iskrimAvatar border
TS
iskrim
Wah, Militer Amerika Buat Jam Tangan AI (Bisa Deteksi Penyakit Pemakainya Sejak Dini)


Memang sudah seharusnya teknologi itu menghasilkan produk yang akan meningkatkan keamanan, kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan bagi masyarakat seperti kabar yang saya baca disebuah laman luar negeri.

Unit Inovasi Pertahanan (Defense Innovation Unit/ DIU), bagian dari Departemen Pertahanan AS (Department of Defense/ DOD) saat ini tengah mengembangkan perangkat yang dapat dikenakan seperti gadget yang tujuannya untuk membantu mengidentifikasi penyebaran penyakit menular lebih cepat.



Program pemerintah Amerika sedang membuat proyek yang mereka sebut dengan Rapid Assessment of Threat Exposure (RATE) bekerja sama dengan sektor swasta yakni Defense Innovation Unit (DIU) dan Phillips akan membantu pasukan tentara untuk lebih siap jika terjadi wabah seperti misalkan Covid-19 waktu lalu melalui gadget yang akan mereka kenakan.

Teknologi gadget pintar dalam bentuk jam tangan ini dipakai seperti biasa tapi didalamnya disematkan algoritme kecerdasan buatan Artificial Intellegence (AI) prediktif kuat dan memiliki data luas yang diperoleh dari sumber rumah sakit. Konsep dasarnya mirip jam tangan Garmin dan cincin Oura yang ada saat ini tapi teknologi dan fiturnya lebih ditingkatkan lagi untuk kebutuhan militer.



Cara kerja jam tangan ini memang mirip dengan jam tangan pintar yang tersedia di pasaran saat ini, tapi jam ini secara bekerja dibelakang layar menggunakan data biometrik pemakainya untuk mendeteksi tanda-tanda gejala atau penyakit si pemakainya. Menurut mereka sistem RATE ini sangat efisien, bisa mendeteksi secara dini sebuah infeksi hingga 48 jam sebelum gejala lahiriah muncul bahkan dalam kasus tertentu yang ditemukan algoritma pintar ini bisa memprediksi timbulnya penyakit enam hari sebelumnya, termasuk kasus COVID-19 yang tanpa gejala.



Mantap nih, jika seandainya jam tangan ini akhirnya bisa diproduksi secara massal tentu akan sangat membantu tenaga medis, relawan, masyarakat sipil untuk mengetahui dan mengenali penyakit sejak dini, bisa memutus rantai penyakit ditengah masyarakat juga dan atau meningkatkan presentasi kesehatan dan kesempatan hidup manusia lebih baik.

Hmm, rasanya sudah tidak sabar juga untuk bisa mencicipi jam tangan pintar ini berada dipergelangan tangan saya. Tapi kapan dan berapa harganya sepertinya masih belum terlihat hilalnya karena pastinya pihak militer Amerika dulu yang berkesempatan memakainya.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp| img : gugel 


bagasdiamara269
pakdejoss
babelapak
babelapak dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.4K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan