zharkiAvatar border
TS
zharki 
Baca Ini Dulu Sebelum Beli TV 4K

Saat ini TV 4K menjadi primadona di berbagai kalangan masyarakat sebagai salah satu perangkat untuk menikmati hiburan. Televisi 4K sendiri merupakan TV yang memiliki resolusi vertikal 2160 dan 3840 horizontal. Artinya, GanSis bisa menikmati gambar pada layar dengan kualitas lebih jelas dan tajam ketimbang TV yang resolusinya lebih rendah. TV 4K juga mampu menyuguhkan tingkat detail gambar yang lebih tinggi sehingga memberikan pengalaman visual yang lebih imersif. emoticon-2 Jempol

 

Nah, Agan Sista tertarik beralih pakai TV 4K? Baiknya baca dulu sembilan hal berikut yang wajib diperhatikan sebelum membeli TV 4K.




Ukuran TV dan Ruangan

Ini bukan hal sepele lhoo, penting banget perhatikan memilih ukuran TV dengan melihat segi ruangan. Ini bermaksud agar ga kebanting gitu lho Gan… kan agak lucu juga kalau ruang tv di rumah ukurannya sempit tapi pakai TV 4K berukuran 65 inch. Jadi, wajib melihat besar kecilnya ruangan dan memilih ukuran TV yang sesuai.

 
Sesuaikan Budget

Beragam merek dan ukuran TV 4K ada di pasaran, lengkap dengan aneka fitur yang ditawarkan. Dimana hal tersebut berpengaruh ke harga yang dibanderol. Maka dari itu, sebelum membelinya mendingan GanSis tentukan dulu ya dana yang tersedia, pada kisaran harga berapakah TV 4K yang akan dibeli. Misalkan budget3 jutaan, nantinya bisa memboyong TV 4K dengan ukuran 43 inch, udah smart pula!.

 

Perhatikan Jenis Panel TV

Berikutnya adalah jenis panel TV. Sebelum membelinya penting juga untuk menilik panel yang digunakan pada TV. Ada berbagai pilihan jenis panel TV yang digunakan, seperti LCD, LED, UHD, dan QLED. Dimana masing-masing panel tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan. Baik dari segi ketajaman gambar, konsumsi daya listrik, dan fitur-lainnya.



Fitur

Setiap merek menawarkan fitur yang beragam, dan inilah yang kemudian menjadi salah satu hal yang digembar-gemborkan untuk menarik minat konsumen. Maka, GanSis harus jeli memperhatikan fitur TV 4K, tentu saja fitur-fitur wajib memanjakan dan memudahkan kita saat mengoperasikannya.

Salah satu contoh TV 4K dari LG, dimana brand ini menyematkan teknologi berbasis AI yang disebut ThinQ. Lewat aplikasi ini GanSis jadi gampang mengoperasikan tv 4K. Seperti menghidupkan atau mematikan TV, mengganti input, bahkan mengubah volume TV meskipun dari jarak jauh cuman pakai voice commandemoticon-Wow.



Konektivitas

Televisi biasanya bersanding dengan perangkat lain, seperti pemutar audio video (DVD player, audio player, speaker, internet, gaming gear, dll). Dan setiap perangkat tentu punya cara-cara yang beda untuk terhubung ke perangkat lain. Maka dari itu sebelum beli TV 4K wajib hukumnya menilik dari segi konektivitas. Seperti WiFi bila ingin terhubung ke jaringan internet agar bisa nikmati berbagai konten hiburan tanpa batas, bluetooth agar bisa pairingke device lain, dan ketersediaan port jika koneksi menggunakan kabel. Konektivitas melalui kabel bisa berupa tersedianya port untuk kabel RCA, RGB, HDMI, dan tak ketinggalan adalah port USB agar dapat memutar file dari USB.

 
Kualitas Suara

Meskipun banyak orang kerap menyambungkan televisi dengan speaker tambahan, tapi kualitas suara bawaan dari TV 4K itu sendiri juga perlu untuk dintip sebelum memboyongnya. Misalkan TV 4K dibekali Dolby Atmosatau belum agar bisa ngerasain pengalaman suara yang menggelegar. Bahkan nih gan, TV 4K juga ada yang sudah gunakan tekhnologi AI untuk menghasilkan suara yang lebih mangstab! Jadi, jangan sampai skip soal kualitas suara ya…



Merek

Beragam merek/brand yang kini berlomba-lomba memproduksi TV 4K. Malahan kita sebagai konsumen terkadang dibikin bingung, karena TV nya bagus-bagus!. Meskipun tiap brandmenawarkan lineup unggulannya, wajib memilih merek TV 4K yang sudah terbukti dan menjadi pilihan banyak orang di dunia. Ini bisa ngintip di internet dari segi review dan komentar netizen, penghargaan yang didapat merek itu, sampai dengan eksistensi merek.

 

Konsumsi Listrik

Nah, berikutnya tentang konsumsi daya listrik. Pilihlah TV 4K yang memiliki konsumsi daya listrik hemat, otomatis meskipun pakai perangkat canggih namun tetap bisa ngirit tagihan listrik.

 

Pastikan Bergaransi

Amit-amit nih gan, kalau tv yang udah kita beli bermasalah, disinilah pentingnya pertimbangkan segi garansi. Sebelum membeli TV 4K pertimbangkan jaminan garansi, berapa lama durasi garansi, proses claim, jenis garansi  (part, ganti unit, atau lainnya).

 
Mau nambahin tipsnya? Komentar aja yah gan, atau mau tanya, sharing pengalaman, bagiin cerita tentang TV 4K juga boleh tinggal ninggalin jejak di kolom komentar yak…
zep.170volt
agung.teuku
harryf2
harryf2 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
6.4K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan