ifeelufeelAvatar border
TS
ifeelufeel
Cara Kerja Panel Surya, Manfaat, dan Pemasangannya Lengkap


Apa Itu Panel Surya?

String fotovoltaik atau yang sering kita sebut dengan panel surya merupakan fitur yang didesain untuk mengganti tenaga matahari menjadi tenaga listrik. Sel fotovoltaik pada panel surya yang merupakan materi semikonduktor khusus, semacam silicon, bekerja dengan meresap cahaya matahari serta mengubahnya menjadi tenaga listrik.

Sel tersebut tersambung dalam susunan serta terpasang di dalam bingkai yang dilindungi oleh lapisan pelindung. Sel- sel surya biasanya tertata dalam pola semacam kisi-kisi pada dataran panel surya.

Tidak cuma itu, panel surya merupakan fitur yang bisa ditafsirkan selaku satu set materi photovoltaik yang merupakan rakitan sel surya yang silih tersambung serta setelah itu dipasang pada bentuk yang mendukung.

Hasil riset itu dibesarkan salah satunya oleh Albert Einstein pada tahun 1904 lewat eksperimen dampak fotolistrik. Tetapi teknologi panel surya yang dipakai hingga dikala ini ialah hasil riset dari Russel Ohl pada tahun 1941.

Teknologi photovoltak sendiri mulanya dipublikasikan pada tahun 1839 oleh seseorang pakar fisika asal Perancis bernama Alexandre Edmond Becquerel lewat eksperimen penyinaran dengan 2 elektroda dan memakai selenium buat menciptakan tenaga listrik. Hasil eksperimen membuktikan kalau tenaga cahaya bisa diganti jadi tenaga listrik.


Manfaat Panel Surya

1. Hemat Listrik

Memasang panel surya berarti mempunyai sumber tenaga listrik tidak hanya listrik PLN. Sebab keperluan listrik dipadati oleh 2 sumber, panel surya bisa menolong mengurangi tagihan listrik bulanan dari PLN. Biasanya, penghitungan pemotongan bayaran itu dicocokkan dengan jumlah watt listrik yang diperoleh panel surya. Pemotongan itu maksimum 65% dari keseluruhan energi yang diperoleh panel surya. Dalam 1 watt listrik dari energi panel surya, pemotongan bayaran PLN hendak dikurangi maksimum 0, 65 watt buat bulan berikutnya.

2. Memanfaatkan Energi Terbarukan

Pemasangan panel surya berkontribusi dalam pemanfaatan serta pengelolaan tenaga terbarukan. Sumber energi-energi fosil, semacam minyak bumi Indonesia, diperkirakan akan habis 9-12 tahun lagi. Memanfaatkan energi terbarukan akan menjadi tahap penting buat daya tahan energi Indonesia. Tidak hanya itu, Indonesia terkategori area tropis alhasil paparan cahaya mentari gampang dijangkau serta merupakan pangkal tenaga yang amat besar.

3. Ramah Lingkungan

Memasang panel surya berkontribusi pada pelestarian iklim serta melawan pemanasan global. Karena, panel surya bisa kurangi emisi gas rumah kaca.

Quote:


Cara Kerja Panel Surya

Dengan cara sederhana, metode kegiatan panel solar bekerja dengan meresap sinar mentari serta menapung tenaga yang dibentuk ke dalam suatu baterai. Dengan begitu, sistem dapat berjalan walaupun kondisi waktu sedang di petang hari, malam hari, ataupun kala situasi hujan.

Tidak hanya itu, ada kabel yang berintegrasi dengan instalasi listrik di dalam rumah. Kala terdapat benda elektronik yang sedang mengkonsumsi listrik, misalnya ketika menghidupkan tv, dengan cara otomatis daya listriknya didapatkan dari baterai tersebut.

Pemasangan Panel Surya

Saat sebelum berjalan ke langkah instalasi solar panel, terdapat sebagian perencanaan awal dan langkah- langkah yang wajib kamu ketahui:

1. Penilaian Keadaan Atap Kamu

Jika ingin memasang panel surya diatas atap rumah. Kamu harus yakin bahwa atapmu dalam situasi bagus serta sanggup menopang solar panel. Cek apakah terdapat kehancuran ataupun kebocoran yang perlu diperbaiki saat sebelum mengawali cara pemasangan.

2. Jalani Analisa Kelistrikan

Saat sebelum memasang panel surya, Kamu butuh memperkirakan energi yang diperlukan oleh rumah ataupun bangunan Kamu. Energi yang diperlukan hendak memastikan jumlah panel surya yang dibutuhkan buat penuhi keinginan listrik.

3. Seleksi Tipe Panel Surya yang Tepat

Terdapat sebagian tipe solar panel yang ada di pasaran. Memilih solar panel yang cocok dengan keinginan serta perhitungan kamu. Panel surya yang dipasang wajib mempunyai sertifikasi produk yang valid. Perihal ini berarti buat membenarkan kalau panel surya itu penuhi standar mutu serta keamanan yang sudah diresmikan.

4. Persetujuan Pemasangan

Pemasangan panel surya membutuhkan persetujuan dari pihak yang berwenang. Menurut Permen 13/2019, sistem pembangkit listri tenaga surya pada atap wajib memiliki izin operasi dan SLO (Sertifikat Laik Operasi). Namun, pada Permen 12/2019 menjelaskan bahwa panel surya dengan kapasitas dibawah 500 kVA tidak akan dikenakan kewajiban tersebut.

Izin ini dibutuhkan supaya panel surya yang dipasang penuhi standar keamanan serta tidak mengganggu area dekat. Kamu dapat mengajukan izin pemasangan panel surya ke PLN setempat.

Cara Pemasangan Panel Surya

1. Instalasi Struktur Penyangga

Tahap awal dalam pemasangan panel surya merupakan menginstal bentuk penyangga. Struktur penyangga ini hendak mensupport panel surya serta menjaganya senantiasa normal. Yakinkan bentuk penyangga terpasang dengan kokoh serta nyaman.

2. Memasang Panel Surya

Sehabis bentuk penyangga terpasang, tahap berikutnya merupakan memasang panel surya ke dalamnya. Yakinkan panel- panel surya terpasang dengan rapat serta terkunci dengan nyaman. Cek kembali posisi panel surya buat memastikan mereka mengarah ke arah matahari dengan ujung yang pas.

3. Mengaitkan Panel Surya ke Inverter

Sehabis panel surya terpasang, Kamu butuh menghubungkannya ke inverter. Inverter merupakan fitur yang mengganti arus searah (DC) yang diperoleh oleh panel surya jadi arus bolak- balik (AC) yang bisa dipakai di rumah tangga ataupun bidang usaha Kamu. Yakinkan koneksi antara panel surya serta inverter nyaman serta aman dari cuaca.

4. Koneksi ke Sistem Listrik Rumah

Tahap terakhir merupakan mengaitkan inverter ke sistem listrik rumah. Perihal ini mengaitkan penghubungan inverter ke m listrik serta panel penyaluran. Bila Kamu tidak mempunyai wawasan ataupun pengalaman yang lumayan, dianjurkan buat memakai pelayanan seseorang teknisi listrik ahli buat melaksanakan koneksi ini dengan benar.

Sudah Lebih Tau Tentang Panel Surya?

Pemasangan panel surya merupakan opsi yang cerdas buat menciptakan tenaga listrik yang ramah area serta menghemat anggaran.

Bila Kamu tertarik untuk mengirit bayaran listrik serta berpindah ke tenaga mentari, lekas mulai merancang pemasangan panel surya di rumah ataupun bidang usaha Kamu. Miliki manfaat dari panel surya serta jadilah bagian dari pergantian menuju lingkungan yang lebih bersih serta berkepanjangan.

Oh iya, untuk kamu yang suka berpergian jauh, sekarang sudah ada lho panel surya portable yang bisa dibawa kemana-mana dengan mudah.

Panel surya portabel BLUETTI

Didesain untuk menghimpun serta mengganti cahaya mentari menjadi listrik yang bisa ditaruh dalam baterai, panel surya BLUETTImemberikan solusi ramah kantong buat memanfaatkan tenaga terbarukan sambil mengurangi jejak karbon di planet kita.

Quote:


Berikut ini kelebihan-kelebihan panel surya portabel BLUETTI:

Gampang Dipakai

Panel surya BLUETTI gampang dipasang. Lumayan dengan membentangkan panel surya, menegakkan penyangga, serta menyesuaikan sudutnya, panel surya siap dipakai. Ditambah lagi, konsep lipatan panel membuatnya amat singkat serta irit ruang untuk dibawa serta disimpan.

Tahan Lama

Terbuat dengan teknologi laminasi mutahir serta materi ETFE yang kuat lama, panel surya BLUETTI mempunyai transmisi cahaya yang lebih bagus serta tahan lama. Tidak hanya itu, panel dengan anti baret serta anti percikan dengan IP65 ini mempermudah kamu membersihkannya memakai kain basah.

Silikon Monokristalin

Sel silikon monokristalin tanam menjamin kemampuan konversi besar sampai 23, 4%.

Banyak Pilihan

Kita mempunyai beraneka ragam panel surya portabel mulai 200W hingga 350W buat penuhi seluruh keinginan Kamu.
Diubah oleh ifeelufeel 29-08-2023 06:00
0
598
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan