- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
Ini Hasil Penelitian KNKT soal Rangka eSAF


TS
will.u.take.me
Ini Hasil Penelitian KNKT soal Rangka eSAF
Quote:

Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah mengadakan penelitian terhadap masalah rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) motor Honda. Penelitian dilakukan sejak 29 Agustus hingga 11 September 2023.
Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengungkapkan penelitian dilakukan dengan mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda, Kawasan Industri Indotaise, Karawang, pada Jumat, 1 September 2023. AHM membuat rangka eSAF dari raw material berupa high tensile plate yang akhirnya diproses dengan pelapisan coating dengan metode Cathodic Electro Deposition (CED) secara dipping.
Pada hari yang sama, KNKT melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding, dan pelapisan. Item kontrol berupa dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan.
Berdasarkan hasil perhitungan finite element method, dapat dikatakan struktur eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah Yield Point dari material.
KNKT juga meneliti rangka eSAF dari motor konsumen. Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan adanya karat yang merupakan gabungan dari berbagai jenis karat. Penyebabnya, kelembaban udara di sekitar rangka, sisa kotoran akibat motor jarang dirawat atau bersihkan, dan lainnya.
Berdasarkan hal tersebut,KNKT memberikan beberapa rekomendasi untuk peningkatan kualitas yang disesuaikan dengan iklim Indonesia. Di antaranya edukasi masyarakat soal perawatan motor.
“Edukasi terkait perawatan dan pemeliharaan sepeda motor perlu dilakukan juga mengingat kebiasaan membersihkan sepeda motor yang berbeda-beda antarkonsumen. Lingkungan kita juga cenderung lembab. Indonesia saat ini berada pada laju korosi. Ini perlu kita waspadai bersama,” ujar Soerjanto, dalam keterangan tertulis, Rabu, 27 September 2023.
Merujuk peta korosi dunia yang dikembangkan sesuai ISO 9223 tentang sistem klasifikasi laju korosi carbon steel berdasarkan kondisi atsmofer lingkungan, Indonesia berada pada laju korosi parah. Untuk menjamin kenyamanan pengguna kendaraan bermotor, KNKT merekomendasikan Kemenhub menjadikan ketahanan karat sebagai bagian dari persyaratan kelaikan uji tipe pada setiap model kendaraan roda dua atau lebih yang akan dipasarkan.
https://www.medcom.id/nasional/peris...al-rangka-esaf
rekomendasi nya apa.. edukasi ke pengguna... berarti salah siapa?







antiketek dan 4 lainnya memberi reputasi
5
628
Kutip
62
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan