Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
PDIP Wajibkan Satu Keluarga Satu Partai di Tengah Isu Kaesang Gabung PSI
PDIP Wajibkan Satu Keluarga Satu Partai di Tengah Isu Kaesang Gabung PSI

Kamis, 21 September 2023 - 06:29 WIB


SOLOPOS.COM - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, mengenakan kaus PSI dalam podcastnya, beberapa waktu lalu. (Youtube Kaesang Pangarep)

Solopos.com, JAKARTA — Isu putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) santer terdengar, Rabu (20/9/2023).

Jika benar menjadi kader PSI, Kaesang akan berbeda pilihan politik dengan sang ayah dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka yang merupakan kader PDIP.

Padahal di PDIP ada aturan internal yang mewajibkan satu keluarga satu partai.

Kewajiban satu keluarga satu partai itu disampaikan Ketua DPP PDIP Said Abdullah pada Juni 2023 lalu.

Said Abdullah mengatakan dalam AD/ART PDIP diatur bahwa dalam keluarga inti kader tak boleh ada yang berkarier di partai politik lain.

Menurut Said, aturan itu sudah lama berlaku di PDIP.

“Di partai kami itu jelas, peraturan itu [satu keluarga satu partai] bukan saat ini saja, peraturan itu sudah tiga periode. Enggak usah kaget dengan peraturan itu, sudah paten. Menegakkan disiplin organisasi itu kan segala-galanya,” jelas Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2023).

Penegasan itu disampaikan Said menanggapi pernyataan Kaesang yang ingin terjun ke politik. Ketika itu isu Kaesang masuk ke PSI sudah santer terdengar.

Sementara Plt. Sekretaris Jenderal PSI Isyana Bagoes Oka tak menampik atau mengonfirmasi kabar bergabungnya Kaesang ke partai berlambang bunga mawar itu, namun hanya meminta semua pihak bersabar.

“Kami belum bisa sampaikan informasi lebih lanjut. Mohon doanya,” ujar Isyana saat dikonfirmasi Bisnis, Rabu (20/9/2023).

Kaesang memang kerap berurusan dengan PSI. Beberapa bulan lalu, sempat heboh baliho PSI yang menampilkan foto Kaesang yang seakan menjadi calon wali kota Depok.

Presiden Jokowi tidak masalah Kaesang Pangarep terjun ke dunia politik.

Jokowi tak mau mengurusi keinginan putranya tersebut untuk masuk ke dunia politik.

“Sudah ngomong ke saya tapi saya selalu memberikan kebebasan kepada mereka. Saya tidak memengaruhi, saya tidak memutuskan,” kata Jokowi seusai acara pembukaan KTT ASEAN di Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Jokowi merasa Kaesang sudah cukup dewasa untuk memutuskan apa yang terbaik bagi kariernya.

Apalagi Kaesang Pangerep sudah menjadi kepala keluarga dengan menikahi mantan putri Indonesia, Erina Gudono, beberapa waktu lalu.

“Karena mereka sudah punya keluarga sendiri harus bertanggung jawab, harus bisa memutuskan sendiri, dan saya tidak akan ikut-ikut,” ujar Jokowi.

https://news.solopos.com/pdip-wajibk...ng-psi-1746926

abangnya aja padahal nolak jaket PSI lho
apa jgn2 kaesang ama gibran lg pecah kongsi nieh

Diubah oleh Novena.Lizi 21-09-2023 03:30
nomorelies
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
2
794
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan