Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Muncul Angin Tornado Bikin Api Kebakaran Gunung Bromo Berputar
Muncul Angin Tornado Bikin Api Kebakaran Gunung Bromo Berputar

Jakarta - Kebakaran di Gunung Bromo yang dipicu api flare prawedding hingga kini belum padam. Kini, muncul fenomena tornado api yang membuat kebakaran menggila.

Dilansir detikJatim, dalam video yang beredar, tampak api yang membakar savana itu terangkat ke atas. Api itu tampak berputar lantaran terkena angin tornado.

Sismiko, salah seorang relawan, mengatakan peristiwa tornado api itu terjadi pada Minggu (10/9) kemarin. Saat itu angin memang sangat kencang.

"Api muter itu kemarin di area savana. Masuk wilayah Kabupaten Malang. Anginnya saat kebakaran memang kencang," beber Sismiko kepada detikJatim, Senin (11/9/2023).

Adanya tornado api itu juga dibenarkan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Fenomena tornado itu sebenarnya biasa terjadi di wilayah savana. Hanya, lantaran ada kebakaran, api yang menjalar kawasan savana ikut berputar dan terangkat naik.

"Memang kemarin (Minggu) pada saat kebakaran di savana terjadi angin cukup besar. Hal ini terjadi saat hari sedang panas dan kering, saat musim kemarau bentuknya seperti pusaran," jelas Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani.

"Dalam kondisi normal, fenomena tersebut merupakan fenomena alam yang kadang terjadi di kawasan lautan pasir. Kebetulan angin besar kemarin tepat berputar di titik api kebakaran," lanjutnya.

Hingga saat ini petugas gabungan masih terus berupaya memadamkan kebakaran Bromo. Upaya pemadaman juga dilakukan dengan water bombing. Fokus pemadaman berada di wilayah Blok Watangan dan sekitarnya.

Pengambilan air dilakukan helikopter water bombing dari wilayah Wringinanom, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Helikopter kemudian bergerak menuju titik api yang membakar kawasan Gunung Bromo.


detik.com
Diubah oleh pilotproject715 11-09-2023 16:31
valkyr69
rassakhiy
salvation101
salvation101 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
784
67
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan