Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shinsounAvatar border
TS
shinsoun
Survei SMRC Sebut Ganjar Lebih Taat Beragama daripada Anies


JAKARTA — Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali jadi sosorotan. Usai merilis survei teranyarnya bertajuk 'Kualitas Personal Capres di Mata Pemilih'.

Survei yang dilakukan secara tatap muka pada 30 April – 7 Mei 2023 ini dipresentasikan oleh Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dan disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Minggu (14/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Deni menyebut Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden paling taat beragama. Dengan angka 33 persen, disusul Anies Baswedan 28 persen, lalu Prabowo Subianto 15 persen, dan tidak tahu 24 persen.

Survei itu pun ditanggapi Pemerhati Sosial dan Politik, Tatok Sugiarto. Menurutnya, ketaatan beragama seseorang hanya tuhan yang tahu.

“Woi SMRC cuma Allah yang bisa mengetahui siapa yang taat beribadah,” ungkapnya dikutip fajar.co.id dari unggahannya di Twitter, Sabtu (19/8/2023).

Selain ketaatan beragama, survei itu secara umum ingin menunjukkan kualitas personal tokoh, sebagai salah satu faktor yang dipertimbangkan pemilih dalam memutuskan calon presiden yang akan dipilih.

“Semakin positif kualitas personal seorang calon, semakin besar pula peluangnya untuk dipilih,” kata Deni.

Survei ini menunjukkan bahwa sifat atau kualitas kepemimpinan yang paling penting dimiliki oleh seorang calon Presiden Indonesia adalah kejujuran dan perhatian pada rakyat.

Sebanyak 40,7 persen publik menilai kejujuran sebagai sifat kepemimpinan terpenting yang harus dimiliki seorang capres dan yang menyatakan perhatian pada rakyat 29,3 persen.

Sementara sifat lainnya kurang terlalu penting bagi pemilih: tegas 12,6 persen; taat pada agama 12,2 persen; dan pintar 3,7 persen. Masih ada 1,4 yang belum menjawab.

Terhadap lima kualitas personal ini, SMRC kemudian bertanya siapa di antara tiga bakal calon presiden yang dianggap paling mewakili kelima sifat tersebut.

Hasilnya Ganjar dinilai lebih positif dibanding Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam hal perhatian kepada rakyat dan jujur.

Ganjar juga dinilai sedikit di atas dalam sifat pintar dan taat beragama, tetapi jaraknya tidak telalu jauh dari Anies.

Sementara itu Prabowo unggul dalam sifat tegas. Terdapat 38 persen yang menilai Ganjar paling jujur, Prabowo 20 persen, Anies Baswedan 19 persen, dan yang tidak punya pendapat sekitar 23 persen.

Untuk aspek perhatian pada rakyat, sebanyak 46 persen yang menilai Ganjar paling perhatian, Prabowo 19 persen, Anies 19 persen, dan belum jawab 15 persen.

Ganjar juga dinilai paling pintar sebanyak 34 persen, Anies 26 persen, Prabowo 24 persen, dan yang tidak berpendapat 16 persen.

Sementara Prabowo dinilai unggul pada aspek ketegasan. Kemudian responden yang menilai Prabowo paling tegas sebanyak 55 persen, di atas Ganjar 23 persen dan Anies 10 persen. Yang tidak punya pendapat 11 persen.

Deni menekankan bahwa di mata pemilih, sifat kepemimpinan yang paling penting bagi seorang capres adalah kejujuran dan perhatian pada rakyat.

Ganjar dinilai unggul pada kedua sifat tersebut. Ini, menurut Deni, menjadi faktor pendorong keunggulan elektoral Ganjar.

“Ini yang menjelaskan mengapa Ganjar sementara mendapat dukungan elektoral yang lebih tinggi dibanding Prabowo dan Anies,” jelasnya.

Sumber: https://fajar.co.id/2023/08/19/surve...s-menohok/amp/
pilotproject715
petani.syusyu
petani.syusyu dan pilotproject715 memberi reputasi
2
959
50
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan