CrouchingTigerAvatar border
TS
CrouchingTiger
Penipuan Berkedok OneKlik Makin Marak, Waspada Terus GanSis!


Halo, GanSis! Apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan baik, yes. Jumpa lagi nih sama ane di forum tercinta kita, Hansip Hoax! Seperti biasa, ane mau bahas terkait dengan modus-modus penipuan yang ngincer OneKlik sebagai sarananya. Menurut ane ini kudu disounding nih ke Agan Sista semua karena berbahaya!

Jadi, ada oknum yang sengaja memanfaatkan OneKlik buat melakukan penipuan. Ada beberapa modus yang biasa mereka pake. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sengaja Nyamar Jadi Customer di Online Shop

Yes, modus pertama yang biasa digunakan adalah, pelaku sengaja pura-pura buat jadi pembeli atau customerdi online shop. Biasanya, mereka bakalan pura-pura naksir barang yang dijual sama korban. Abis itu, pelaku bakal melanjutkan aksinya dengan berkomunikasi via aplikasi chat

Nah, pas kelar dengan tawar menawar, biasanya si pembeli gadungan ini bakal bilang pembayarannya menggunakan OneKlik. Dengan alasan tersebut, si pelaku ini bakal minta nomor rekening dan nomor kartu ATM BCA si korban. 

Kalo udah nih, si pelaku bakalan pake data itu buat registrasi OneKlik di aplikasi lain tanpa sepengetahuan korban, terus kalo notifikasi aktivasinya udah muncul di HP korban, si pelaku bakalan menuntun korban buat aktivasi di BCA mobile. Hih, serem banget!

2. Nyamar Jadi Customer Service Provider Telekomunikasi

Cara lain yang emang sering banget dipake buat penipuan tuh dengan nyamar jadi customer service dari provider perusahaan telekomunikasi terkenal. Cara mereka meyakinkan korbannya tuh dengan mencantumkan embel-embel ‘official account’ di nomor atau di profile mereka, plus kasih profile picture logo provider itu.

Pelaku biasanya bakalan melancarkan tipuannya dengan menyebut bahwa si korban mendapatkan poin reward dari provider tersebut, dan buat alasan melakukan verifikasi, pelaku bakal minta data, termasuk nomor kartu ATM BCA, padahal ya data yang dikasih ujung-ujungnya buat dipake registrasi OneKlik di online shop. Lagi-lagi, kalo nanti udah muncul notifikasi di hp korban, ya pelaku bakalan tuntun korban buat aktivasi, deh.

3. Jadi Customer Service Aplikasi Online Shop

Yang terakhir, ada juga pelaku yang menyamar jadi customer service dari online shop terkenal. Biasanya, mereka akan beraksi dengan mengiming-imingi si korban dapet poin reward yang bisa buat dicairkan. Lagi-lagi, dengan alasan buat mencairkan atau menguangkan point reward yang didapat, mereka bakal minta nomor kartu ATM BCA korban, dan melancarkan aksinya sama seperti dua modus sebelumnya. 

4. Menyamar Jadi Pelanggan Joki

Yang terakhir yang lagi marak, pelaku menyamar menjadi pelanggan joki skripsi atau tugas akhir. Dengan dalih untuk membayar jasa joki pakai OneKlik, pelaku akan mengirimkan image screenshot yang dibuat seolah-olah dari aplikasi OneKlik. Biasanya, gambar yang dikirimkan bakal berisi form data yang harus diisi, dan sudah jelas di dalam image palsu itu bakal diminta nomor kartu ATM dan nomor rekening penerima.

Memang canggih bener deh para penipu ini. Ada aja caranya buat ngambil keuntungan dari orang lain. GanSis harus tahu nih tips keamanannya biar terhidar dari tipu-tipu seperti ini.

Terus, Gimana Sih Supaya Terhindar dari Tipu-tipu Berkedok OneKlik?

Ane punya tips nih buat GanSis supaya kalian bisa terhindar dari penipuan berkedok OneKlik! Gampang banget, kok. Caranya, kalian harus menjaga kerahasiaan data pribadi kalian, dan ini termasuk nomor kartu ATM, PIN dan OTP. Jangan pernah kasih data tersebut ke siapapun, ya!

Kalau misalnya nih, ada notifikasi aktivasi OneKlik dan GanSis gak merasa melakukan transaksi apapun, kalian wajib waspada, ya! Mending langsung aja cek info selengkapnya di sini!

Jadi, hati-hati ya GanSis! Jangan sampe terjerat modus kayak gini! Semoga kita semua bisa terhindar dari segala modus-modus penipuan yang berbahaya ya, GanSis!

Diubah oleh KaskusKreator 13-10-2023 07:36
pecintafemdom
rumput14ut
dumpsys
dumpsys dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.8K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan