Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Macet Imbas KTT ASEAN , Polri Minta Masyarakat Maklum

Macet Imbas KTT ASEAN , Polri Minta Masyarakat Maklum
Kendaraan bermotor terjebak kemacetan di Jalan Gatot Subroto arah Senayan, Jakarta, Rabu, 6 September 2023. (BeritaSatu Photo / Joanito De Saojoao)
Jakarta, Beritasatu.com - Polri meminta masyarakat untuk maklum terkait sejumlah ruas jalan ibu kota macet pada Rabu (6/9/2023) imbas dari penutupan jalan protokol dari penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, pihaknya juga menyampaikan permohonan maafnya.

"Kami aparat kepolisian mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, mohon masyarakat bisa memaklumi ya," kata Ramadhan kepada wartawan di Bareskrim Polri, Rabu (6/9/2023).

Menurut Ramadhan, masih banyak masyarakat yang belum tahu mengenai penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas itu terkait dengan kegiatan apa. Kemudian Ramadhan menyebutkan bahwa hal itu karena Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN yang berlangsung di Jakarta dari 5-7 September 2023.

"Tadi kami sampaikan, pengalihan arus untuk masyarakat bisa mengetahui dan bisa mengantisipasi untuk mengambil jalan alternatif seperti yang telah saya sampaikan tadi," ucapnya.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan Beritasatu.com yang melintasi kawasan Grogol, Slipi, hingga Gatot Subroto, kepadatan sudah terjadi sejak pukul 06.45 WIB. Arus lalu lintas mulai lancar kembali pukul 09.00 WIB, selang 20 menit kemudian pukul 09.20 WIB kendaraan di kawasan Patra Jasa Gatot Subroto kembali tersendat.

Ruas jalan menuju ke arah Senayan dan sekitarnya sudah mulai ditutup dari kawasan Slipi Kemanggisan. Para pengemudi dari arah Grogol yang akan mengarah ke kawasan Senayan dialihkan melalui kawasan Cideng, Tanah Abang.

Adapun pengemudi dari arah Jakarta Timur seperti Bekasi dan Cawang dialihkan melalui kawasan Kuningan sehingga tidak melalui Jalan Gatot Subroto. Akibat penutupan ruas jalan ini membuat sejumlah titik kemacetan. Para karyawan yang bekerja di ibu kota turut terdampak keterlambatan masuk kerja.

Untuk jalan tol dalam kota terlihat lancar, pengalihan arus lalu lintas hanya terjadi di sejumlah pintu keluar tol yang melintasi kawasan Senayan seperti Slipi Petamburan, JCC Senayan, Semanggi, Gatot Subroto LIPI, dan Gatot Subroto Jamsostek.

Layanan transportasi umum seperti Transjakarta beroperasi secara normal. Berdasarkan informasi dari akun Instagram PT Transjakarta rute layanan yang mengalami pengalihan yaitu rute 2Q Gondangdia - Balaikota, 2A Pulo gadung - Rawa Buaya, 5C PGC 1 - Juanda, 1R Senen - Tanah Abang, L13E Puri Beta 2 - Latuharhary. Sementara itu, untuk rute Transjakarta 1B, 1F, 1N, dan 1H tidak melayani perjalanan.


https://www.beritasatu.com/megapolit...yarakat-maklum

Lalin Nyaris Lumpuh di Hari Kedua KTT Ke-43 ASEAN, Ini Penjelasan Polisi
Macet Imbas KTT ASEAN , Polri Minta Masyarakat Maklum
Rekayasa lalu lintas KTT ke-43 ASEAN (Foto: Irfan Maruf)
Share on FacebookShare on TwitterwhatsappShare on mailcopy link
0
TOTAL SHARE
A A A
JAKARTA - Kondisi lalu lintas di beberapa ruas jalan di Jakarta mengalami kemacetan parah imbas penutupan sejumlah jalan dalam rangka penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta. Akibat kemacetan parah itu, para pekerja harus terjebak di jalan hingga berjam-jam.

Menanggapi hal tersebut, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menjelaskan, ada sedikit perbedaan rekayasa lalu lintas di hari kedua perhelatan KTT ke-43 ASEAN. Namun, ia mengaku pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengurai kemacetan imbas dari penutupan sejumlah jalan utama di Jakarta termasuk juga mensosialisasikan rekayasa lalu lintas sedini mungkin.

"Kita sudah woro-woro sejak tadi malam lewat media yang ada. Mohon maaf (mungkin) masyarakat belum semuanya membuka media sosial tidak membuka media yang ada. Jadi mulainya jam tujuh jadi sedikit ada belum mendengar mungkin," ujar Latif saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2023).

Menurut Latif, salah satu titik kemacetan pada Rabu pagi, terjadi di arah timur dari alteri Cawang. Karena memang dari arah timur sedikit jalan alterinya, hanya melalui Tebet dan Manggarai saja.

Sementara jalur lainnya, ia mengklaim dapat terurai dengan cepat dan memiliki banyak jalur arteri, mulai dari jalur Tendean, Fatmawati, Permata Hijau, dan Pondok Indah.

"Karena timur ini kan agak buangannya sedikit alterinya. Kalau selatan banyak mau lewat Tendean, lewat Fatmawati lewat Permata Hijau, Pondok Indah sampai Slipi sana gak ada masalah," ujar Latif.

Latif menegaskan, apa yang terjadi di beberapa ruas jalan bukan kemacetan tapi hanya kepadatan saja. Baginya selama itu bisa terurai dengan cepat walaupun hanya satu jam adalah kepadatan. Sementara kalau kemacetan berarti tidak bisa jalan sama sekali. Karena itu, ia meminta agar masyarakat tidak diteror dengan istilah kemacetan.

"Kita jangan meneror masyarakat sampaikan, kalau mereka mengatakan macet itu orang jadi stres, itu kepadatan. Jadi kalau kepadatan orang akan nyaman gitu pasti akan bisa terurai," kata Lati.
Sebelumnya, polisi kembali melakukan rekayasa lalu lintas pada hari kedua gelaran KTT) ke-43 ASEAN , Rabu 6 September 2023. Pihak kepolisian akan mensterilkan jalur-jalur yang dilalui oleh para delegasi atau tamu negara.

Rekayasa lalu lintas mulai diberlakukan pada pukul 07.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB. Ketiga sektor tersebut adalah sektor Senayan, sektor Bundaran HI, dan sektor Kuningan.

"Kita ada tiga sektor, sektor Senayan, sektor Bundaran HI, dan sektor dari pada Kuningan, itu nanti jalan Rasuna Said. Prioritas dari sektor (Bundaran) HI. Begitu juga Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Rasuna Said, kita juga akan sterilkan dalam artian tamu negara akan menuju ke JCC,” ujar Latif.

https://megapolitan.okezone.com/read...-polisi?page=2
Rakyat Jakarta dan sekitarnya kesal akibat hal ini.
terlebih saya ikut merasakan kemacetan ini karena Transjakarta ke Ciledug telat dan membuat ratusan orang tertumpuk di halte.
areszzjay
CaiFuk
gmc.yukon
gmc.yukon dan 4 lainnya memberi reputasi
5
591
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan