Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trfpjkgbrt2Avatar border
TS
trfpjkgbrt2
Sri Mulyani Curhat Dinyinyirin Warganet 'Apa-apa Dipajaki'
Sri Mulyani Curhat Dinyinyirin Warganet 'Apa-apa Dipajaki'

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Sri Mulyani curhat dinyinyirin warganet di media sosial soal pengenaan pajak.

Padahal, ia berdalih dari Rp210 triliun insentif perpajakan yang digelontorkan negara, paling banyak dinikmati masyarakat tidak mampu, yakni kelompok rumah tangga dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Rinciannya, pada 2022 lalu negara memberikan 43,5 persen insentif pajak untuk masyarakat rumah tangga langsung, 21,5 persen UMKM, dan 35 persen kepada bisnis dari berbagai macam skala. Khusus untuk UMKM, Sri Mulyani menyebut negara membebaskan pajak sebesar Rp69,7 triliun.

"Kami sampaikan, umpamanya seperti UMKM, PPh pengurangan 50 persen dari PPh badan untuk tarif PPh-nya Rp4,8 miliar, kemudian PPh UMKM dan PPh final UMKM itu Rp20,6 triliun," jelasnya dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi XI DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (30/8).

"Lalu, PPN yang kita tidak pungut untuk UMKM, jadi kadang-kadang saya juga sering di media sosial (dibilang) 'apa-apa dipajaki', padahal mereka itu yang aktivitas masyarakat sebetulnya tidak subject to tax Rp49 triliun sehingga belanja perpajakan untuk UMKM itu Rp69,7 triliun (dibebaskan pajak)," sambung Sri Mulyani.


Selain itu, konsumsi sembako masyarakat juga dibebaskan dari PPN sebesar Rp38,6 triliun. Lalu, sektor pendidikan mendapatkan fasilitas pembebasan pajak Rp20,8 triliun.

Ani, sapaan akrabnya, juga merinci PPN yang tidak dikenakan untuk listrik rumah tangga berdaya 450 VA dan 900 VA sebesar Rp7,3 triliun.

FOTO: Rafael Alun Didakwa Terima Gratifikasi dan Cuci Uang










Sementara itu, tax holiday dan tax allowance untuk investasi menyentuh Rp4,6 triliun pada 2022 lalu.

Ia merinci tax holiday tersebut diberikan kepada 184 perusahaan dengan total investasi Rp258,8 triliun, di mana 174 di antaranya merupakan wajib pajak. Sedangkan tax allowance dirasakan 265 perusahaan termasuk 213 wajib pajak dengan total nilai investasi Rp85,7 triliun.

"Jadi, kombinasi Rp285,8 triliun plus Rp85,7 triliun itu lebih dari Rp370 triliun yang investasi, tapi tax yang mereka nikmati dalam bentuk tax holiday dan tax allowance Rp4,6 triliun. Itu sangat kecil dibandingkan Rp210 triliun total insentif perpajakan yang diberikan kepada masyarakat dan UMKM," tandasnya.

Sumber berita


#TaatPajak

#PajakUntukRakyat


Sri Mulyani Curhat Dinyinyirin Warganet 'Apa-apa Dipajaki'

Masyarakat Indonesia harus taat pajak, kesadaran taat pajak sangat penting untuk kemajuan bangsa.
#taatpajak
#kemenkeu


#PajakKitaUntukKita
#PajakKuatIndonesiaMaju
#SadarPajak
#TaatPajak
CaiFuk
emnd
emnd dan CaiFuk memberi reputasi
2
971
46
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan