slukblukotoAvatar border
TS
slukblukoto
Motor China ini Mesinnya Lebih Gahar Dari Motor Aslinya
      


   Di era 90 hingga 2000-an, berbagai macam motor merek asal Tiongkok sempat meramaikan jalanan Indonesia.Motor China waktu itu hadir di Indonesia sebagai salah satu alternatif bagi yang menginginkan sebuah motor dengan harga murah.

    Namun sayangnya sampai saat ini, motor China sering dipandang sebelah mata karena kebanyakan desainnya benar-benar menjiplak beberapa model motor pabrikan Jepang populer seperti Honda dan Yamaha.

   Selain itu, build quality yang lebih mudah rusak dan sulitnya ketersediaaan suku cadang menjadikan banyak orang kembali menggunakan motor Jepang walaupun harganya lebih mahal.

   DI zaman itu, yang paling banyak disalin desainnya ialah Honda Supra. Motor ini sempat menjadi motor populer di era 2000-an sehingga banyak pabrikan China yang berminat untuk membuatnya dengan model yang sama. Salah satunya ialah Jamus.

    Merek Jamus waktu itu sempat menjajakan motor yang memiliki desain yang benar-benar mirip Honda Supra, namun dengan harga murah. Motor tersebut bernama Jamus Fix.

    Walaupun desainnya sama persis, tapi yang menjadi daya tarik banyak orang dari motor bebek ini ialah mesinnya. Ya, mesin berkapasitas 107cc pada Jamus Fix ini memiliki jumlah katup sebanyak 3 katup, tidak seperti motor aslinya yang hanya memiliki 2 katup saja.

       

    Hal tersebut yang menyebabkan tenaga dari Jamus Fix lebih menjambak dari Honda Supra berkat saluran intake sebanyak 2 buah dan saluran buang sebanyak 1 buah, persis seperti mesin Vespa Matik i-Get.



   Populasi dari motor ini tidaklah banyak beredar di jalanan. Namun, klepnya tersebut sampai saat ini masih menjadi incaran utama modifikator dalam mengdongkrak performa motornya. Bahkan lucunya, katup pada motor ini lebih diincar dari motornya sendiri loh.

   Mesin tiga katup Jamus Fix sebenarnya masih berbasis sama dengan mesin Honda tipe C90/C100 yang digunakan dalam Honda Supra, Supra X, hingga Asrea Grand, sehingga katup ini bisa langsung saja dipasang tanpa perlu segala macam perombakan lagi.


   Di beberapa marketplace, beberapa toko menjual katup dari Jamus Fix dengan harga mulai dari Rp 200 ribuan hingga yang termahal Rp 850 ribuan tergantung dengan kondisi yang ada. Sementara, sepeda motornya sendiri sampai saat ini Slukblukoto belum menemukannya di berbagai online shop.

Sumber: Motor China ini Mesinnya Lebih Gahar Dari Motor Aslinya (slukblukoto.my.id)



jlamp
Chrisyngwie
koi7
koi7 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan