lifeisrealAvatar border
TS
lifeisreal
Kominfo Panggil TikTok Soal SS E N S O Rmerce, Suruh Ajari UMKM Dagang Online


Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengaku telah memanggil TikTok terkait berdagang lewat sosial media alias social commerce (sS E N S O Rmerce). Budi memanggil TikTok di tengah kisruh keberadaan TikTok Shop yang dianggap menurunkan omzet pedagang dan pelaku UMKM.
Budi Arie mengatakan sudah memanggil pihak TikTok dua hari lalu. Namun, pemanggilan itu bukan untuk memberi teguran, justru ia meminta TikTok untuk mengajari pedagang UMKM berdagang online.

"Justru kemarin saya panggil TikTok dua hari lalu, suruh latih teman-teman pedagang UMKM untuk berjualan lewat platform media sosial," kata Budi di kantornya, Rabu (20/9).

Budi menjelaskan kalau berdagang lewat platform media sosial merupakan kemajuan teknologi. Sehingga pedagang yang membuka toko fisik juga harus dilengkapi dengan kemampuan berdagang online.

"Karena kita tidak bisa menghalangi kemajuan teknologi kan, kalau pedagang di Tanah Abang mengeluh, nanti kita latih bisa berjualan dua metode offline dan online, gitu loh," tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan social commerce hanya sekadar istilah. Karena dalam proses perizinan di Kemenkominfo, Penyelenggara Sistem Elekttonik (PSE) hanya dikategorikan sebagai eS E N S O Rmerce dan social media.

Sebelumnya, platform social commerce TikTok Shop tengah menjadi polemik lantaran dianggap membantai pedagang pasar.

TikTok disebut membunuh UMKM tanah air karena produk-produk yang dijajakannya sangat murah. Oleh karena itu, barang jualan pedagang asli Indonesia di toko offline maupun marketplace lain kalah saing.

Pengamat Ekonomi Digital Ignatius Untung Surapati di sisi lain juga menegaskansocial commerce (sS E N S O Rmerce) tidak merugikan UMKM, sebaliknya justru bisa bantu mendongkrak penjualan.

Hal ini ia sampaikan merespons pemerintah yang menilai bahwa sS E N S O Rmerce dapat menggerus UMKM. Pemerintah juga beranggapan jika sebuah platform seharusnya menjalankan fungsinya masing-masing, media sosial saja atau eS E N S O Rmerce saja, bukan berfungsi ganda.

"Social commerce itu tidak merugikan UMKM. Banyak UMKM yang jualannya luar biasa, ya karena adanya social commerce. Social commerce itu tidak punya dampak negatif apapun terhadap UMKM," kata Untung beberapa waktu lalu.

(can/dmi)

[url]https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/teknologi/20230920162008-192-1001567/kominfo-panggil-tiktok-soal-sS E N S O Rmerce-suruh-ajari-umkm-dagang-online/amp[/url]

susah susah ambil 4 sks ecomerce
eh ada yang nyuruh tiktok buat ajarin gratis orang - orang pasar

emoticon-Ngakak tolol
CaiFuk
CaiFuk memberi reputasi
1
527
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan