Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rajin.meremasAvatar border
TS
rajin.meremas
Kualitas Udara Terus Memburuk, Pemkot Tangerang Belum Rencanakan WFH untuk
Kualitas Udara Terus Memburuk, Pemkot Tangerang Belum Rencanakan WFH untuk ASN dan Swasta

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang masih dalam proses pengkajian dalam melaksanakan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 2 Tahun 2023 tentang Pengendalian Pencemaran Udara pada Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Dalam intruksi tersebut, Mendagri RI mengimbau agar jajaran pemerintah daerah menerapkan sistem kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) 50 persen bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perusahaan swasta.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan terkait intruksi Mendagri tersebut.

"Kami sedang membahas juga, kapan nanti dapat terlaksanak, tentunya kami akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat," ujar Sachrudin, Kamis (24/8/2023).


Kemudian Sachrudin menambahkan, pembahasan tentang wacana penerapan WFH di Kota Tangerang itu telah berlangsung selama sepekan.

Bahkan, Pemerintah Kota Tangerang membentuk tim tersendiri untuk membahas perihal penerapan WFH tersebut.

Kendati demikian, hasil pembahasan belum menemui titik terang ataupun rampung untuk menetapkan jadwal pelaksanaannya.

"Sedang kami lakukan pembahasan. Intruksi menterinya juga sudah kita terima," kata dia.

Terlepas dari kebijakan Inmendagri tersebut, Sachrudin mengatakan, Pemerintah Kota Tangerang telah melakukan beberapa upaya penanggulangan polusi udara yang terjadi xi wilayahnya.

Mulai dari penanaman pohon, hingga pengurangan penggunaan kendaraan pribadi bagi jajaran ASN Pemerintah Kota Tangerang.

Pasalnya berdasarkan situs Lembaga IQAir, wilayah Kota Tangerang selalu masuk dalam daftar 10 kota paling berpolusi di Indonesia dalam sepekan terakhir.

"Untuk mengurangi ini kaitan dengan suhu udara yang sudah diambang batas, kami melakukan penanaman pohon di berbagai titik," tuturnya.

"Himbauan untuk warga beraktivitas dengan menggunakan sepeda dan transportasi umum juga sudah kami sampaikan," terang Sachrudin.


Diberitakan sebelumnya, Kota Tangerang masuk ke dalam jajaran lima besar kualitas terburuk atau kota paling berpolusi di Indonesia.

Berdasarkan pantauan Wartakotalive.com pada situs IQAir.com, Indeks kualitas udara (AQI) di Kota Tangerang mencapai 153 poin.

Disebutkan, polutan utama udara di Kota Tangerang ialah PM 2,5. Berdasarkan situs BMKG, PM 2,5 adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron (mikrometer).

Situs IQAir menyatakan konsentrasi polutan PM 2,5 di Kota Tangerang mencapai 59 µg/m⊃3;. Jumlah tersebut 11,8 kali lipat di atas ambang panduan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization atau WHO). 

Ini 5 Tips Hadapi Kualitas Udara Buruk

Belakangan ini, udara di berbagai wilayah di Indonesia berkualitas buruk, terlebih di kota besar seperti Jakarta.

Grafik riwayat kualitas udara di Jakarta dalam satu bulan ke belakang menunjukkan, Indeks Kualitas Udara atau AQI di Jakarta bahkan bisa mencapai 164.

Angka ini termasuk dalam kategori tidak sehat menurut nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Artinya, pencemaran udara yang terjadi bisa menimbulkan efek pada seluruh populasi dan populasi sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang serius.

Public Affairs Senior Lead Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan mengatakan, kualitas udara yang lebih baik perlu kita upayakan bersama. Semua pihak sebaiknya berperan dalam meminimalisasi polusi udara.

"Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia punya program Tokopedia Hijau untuk mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat berperan aktif menjaga lingkungan,” jelas Aditia.

Tips hadapi kualitas udara buruk

Kondisi dimana kualitas udara cenderung tidak sehat ternyata mendorong tren belanja online masyarakat akan berbagai produk untuk melindungi keluarga dari polusi udara. Tokopedia melalui Aditia pun membagikan lima tips untuk menghadapi kualitas udara yang buruk.

1. Tingkatkan kualitas udara dalam ruangan


Untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, masyarakat bisa memanfaatkan produk seperti air purifier berteknologi HEPA Filter yang dapat membersihkan partikel kecil di udara, termasuk debu, bakteri dan polutan lainnya.

"Penjualan air purifier melalui Tokopedia sepanjang dua minggu awal Agustus 2023, dibandingkan rata-rata transaksi dwimingguan di kuartal II 2023, mengalami peningkatan hampir 3 kali lipat," ungkap Aditia.

Selain itu, lanjut Aditia, masyarakat juga bisa mengombinasikan air purifier dengan tanaman penjernih udara, seperti lidah buaya, snake plant atau areca palm.

Tanaman penjernih udara dapat menyerap partikel-partikel mikroskopis dan polutan lain, seperti benzena, formaldehida dan amonia.

“Kami mencatat, penjualan tanaman penjernih udara melalui Tokopedia sepanjang dua minggu awal Agustus 2023, dibandingkan rata-rata transaksi dwimingguan di kuartal II 2023, mengalami peningkatan hampir dua kali lipat,” sebutnya

2. Jaga kesehatan di tengah tingginya polusi udara

Polusi udara dapat memicu masalah kesehatan, seperti flu, batuk dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Aditia menyarankan untuk menggunakan masker medis saat berada di luar ruangan guna melindungi saluran pernapasan dari partikel berbahaya.

Selain itu, konsumsi vitamin untuk tingkatkan imunitas tubuh dan obat yang dianjurkan jika memiliki gejala gangguan pernapasan,” kata Aditia.

“Menurut data Tokopedia, minyak kayu putih, obat asma nebulizer, masker medis, obat flu dan batuk serta vitamin menjadi beberapa produk kesehatan yang paling laris sepanjang dua minggu awal Agustus 2023, dibandingkan rata-rata transaksi dwimingguan di kuartal II 2023,” jelasnya.

Aditia menambahkan, masyarakat dapat mengakses obat-obatan, masker, vitamin dan produk kesehatan lainnya melalui halaman Tokopedia Zona Sehat.

"Ada promo ‘Traktiran Hemat Lindungi dari Polusi’ dengan flash sale dua kali sehari hingga 90 persen,” ujarnya.

3. Lindungi kesehatan kulit dari paparan polutan

Selain menimbulkan dampak pada kesehatan pernapasan, polusi udara juga bisa memicu gangguan pada kulit, seperti jerawat, dermatitis dan lainnya.

Agar kulit tetap sehat dan terlindungi dari efek buruk polusi udara, gunakan produk skincare yang mengandung antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan polutan lain.


Aditia mengatakan, penjualan skincare antipolutan, seperti sunscreen, serum dan pembersih wajah, melalui Tokopedia sepanjang dua minggu awal Agustus 2023, dibandingkan rata-rata transaksi dwimingguan di kuartal II 2023, mengalami peningkatan 1,5 kali lipat.

4. Kelola limbah rumah tangga

Kebiasaan masyarakat menumpuk dan membakar sampah dapat memperburuk kualitas udara. Masyarakat bisa mengambil langkah bijak dalam mengelola sampah dengan menerapkan prinsip 3R, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali) dan recycle (mendaur ulang).

Reduce misalnya dengan membawa tumbler untuk meminimalisasi sampah botol plastik sekali pakai. Reuse contohnya menggunakan pembersih makeup pakai ulang dan recycle dengan mendaur ulang kardus bekas paket untuk dijadikan tempat alat tulis.

"Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, masyarakat bisa berkontribusi langsung dalam upaya pengurangan kadar karbondiaoksida (CO2) di udara terbuka yang biasanya timbul dari aktivitas pembakaran limbah atau sampah pasca konsumsi,” jelas Aditia.

5. Beralih ke moda transportasi umum

Naik transportasi umum bisa menjadi pilihan masyarakat untuk membantu mengurangi kadar polusi udara. Dengan memilih moda transportasi umum, masyarakat tidak hanya membantu mengurangi polutan, tetapi mendukung gaya hidup aktif yang bermanfaat bagi kesehatan fisik.

Untuk memudahkan masyarakat menggunakan berbagai jenis moda transportasi umum, Tokopedia memiliki layanan top-up uang elektronik yang bisa digunakan kapan pun dan di mana pun.

Selain itu, ada pula layanan pembelian tiket moda transportasi seperti kereta api dan pesawat untuk kebutuhan mobilitas yang lebih jauh.

“Transaksi top-up uang elektronik melalui Tokopedia sepanjang dua minggu awal Agustus 2023, dibandingkan rata-rata transaksi dwimingguan di kuartal II 2023, mengalami peningkatan 1,5 kali


Tata kota jabodetabek yang buruk, akhirnya semua kena polusi


ya pada G****K sih, RTH kurang, bikin mall seabreg, pinggir kali jadi apartemen dan mall.

nunggu ancur aja ini jabodetabek.

emoticon-Leh Uga
rajkapoor
CaiFuk
superman313
superman313 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
467
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan