jpokbossAvatar border
TS
jpokboss
Apa itu Antam? Sertifikasi emas?

Apa Itu Antam



Antam , maksud penuhnya adalah PT Aneka Tambang Tbk, adalah sebuah perusahaan milik negara di Indonesia yang bergerak dalam bidang pertambangan logam seperti emas, perak, dan beberapa mineral lain. perusahaan ini berdiri pada 5 Juli 1968 dan masuk dalam BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dalam kategori Pertambangan dan Industri Dasar & Kimia. Bagian emas dalam operasinya sendiri adalah yang paling terkenal dan banyak ditargetkan oleh investor.

Dalam produksi emasnya, Antam menghasilkan emas dalam bentuk logam mulia yang dijual dalam bentuk batangan atau koin dengan berbagai ukuran mulai dari 0,5 gram hingga 1 kilogram. Kualitas emas Antam juga telah diakui secara internasional dengan mencapai kemurnian 99,99%. Tingkat kemurnian ini berarti bahwa dalam setiap 1000 bagian, 999,99 bagian adalah emas murni.

Selain di toko Antam sendiri, emas Antam juga dapat ditemukan di berbagai toko emas dan juga Pegadaian. Hal ini membuat emas Antam mudah ditemukan dan dijual belikan oleh masyarakat, sehingga mendapatkan predikat sebagai simpanan yang likuid. Berbeda dengan properti dan saham yang memerlukan proses yang cukup panjang untuk bisa menjual dan mendapatkan uangnya, emas Antam bisa dijual kapan saja jika diperlukan.

erbandingan dengan UBS Gold



UBS Gold adalah perusahaan yang berasal dari Swiss dan merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan dan penjualan emas murni. Dalam melakukan transaksi, UBS Gold berfokus pada penjualan emas dalam bentuk batangan. Sementara itu, dalam hal kemurnian, emas batangan UBS Gold pun memiliki kadar kemurnian 99,99%, sama dengan Antam.

Meski sama-sama memiliki kadar kemurnian yang tinggi, terdapat beberapa perbedaan antara emas Antam dan UBS Gold. Salah satunya adalah asal emas. Emas Antam merupakan hasil tambang dari Indonesia sementara emas UBS Gold merupakan hasil tambang dan penjualan batangan dari perusahaan di Swiss. Hal ini mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa investor, terutama jika mereka memiliki preferensi khusus tentang asal emas.

Selain itu, distribusi kedua emas ini juga berbeda. Seperti yang telah disebutkan, emas Antam mudah didapatkan di berbagai toko emas dan Pegadaian di Indonesia. Sementara emas UBS Gold lebih banyak didistribusikan di pasar internasional dan lebih sulit untuk ditemukan di Indonesia.

Pemahaman Umum tentang Antam Sebagai Sertifikasi Emas Batangan



Tidak jarang ada salah pengertian di masyarakat tentang Antam. Banyak yang beranggapan bahwa Antam adalah sebuah sertifikasi untuk emas batangan, padahal Antam itu sendiri adalah sebuah merk atau nama brand perusahaan yang memproduksi emas batangan tersebut. Dengan kata lain, Antam itu lebih merujuk pada merk dari emas batangan tersebut, bukan sertifikasi. Sertifikasi emas batangan biasanya dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang dan internasional, seperti London Bullion Market Association (LBMA).

Ada banyak merk atau brand emas batangan yang beredar di pasaran dan telah diakui secara internasional. Salah satunya adalah UBS Gold yang telah disebutkan sebelumnya. UBS Gold merupakan merk dari perusahaan keuangan Swiss, UBS. Mirip dengan Antam, UBS Gold menghasilkan emas batangan dengan kadar kemurnian emas mencapai 99,99%. Antam dan UBS Gold sama-sama memiliki reputasi yang baik dan diakui secara internasional.

Perlunya memahami hal ini adalah untuk mengelakkan kekeliruan dan miskonsepsi tentang investasi emas batangan. Meskipun Antam dan UBS Gold adalah merk yang sudah terpercaya dan diakui, sebagai investor, kita juga perlu memahami kelebihan dan kekurangan dari setiap merk tersebut. Selain itu, penting juga untuk mengetahui latar belakang dari merk tersebut, apakah mereka juga menghasilkan emas sendiri atau hanya merakit ulang emas yang dibeli dari produsen lain. Hal ini karena bisa mempengaruhi kualitas dan harga dari emas tersebut.
yudiono.albert
kubelti3
sedikitkurus
sedikitkurus dan 8 lainnya memberi reputasi
9
408
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan