iskrimAvatar border
TS
iskrim
Waspada Kebakaran Di Musim Panas, Lakukan Cara Ini Dirumahmu Agar Tetap Aman


Tidak disangka, musim panas sampai tulisan ini dibuat belum juga menurun intensitasnya apalagi pergi menjauh tapi justeru terasa semakin panas. Suhu panas sangat dirasakan seperti saya yang tinggal di perkotaan yang jelas-jelas hanya dilindungi oleh bangunan tinggi, bukan lagi pohon besar dan sejuknya angin berhembus melainkan polusi udara yang kian tebal.

Efek setelah musim panas berkepanjangan datang mulai dirasakan beberapa titik kekurangan persediaan air, perusahaan air mulai membagi jatah pelanggannya, air tanah mulai terbatas sehingga warga mulai mencari mata air baru, sebagian berdoa atau menebar garam agar hujan lekas datang.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah suhu yang panas menyengat ini berdampak pula pada resiko kebakaran. Kalau kita lihat diberita kebakaran terjadi dipemukiman padat yang kondisinya kurang menguntungkan seperti perkabelan yang menua dan kusut, bahan bangunan yang rentan terjadap suhu panas, membakar sampah dan reaksi panas barang-barang elektronik karena suhu meningkat tajam.

Saya jadi teringat himbauan pemerintah tentang cara bagaimana menjaga rumah agar tetap aman dari kebakaran terutama di musim panas terik seperti sekarang ini. Setahu saya ada beberapa poin penting yang harus kita ingat dan lakukan segera seperti:



Tidak meninggalkan kompor dalam keadaan menyala meskipun hanya sebentar (tapi habis itu seringnya kelupaan), jangan membakar sampah atau puntung rokok dalam keadaan bara masih menyala terlebih berdekatan dengan pemukiman, cabut semua colokan listrik yang masih tertancap di terminal listrik, matikan semua barang eletronik (cabut juga kabelnya) jika tidak dipakai atau rumah akan ditinggalkan dan awasi anak bermain dengan api atau menyebakan timbulnya api.

Beberapa poin penting ini sebaiknya diingat benar oleh kita dan semua warga. Tujuannya jelas agar rumah tetap aman, hemat, dan terhindar dari bahaya kebakaran. Untuk informasi penting seperti pemadam kebakaran kamu bisa menghubungi nomor telepon 112 (Nasional), (021) 7515054, (021) 7694519, Pos pemadam kebakaran terdekat, atau satgas resmi yang ditunjuk oleh pemerintah.



Tidak ada manusia yang ingin mendapat kemalangan atau musibah yang merugikan dirisendiri dan orang lain selama itu belum terlambat maka ingatlah dan lakukan perintah beberapa poin diatas tadi. Share juga ke keluarga dan orang yang kamu kenal, semoga bermanfaat. Aamiin.






Thread © 2016 - 2023 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 


Diubah oleh iskrim 17-10-2023 10:43
gaygene
fathroni
fathroni dan gaygene memberi reputasi
2
651
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan