amekachiAvatar border
TS
amekachi
Besok 30 September, Jangan Lupa Kibarkan Bendera Merah-putih Setengah Tiang Gansist!
Demi untuk Memperingati Jasa Para Pahlawan Revolusi Kita yang Telah Gugur, Besok Jangan Lupa Kibarkan Bendera Merah-putih Setengah Tiang Gansist!








Besok, tepatnya tanggal 30 September merupakan salah satu hari paling bersejarah untuk bangsa Indonesia. Tragedi kelam lagi memilukan di hari itu puluhan tahun yang lalu telah merenggut nyawa para pahlawan kita, maka pemerintah melalui Mendikbud Nadiem Makarim menginstruksikan seluruh masyarakat diusahakan untuk mengibarkan bendera setengah tiang demi mengenang mereka yang gugur pada 30 September 1965 silam.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jerih payah perjuangan para pahlawannya gansist, mungkin peristiwa itu masih simpang-siur tapi sudah pasti kalau yang telah tega berbuat jahat pada para pahlawan kita adalah orang-orang yang sangat keji. Tak perlu menuduh yang paling bertanggung jawab adalah orang ini dan orang itu, yang terpenting peristiwa itu haruslah kita jadikan pelajaran agar senantiasa waspada pada gerakan yang merongrong keutuhan NKRI dan ideologi demokrasi Pancasila.


Quote:





Pada tanggal 30 September 1965 malam, sekelompok prajurit Tjakrabirawa di bawah pimpinan Letkol Untung melakukan gerakan kudeta dengan menculik dan membunuh enam jenderal yang dianggap sebagai ancaman terhadap PKI. Jenazah mereka kemudian dimasukkan ke dalam sebuah lubang sumur di Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Peristiwa ini menjadi tragedi nasional karena berujung pada pembalasan yang sangat kejam. Setelah kudeta tersebut, pemerintahan mengambil tindakan keras terhadap anggota PKI dan simpatisannya. Ribuan orang, terutama yang dituduh sebagai anggota PKI atau simpatisan PKI, ditangkap, dipenjara, dan bahkan dieksekusi tanpa proses hukum yang adil.


Quote:




Semoga peristiwa kelam itu menjadi pelajaran untuk kita semua, tidak semestinya Pancasila yang agung ini dinodai oleh tragedi pertumpahan darah karena bangsa dan negara Indonesia dibangun atas dasar musyawarah dan mufakat.

Salam sejahtera untuk semuanya, damai Indonesiaku!

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
kasihudinsekali
anangherman
aleksandronesta
aleksandronesta dan 22 lainnya memberi reputasi
23
710
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan