mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Menteri Bahlil Sebut Demo Rempang di Luar Kelaziman


Alamudin Hamapu - detikSumut
Minggu, 17 Sep 2023 20:30 WIB

Foto: Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama sejumlah menteri dan Forkompinda menyampaikan keterangan usai rapat Pengembangan Pulau Rempang. (Alamudin Hamapu/detikSumut)
Batam - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meminta masyarakat yang melakukan demo penolakan relokasi warga Rempang dilakukan secara beretika. Bahlil menyebut demo tanggal 11 September 2023 lalu di luar kelaziman.
"Namun yang perlu saya sampaikan, bahwa perlakuan sebagian teman-teman kita dalam melakukan demo juga harus terukur," kata Bahlil usai memimpin rapat Pengambangan Pulau Rempang di Batam, Minggu (17/9/2023).

Bahlil menyayangkan keributan yang terjadi pada tanggal 11 September. Ia menilai aksi demonstrasi yang ricuh beberapa waktu lalu di luar kelaziman.

"Saya lihat batu di pukul ke polisi juga tak bagus begitu. Saya sebagai mantan demonstran, mantan aktivis, melihat itu di luar kelaziman yang pernah kita lakukan," ujarnya.

Bahlil menyebut investasi di Pulau Rempang, Batam itu ditujukan untuk pembukaan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat. Ia menjamin pemerintah akan memperhatikan masyarakat yang terdampak pembangunan proyek Rempang Eco City.

"Yakinlah, ini investasinya untuk kesejahteraan rakyat. Ini menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan dan masyarakat yang akan kita geser itu mereka juga akan diberikan hak-haknya. Kita pemerintah juga punya hati," ujarnya.


Bahlil meminta penyampaian informasi terkait pengembangan Pulau Rempang agar tidak dipolitisasi. Apalagi menurutnya membenturkan kepentingan politik jelang Pilkada Kepri mendatang.

"Ini jangan dipolitisir, jangan dibuat seolah-olah Pak Gubernur dan Pak Wali Kota ini ada masalah. Keduanya ini abang saya ini. Tadi saya ngomong ke mereka, mereka fine-fine aja, kok. Jadi kalau boleh, janganlah. Kita ini mau bangun negara. Urusan politik tunggu Pemilu dan Pilkada," ujarnya.

https://www.detik.com/sumut/berita/d...uar-kelaziman.

Ini Hasil Rapat Menteri Bahlil Terkait Pengembangan Rempang di Batam

Alamudin Hamapu - detikSumut
Minggu, 17 Sep 2023 19:45 WIB

Foto: Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama sejumlah menteri dan Forkompinda menyampaikan keterangan usai rapat Pengembangan Pulau Rempang. (Alamudin Hamapu/detikSumut)
Batam - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian, Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wali Kota Batam melakukan rapat terkait pengembangan Pulau Rempang di Batam. Hasil rapat tersebut menyimpulkan penanganan investasi di Rempang harus dilakukan dengan soft.
"Terkait dengan dinamika yang terjadi di Kepri, khususnya untuk investasi di Pulau Rempang. Tadi kami sudah melakukan beberapa kesepakatan yang akan kita bicarakan dengan rakyat yang mana salah satu diantaranya adalah proses penanganan (warga) Rempang harus dilakukan dengan cara yang soft, yang baik dan kita memberikan penghargaan ke masyarakat yang memang sudah turun-temurun di sana," kata Bahlil usai memimpin rapat bersama di Hotel JW Marriott Harbour Bay Batam, Minggu (17/9/2023).

Bahlil menyebut, pemerintah berjanji akan membangun komunikasi baik dengan warga Rempang. Ia menyebut akan membicarakan pembangunan proyek strategis nasional tersebut pada masyarakat dengan baik.

"Kita berkomunikasi dengan baik sebagaimana layaknya. Kita ini sama-sama orang kampung, ini yang harus kita bicarakan," ujarnya.

Bahlil menyebut keributan rencana relokasi 16 kampung di Rempang, Kota Batam itu juga diduga ditengarai oleh oknum yang di luar masyarakat asli yang menggarap tanah di sana. Di mana setelah proyek nasional bergulir izinnya dicabut.

"Masalah ini tidak hanya cukup di sana, ada juga ditengarai beberapa oknum yang juga dulunya pernah membangun perusahaan di sana tapi kemudian izinnya sudah dicabut. Ini juga kita membutuhkan penanganan khusus," ujarnya

Bahlil menyebut terkait pengembangan Pulau Rempang pihaknya akan melakukan evaluasi setiap minggunya. Untuk sisi pengamanan juga akan dilakukan dengan humanis.

"BP Batam dan Gubernur, kami bertiga telah sepakat melakukan rapat terus-menerus setiap minggu dan urusan keamanan Pak Wakapolri juga sudah menjamin bahwa akan melakukan secara soft semuanya," ujarnya.
https://www.detik.com/sumut/berita/d...pang-di-batam.
soal masalah Rempang...
trfpjkgbrt2
nomorelies
flybywireless
flybywireless dan 4 lainnya memberi reputasi
5
768
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan