Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

medievalistAvatar border
TS
medievalist
Jokowi Usulkan Anak-anak Megawati Jadi Ketum, PDIP Jadi Perusahaan Keluarga?
Jokowi Usulkan Anak-anak Megawati Jadi Ketum, PDIP Jadi Perusahaan Keluarga?
"Tersedia banyak kader muda. Ada Mbak Puan (Maharani), Mas Prananda (Prabowo)," tutur Jokowi.

Kamis, 05 Oktober 2023 | 13:12 WIB

Jokowi Usulkan Anak-anak Megawati Jadi Ketum, PDIP Jadi Perusahaan Keluarga?
Presiden Jokowi bersama Megawati Soekarnoputri beserta elit PDIP di Rakernas IV PDIP, Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). (Suara.com/Bagaskara)

Suara.com - Presiden Jokowi tanggapi usulan agar dirinya menjadi Ketum PDI Perjuangan. Ia menegaskan, tidak berencana menjadi ketua parpol dan memilih untuk pensiun di Solo usai masa jabatannya sebagai presiden habis.

Uniknya, Jokowi justru mengusulkan agar generasi yang lebih muda memimpin PDIP daripada dirinya.

"Tersedia banyak kader muda. Ada Mbak Puan (Maharani), Mas Prananda (Prabowo)," tutur Jokowi, merujuk kepada dua anak dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Puan Maharani menjabat sebagai Ketua DPP PDIP, sementara Prananda menangani Bidang Ekonomi Kreatif di DPP PDIP untuk periode 2019-2024.

Jika usulan ini terwujud, PDIP semakin menahbiskan diri sebagai partai yang dikuasai keluarga Megawati. Hal ini pernah disinggung oleh pakar politik dari FH Universitas Andalas, Feri Amsari.

Menurut dia, partai politik di Indonesia bukanlah partai sejati karena beberapa hanya dikuasai oleh sekelompok orang atau bahkan keluarga satu trah.

Ia berpendapat, parpol di Indonesia mirip perusahaan keluarga yang diberi label sebagai partai. Oleh karena itu, dia menilai Megawati selaku Ketum PDIP dapat diibaratkan sebagai CEO, dan hal yang serupa berlaku untuk Pak Prabowo di Partai Gerindra.

Feri menyebut, pasca Reformasi tahun 1998, hampir semua aspek sistem pemerintahan telah diperbaiki dalam regulasi. 

Sayangnya, hal ini tidak terjadi dalam sistem partai politik. Akibatnya, partai masih sangat tergantung pada figur sentral seperti ketua umum atau kelompok dominan di dalam partai.

PDIP Fokus Pemilu

Wacana mengenai Jokowi sebagai Ketua Umum PDIP diusulkan oleh Guntur Soekarnoputra, putra sulung Presiden pertama RI, Soekarno, sekaligus kakak dari Megawati.

Selain menyuarakan Jokowi sebagai Ketua Umum, Guntur juga mengusulkan Megawati sebagai dewan pembina partai berlambang banteng hitam bermoncong putih tersebut.

Menyikapi hal ini, Sekjen PDIP Hasto Kristianto menyatakan bahwa partai sedang fokus pada tujuan memenangi Pemilu 2024. Pergantian Ketua Umum PDIP baru akan diputuskan pada kongres yang direncanakan pada tahun 2025.

Dikutip dari Antara, Hasto juga mengatakan, keluarga Soekarno masih memiliki posisi kuat sebagai kandidat potensial untuk memimpin partai ke depan.

Dia meyakini bahwa PDIP membutuhkan figur yang memiliki pengaruh kuat dan koneksi dengan kader hingga tingkat bawah saat transisi pemerintahan di tahun 2024. Kriteria ini, menurut Hasto, masih dimiliki oleh Megawati dan keluarganya.

https://www.suara.com/kotaksuara/202...uarga?page=all
0
576
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan