesin seri GD dan seri TR yang memang banyak digunakan oleh mobil-mobil berplatform IMV seperti Kijang Innova, Hilux, dan Fortuner.
"Ada kemungkinan pakai mesin seri TR dan seri GD karena kedua mesin tersebut memang dirancang untuk mobil ladder frame dan sudah teruji penggunaannya dalam aktivitas komersial" ujarnya.
Jika kita ambil kalimat aktivitas komersial dari pernyataan tersebut, maka ada kemungkinan mesin yang akan digunakan ialah 1TR-FE dan 2GD-FTV yang sama digunakan oleh Hilux yang seringkali digunakan dalam aktivitas komersial.
Mesin 1TR-FE dapat menghasilkan tenaga sebesar 137 HP dan torsi sebesar 183 Nm. Walaupun ini termasuk mesin lama, namun sudah dibekali teknologi dual VVT-I dan lolos uji emisi Euro 4.
Sementara, mesin 2GD-FTV berkapasitas 2400 cc dapat menghasilkan tenaga sebesar 147 HP dan torsi sebesar 343,2 Nm. Tenaga besar tersebut dapat dihasilkan berkat peran Variable Nozzle Turbo (VNT) di dalamnya.
Walaupun sudah diberikan beberapa gambaran spesifikasinya, namun pihak Toyota masih belum mau membuka secara keseluruhan spesifikasi lainnya hingga waktu peluncurannya 2024 mendatang.





User telah dihapus dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1K
10


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan