capres.banjirAvatar border
TS
capres.banjir
Wah! Ternyata Segini Bunga Utang Proyek Kereta Cepat ke China
Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo buka suara mengenai bunga utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan China. Pembahasan terakhir, bunga utang untuk kereta cepat di kisaran 3 hingga 3,5%.

"Terakhir di bawah 4%, kisarannya di kisaran 3 lah, saya lupa ya, tapi antara 3-3,5%," kata pria yang akrab disapa Tiko itu di DPR Jakarta, Rabu (20/9/2023).


Saat ditanya penjamin utang, Tiko mengatakan, dalam rangka menutup cost overrun atau bengkak kereta cepat dilakukan melalui penambahan modal oleh KAI ke KCIC dan pinjaman ke China.


"Jadi ini beda ya, yang untuk cost overrun itu kan memang KAI yang akan memberikan penambahan modal. Jadi itu jangan salah, jadi kan KAI itu memang wajib memberikan tambahan pinjaman pemegang saham kepada KCIC. Nah, KAI-nya yang kemudian melakukan peminjaman kepada CDB, jadi itu 2 step," katanya.

"Jadi, KAI pinjam ke CDB, tapi yang memberikan penambahan modal itu KAI ke KCIC, kan KCIC kan anaknya KAI, jadi itu 2 step," tambahnya.

Lebih lanjut, Tiko menyebut KAI memiliki kemampuan bayar yang cukup kuat.

"Sehingga kalau secara kemampuan bayar KAI kan lebih kuat ya, sehingga kami merasa bahwa KAI cukup sehat untuk melakukan penugasan untuk yang cost overrun-nya ini dalam bentuk equity-nya itu," tambahnya.

Untuk diketahui, utang proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung bakal dijamin APBN. Menteri Keuangan Sri Mulyani baru saja meneken Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 89 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemberian Penjaminan Pemerintah untuk Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung. Aturan mulai berlaku pada saat diundangkan yakni 11 September 2023.

Sri Mulyani pun buka-bukaan alasan pemerintah menjamin utang proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Jaminan sendiri diberikan sebagai langkah penanganan terjadinya cost overrun atau bengkak biaya proyek kereta cepat.

Dia mengatakan di dalam Perpres 93 tahun 2021 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat antara Jakarta dan Bandung juga dijelaskan penjaminan utang proyek kereta cepat diperbolehkan.

"Seperti kereta cepat itu kan sudah diatur Perpres 93 di situ disebutkan ada penjaminan satu, karena di situ terjadi cost overrun. Kan cost overrun juga sudah diaudit BPKP dan BPK. Di situ ada rekomendasi penanganan cost overrun," ungkap Sri Mulyani ditemui di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa (19/9).

Sri Mulyani juga mengatakan Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang terdiri dari dirinya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Erick Thohir melihat sejauh ini KAI memiliki pemasukan lebih dari angkutan batu bara di Sumatera.

Pemasukan tersebut dinilai dapat membayar utang kereta cepat. Dengan begitu, pemerintah yakin penjaminan yang diberikan untuk penarikan utang kereta cepat tidak akan membebani APBN.

"Dari sisi risiko kita ada dalam komite (kereta cepat), terdiri dari pak Luhut, Menhub, Menteri BUMN, dan Menteri Keuangan, menetapkan PT KAI memiliki tambahan pendapatan berasal dari traffic batu bara yang ada di Sumatera, dengan PTBA. Dari situ akan dapat revenue atau pendapatan yg menjadi sumber PT KAI untuk memiliki kekuatan keuangan untuk membayar kembali," beber Sri Mulyani.


Wah! Ternyata Segini Bunga Utang Proyek Kereta Cepat ke China (detik.com)




Kita bandingkan dengan bunga yg Jepang tawarkan 0,1% per tahun. China 34x lebih tinggi. Andaikan grace period 10 tahun, total bayar bunganya aja 10 tahun sebesar 34% dari utang, sementara jepang hanya 1%. Kalo term loan 40 tahun maka bunganya ke China 130an persen sementara Jepang hanya 4%. Bener bener diluar nalar.
sc5
muhamad.hanif.2
agam69
agam69 dan 8 lainnya memberi reputasi
3
401
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan