Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Ada Nama Prigozhin dalam Kecelakaan Jet Pribadi, Seluruh Penumpang Meninggal Dunia
Quote:


Media di berbagai negara sedang ramai memberitakan kecelakaan pesawat jet bisnis di wilayah Tver (utara Moskow), Rusia. Pesawat tersebut diketahui merupakan milik pemimpin tentara swasta Wagner Group, yakni Yevgeny Prigozhin. Pesawat jatuh pada hari Rabu, tanggal 23 Juni 2023. Media Rusia, yakni TASSmelaporkan bahwa nama bos Wagner tersebut ada dalam daftar nama penumpang. Media ini mengatakan 8 mayat telah ditemukan dari puing pesawat. Selain itu, Dmitriy Utkin yang merupakan pendiri Wagner juga disebut meninggal dalam kecelakaan tersebut.

Beberapa media Rusia juga telah merilis daftar nama penumpang dan kru dari jet bisnis nahas tersebut di Telegram, peawat itu membawa 7 penumpang dan 3 kru. Seluruhnya dilaporkan meninggal dunia. Sementara itu, Kementerian Darurat Rusia dan Badan Transportasi Udara Federal telah mengkonfirmasi kecelakaan tersebut dan tidak ada korban yang selamat, namun siapa sebenarnya yang berada di dalam pesawat pada saat kejadian masih belum diketahui secara pasti. Apakah benar itu Prigozhin ?

Pesawat yang kecelakaan adalah Embraer Legacy 600, memiliki nomor registrasi Rusia RA-02795, pesawat dilaporkan sedang terbang dari Moskow menuju ke St. Petersburg pada saat kejadian. Pesawat ini sama dengan yang dilaporkan membawa Prigozhin ke Belarus sebagai bagian dari kesepakatan resmi dengan Kremlin menyusul pemberontakannya yang gagal. 

Jet bisnis lain yang terkait dengan Prigozhin adalah Embraer Legacy 650 dengan nomor registrasi RA-02748, pesawat juga sedang mengudara pada saat kecelakaan itu dan kini telah mendarat di Moskow. Hal ini dapat menimbulkan pertanyaan tentang pesawat mana yang sebenarnya ditumpangi bos Wagner tersebut. Dia memiliki sejarah panjang dalam menggunakan penyamaran dan cara lain untuk menyembunyikan gerakan aslinya. Bisa jadi, Prigozhin tidak menaiki jet bisnis yang jatuh kemarin, melainkan menaiki jet bisnis satunya. Yang terbang pada hari yang sama.

Quote:


Beberapa hari yang lalu, Prigozhin merilis sebuah video yang konon direkam di suatu tempat di wilayah Afrika, dia mengatakan bahwa Wagner telah beroperasi di benua tersebut. Tidak jelas kapan video itu diambil. Sebagai tambahan, Wagner telah hadir di beberapa negara Afrika dan ada kekhawatiran bahwa kelompok tersebut akan membantu rezim militer di Niger, yang baru saja melakukan kudeta.

Quote:


Sudah ada spekulasi bahwa pertahanan udara Rusia menembak jatuh jet bisnis RA-02795. Video yang diambil dari lapangan telah beredar di mana beberapa ledakan keras terdengar, namun masih belum ada bukti kuat adanya tindakan langsung dari pemerintah Rusia terkait kecelakaan tersebut.

Beberapa media Barat berspekulasi jika Prigozhin merupakan korban dari "kecelakaan yang direncanakan." Prigozhin telah berupaya merangsek ke Moskow pada 24 Juni lalu, hal itu dilakukan untuk menuntut Meneteri Pertahanan dan Komandan Perang Rusia di Ukraian untuk mundur karena dianggap tidak kompeten. Meski pada akhirnya Wagner tidak sampai ke Moskow, setelah dimediasi Presiden Belarus Alexander Lukhasenko; tetapi Putin sudah terlanjut menyebut Prigozhin sebagai pengkhianat. Setelah pernyataan itu dilontarkan Putin, banyak pihak menyebut jika cepat atau lambat Prigozhin pasti disingkirkan.

Sementara itu, akun Telegram Grey Zone yang berafiliasi dengan Wagner Group mengatakan kepada masyarakat Rusia untuk menanti berita yang sebenarnya; dan meminta untuk tidak percaya dengan pemberitaan media. Sejauh ini, Rusia juga masih belum memberi konfirmasi resmi atas meninggalnya Prigozhin. Saat ini mereka masih melakukan penyelidikan.

Jika benar Prigozhin meninggal, maka dikhawatirkan bisa menimbulkan konflik di Rusia, pasalnya pasukan Wagner terkenal setia pada pemimpinnya tersebut. Dan entah bagaimana Rusia akan meredam amarah pasukan Wagner seandainya benar bos tentara swasta itu memang meninggal dunia. Sekian informasi kali ini Gan, karena berita yang ada masih belum jelas; kita harus menunggu sampai Rusia menyelesaikan penyelidikannya serta memberikan pernyataan resmi.



--------------------




Referensi Tulisan: TASS& TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera
69banditos
yoseful
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.1K
33
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan