- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
Bukan Komponen Fast Moving, Rangka Tidak Ready Stok di Bengkel Resmi


TS
surinami
Bukan Komponen Fast Moving, Rangka Tidak Ready Stok di Bengkel Resmi
Quote:

Jakarta - Rangka bukan komponen fast moving. Bengkel tidak menyiapkan stok rangka, selain karena prosedur untuk membeli rangka tidak sembarangan, penggantian rangka sangat jarang terjadi.
Rangka merupakan suku cadang yang pergerakan penjualannya lambat dan jarang dicari oleh konsumen.
"Setahun sekali belum tentu ada (stock-nya). Seumur-umur jadi mekanik baru sekali ganti rangka Vario Techno. Itu juga gara-gara kecelakaan tahun 2008-an, sampai sekarang belum pernah ganti rangka. Faktanya di lapangan belum pernah ganti rangka lagi," ujar pekerja bengkel resmi AHASS di bilangan Jawa Barat.
Baru-baru ini rangka enhanced smart architecture frame (eSAF) keluaran Honda jadi sorotan gara-gara dituding gampang keropos. Namun dia bilang belum pernah mengganti rangka dengan teknologi eSAF.
Di sisi lain komponen rangka eSAF disediakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Konsumen bisa membelinya melalui jaringan dealer resmi atau Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).
Salah satu sumber detikOto yang bekerja di AHASS wilayah Jawa Barat menyebutkan masa inden rangka eSAF tergantung dari ketersediaan stok. Hitungannya bisa lebih dari satu bulan.
Untuk membeli rangka baru tidak semudah membeli suku cadang biasanya. Konsumen perlu menyiapkan data pendukung seperti identitas kepemilikan, BPKB, STNK, dan data pendukung. Semuanya diperlukan supaya motor tidak menjadi bodong.
Dia membeberkan agar konsumen menyiapkan dokumen seperti fotokopi KTP, BPKB, STNK, dan penomoran ulang dari pihak kepolisian. Hal ini dibutuhkan supaya menghindari adanya pemalsuan atau praktik kecurangan.
"Yang bikin lamanya itu, urus nomor rangkanya dari kepolisian," kata dia.
Lantaran rangka dicari apabila tidak terjual maka frame motor tersebut akan menjadi dead stock di bengkel resmi.
"Rangka termasuk dead stock," ujarnya lagi.
General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbudin menegaskan bahwa sejatinya rangka eSAF memang dijual sejak lama dan tak berkaitan dengan viralnya kasus keropos tersebut. Ini merupakan cara Honda menyediakan layanan purna jual bagi para konsumennya.
"Hal ini untuk mengantisipasi pemenuhan kebutuhan konsumen semua jenis sepeda motor Honda, baik saat ada maupun tidak ada permintaan atau keluhan. Layanan ini berlaku untuk semua jenis rangka, baik eSAF maupun rangka model lain di seluruh jaringan AHASS di seluruh Indonesia," jelas Muhib saat dihubungi detikOto.
Adapun kata Muhib, penjualan rangka eSAF itu tidak bisa sembarangan melainkan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Rangka eSAF juga mendapatkan garansi selama 1 tahun atau 10.000 km, tergantung mana yang lebih dulu dicapai.
Tentunya, garansi-garansi tersebut hanya berlaku untuk penggantian atau perbaikan suku cadang yang rusak akibat kesalahan produksi.
- Kerusakan Rangka eSAF yang Dilindungi Garansi:
- Kesalahan proses produksi.
- Kesalahan bahan atau material produk.
- Kesalahan konstruksi.
Garansi ini hanya berlaku untuk motor Honda yang dirawat secara teratur di bengkel resmi Honda atau AHASS di seluruh Indonesia, sesuai Jadwal Perawatan Berkala yang telah ditentukan dalam buku servis. Apabila motor Honda berpindah tangan, garansi tetap berlaku sepanjang mengikuti ketentuan di buku servis.
"Penjualannya juga tidak dilakukan secara bebas karena terdapat syarat yang harus dipenuhi sebagai acuan AHM dalam mencetak ulang nomor rangka sebagai identitas tunggal dan kepemilikan sepeda motor konsumen guna memastikan keamanan dan keaslian rangka," tegas Muhib.
https://oto.detik.com/berita/d-68960...-bengkel-resmi
Iya sih gw jg klo jd konsumen lebih milih ngelas d luar.. G sampe seminggu jadi... Eh







CaiFuk dan 3 lainnya memberi reputasi
4
774
Kutip
35
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan